Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Heritage Gereja Katedral Jakarta

Wisata Heritage Gereja Katedral Jakarta

/

Rekam Jejak Heritage Di Gereja Katolik Katedral Jakarta

Direktori Wisata. – Bangunan gereja tua bernilai sejarah dan bergaya arsitektur negotik yang berdiri tegak menjulang tinggi tersebut merupakan salah satu rumah ibadah umat Katolik di Indonesia.

Bangunan Gereja Katedral yang kami lihat dari halaman pintu masuk parkiran Masjid Istiqlal ini terihat begitu hening, khidmat dan memancarkan aura religius.

gereja-katedral

Sudut-sudut bangunannya pun terihat seakan mengatakan kepada kita bahwa risalah keberadaan dan perkembangan agama Katolik pada lalu hingga masa sekarang.

Lokasi bangunan Gereja Katedral itu sendiri juga dekat dengan lokasi area Lapangan Banteng yang memiliki catatan sejarah panjang.

Dan bila dilihat dari sisi jalan pertigaan, bagunan gereja tersebut terlihat menunjukan sebuah kekokohan di sudut jalan dengan menara yang menjulang tinggi yang begitu kokoh yang menimpan aura spiritual yang kokoh.

Salah satu yang menarik dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum di dalam area Gereja Katedral ini adalah museumnya. Konon di dalamnya terdapar benda-benda bersejarah yang memiliki nilai seni yang bisa membangkitkan semangat hidup.

Konon menerut informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, benda-benda tersebut selain memiliki nilai sejarah, ia juga bisa menjadi saksi bisu dan mampu menceritakan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa lampau.

Museum tersebut berada di lantai dua Gereja Katedral. Untuk mengunjungi lokasi tersebut kita bisa menaiki anak tangga yang terbuat dari kayu jati yang ada di sisi kiri dan kanan ruangan. Kita akan menemukan dan menyaksikan keindahan interior di dalam gereja yang unik.

Bila kita beruntung kita akan menemukan sebuah lukisan pohon pisang yang dibuat oleh salah saorang penjahat terkenal dan paling legendaris yang paling ditakuti di Jakarta pada era tahun 1970-an yaitu Kusni Kasdut.

Bila kita memasuki ruang museum, kita juga bisa menyaksikan berbagai foto-foto bersejarah seperti Batavia tempo dulu dan dua buah peta besar yang mengisahkan proses pembangunan gereja-gereja Katolik di Indonesia dan Jakarta.

wisata-hitage-gereja-katedral-jakarta

Sedangkan untuk jenis koleksi yang terdapat di dalam museum Gereja Katedral itu sendiri terbagi 6 katagori, yaitu buku ibadat, peralatan ibadat, perabotan ibadat, pakaian ibadat, lukisan dan foto-foto.

Dari informasi yang kami dapatkan dari salah seorang petugas museum, ide pendirian dari museum Gereja Katedral ini diprakarsai oleh salah seorang pastor kepala Katedral pada masa tersebut yaitu Pater Rudolf Kurris, SJ. Ide tersebut dilatar belakangi  oleh ketertarikannya pada dirinya yang suka mengoleksi benda-benda bersejarah.

Bersamaan dengan dipugarnya Gereja Katedral pada tahun 1968, museum yang mulai dirintis oleh Petter Kurris, SJ ini mendapatkan tempat di area balkon Gereja Katedral. Dan diresmikan pada tanggal 28 April 1991 oleh Mgr Julius Darmaatmadja, SJ yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Wali Konferensi Wali Gereja Indonesia.

Sejak didirkan, Museum Gereja Katedral Jakarta telah mengumpulkan data-data dengan artefak-artefak penting di dalamnya.

Keberadaan museum ini telah melengkapi rangkaian museum yang ada di Indonesia. Kekayaan koleksi dari museum ini pun telah memberikan pesan-pesan penting bagi umat Katolik yang ada di Indonesia.

Jam buka Museum Gereja Katedral hari Seni, Rabu dan Jum’at dari pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB. Bila kita akan berkunjung dan melakukan perjalanan wisata heritage di area ini bisa mengkuti jadwal kunjungannya. Dan masuknya tidak dipungut biaya.

Cara menuju ke lokasi Gereja Katedral kita bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus atau taksi. Bila kita menggunakan kendaraan motor atau pun mobil kita bisa mengikuti jalur pada arah yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Mengisi liburan di Jakarta kita tdak hanya menikmati keindahan kota, namun bagi kita yang akan mengetahui lebih jauh tentang sejarah umat beragama Katolik di Indonesia, kita dapat melakukan wisata heritage di Gereja Katedral Jakarta.

Di area inilah kita dapat mengenal dari dekat catatan sejarah yang terdapat di dalam sebuah museum yang memiliki banyak koleksi dan catatan sejarah. Selain tempatnya yang tentram, bagi yang akan melakukan ibadah juga bisa. Happy travelling.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. ini bisa dikunjungi untuk umum ya pak?

    • Bisa Mba, dan gratis tidak dipungut biaya masuk Museum Gereja Katedral, bisa lihat jadwal dan waktu kunjungan dalam artikel.

      • bila masuk tentu akan mendapat banyak tambahan info sejarah yamas

  2. saya pilih ga masuk aja mas.hehe
    meskipun dulu saya pernah menginjakkan kaki di gereja karna ada saudara yang beda agama, biasanya digereja ada anjing yang dilepas,sempat bikin takut juga sih..
    gereja ini bangunannya tampak bagus juga 🙂

    • yups memang bangunannya punya nilai seni yg sangat tinggi yamas

  3. hebat banget nih gerejanya mas.
    selain sebagai tempat ibadah ternyata juga ada museumnya ya

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :