Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Wisata Heritage Lapangan Banteng Jakarta

Wisata Heritage Lapangan Banteng Jakarta

Menyusuri Sejarah Lapangan Banteng Jakarta

Direktori Wisata. – Lapangan Banteng merupakan salah satu tempat bersejarah di pusat Kota Jakarta. Area ini dikenal sebagai salah satu ikon destinasi wisata heritage Jakarta yang cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta.

wisata-heritage-lapangan-banteng-jakarta

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata dari pusat sejarah DKI Jakarta, Lapangan Banteng ini konon dulunya dikenal sebagai “Waterloo-Plein” (“plein” berarti lapangan) Weltevreden Batavia. Ada juga yang masyarakat Jakarta mengenal Lapangan Banteng dengan sebutan Lapangan Singa, hal ini dikarenakan di tengah-tengah area lapangan tersebut terdapat tugu peringatan kemenangan pertempuran di Waterloo, dengan patung singa di atasnya.

Lanjut informasi….
Konon, pada masa Gubernur Belanda JP. Coen berkuasa di Kota Batavia, Lapangan ini masih berupa hutan yang dikelilingi payau-payau. Dan kali Ciliwung masih berupa muara pada saat itu. Patung singa tersebut didirikan pada masa pemerintahan kolonial pada tahun 1828, dan tidaklah heran pada waktu itu sekitaran area lapangan ini dikenal dengan sebutan Lapangan Singa yang juga menjadi monumen peringatan pertempuran Waterloo yang bertujuan untuk mengenang kekalahan Napoleon dalam pertempuran tersebut.

Pada tahun 1942, Tugu Singa tersebut dihancurkan oleh militer Jepang yang kala itu menjajah Indonesia. Namun demikian nama Lapangan Singa tetap dikenal sebagian masyarakat pada masa tersebut. Dan setelah Indonesia merdeka nama Lapangan Singa diganti dengan sebutan Lapangan Banteng.

Sekarang ini Lapangan Banteng memiliki sebuah ikon patung yang berdiri tegak di tengah-tengah area lokasi, patung ini dikenal dengan sebuatan patung pembebasan Irian Barat. Terlepas dari perjalanan sejarah panjang dari Lapangan Banteng yang lokasinya berdekatan dengan Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal. kini lokasi area tersebut telah tertata rapih. Dan menjadi salah satu tempat wisata heritage Jakarta dengan konsep taman kota.

Disamping menjadi taman kota dan tempat rekreasi dan liburan untuk umum. Taman Lapangan Banteng ini pun sering dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat, seperti pameran flora fauna, industri kreatif yang selalu menjadi agenda dari pemerintah DKI Jakarta.

Selain itu, area lokasi ini juga menjadi pusat olahraga bagi masyarakat yang akan melakukan aktifitas olah raga di taman kota. Biasanya pada akhir minggu sore atau hari libur banyak masyarakat yang melakukan aktfitas olahraga di taman Lapangan Banteng ini.

Cara menuju Lapangan Banteng Jakarta kita bisa menggunakan angkutan perkotaan yang terdapat di Jakarta. banyak rute bus yang melewati area lokasi ini dari segala penjuru kota Jakarta. Bila kita menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Menyusuri kawasan wisata kota Jakarta, kita juga dapat singgah kebeberapa lokasi area seperti tempat wisata heritage Lapangan Banteng Jakarta untuk berlibur. Apalagi bila di lokasi area tersebut sedang diadakan even acara. Di samping lokasi areanya luas, lokasi ini mudah ditemukan dan cukup dikenal di wilayah Jakarta Pusat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

13 Comments

  1. pengen dong mas nyobain berwisata ke lapang benteng 🙂

    • siapin dananya mbak

  2. Jadi tertarik nih buat berkunjung ke sana 🙂

    • kapan ya?

      • Besok saja kala ke Jakarta mampir ke Lapangan Banteng mas 😀

  3. ternyata wisata aman kota juga mengasikkan dan bisa dijadikan salah satu tujuan wisata yang murah meriah ya mas. tinggal pemerintah yang harus memberikan pengelolaan yang baik bagi taman kota atau taman hijau kota menjadi suatu fasilitas yang dapat dinikmatim masyarakat

    • nah itu dia pointnya

      • Setuju juga kang seperti kata Mbah Dinan di sata, tinggal faslitas dan sarananya untuk menunjang kenyamanan terus dapat ditingkatkan saja di Lapangan Banteng tersebut, biar bisa terus menjadi tempat taman bermain dan rekreasi yang aman, tertip dan indah di tengah kota Jakarta.

  4. wah jadi lapangan banteng ini sarat dengan sejarah yamas.
    saya belum pernah kesana nih dan cerita tentang lapangan ini juga baru tau disini

    • Benar mas, mungkin informasi yang saya dapatkan hanya garis besarnya saja mas, dan ini saja saya jadi lebih tertarik melihat sejarah dan tempat yng indah seperti lapangan banteng ini yang ternyata menjadi salah satu obyek wisata heritage Jakarta yang luar biasa. 😀

  5. Wah keren juga ya kalau digali sejarahnya. Sayang kalau dirusak imagenya oleh orang2 yg nggak bertanggung jawab. Semoga postingan seperti membuat kita lebih sadar lingkungan.

  6. Bisa buat jogging, kang 😀

    • Memang temapt ruang jogging yang pakai atap langit Kang di sana. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :