Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Heritage di Museum Sumpah Pemuda Jakarta

Wisata Heritage di Museum Sumpah Pemuda Jakarta

Menelisik Museum Yang Jadi Tonggak dan Inspirasi Pemuda Indonesia di Gedung Keramat Jakarta

Direktori Wisata – Museum Sumpah Pemuda menjadi tonggak dan inspirasi para pemuda menciptakan karya menumental bagi bangsa Indonesia.

Jalan-jalan menelusuri pusat Ibu Kota Jakarta tentunya kurang lengkap rasanya bila kita melupakan sebuah jejeak sejarah bangsa Indonesia yang menjadi tonggak dan bersatunya para pemuda seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke yakni Museum Sumpah Pemuda.

Museum Sumpah Pemuda jakarta

Museum Sumpah Pemuda berada di Jl. Keramat Raya No.106 Jakarta Pusat. Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, bangunan museum ini memiliki 8 ruangan yang dapatsahabat Direktori Wisata jelajahi di dalamnya.

Memasuki ruangan pertama dari pelataran depan gedung Museum Sumpah Pemuda yang terletak di Keramat Raya ini kita akan menemukan sebuah ruangan yang disebut ruang organisasi pertembuhan kepemudaan.

Di dalam ruang pertama di dalam Museum Sumpah Pemuda , sahabat Direktori Wisata Indonesia akan dibawa melihat dan menyaksikan dari dekat jejak sejarah perhimpuan pemuda yang ada di Indonesia tempo dulu yakni perhimpunan pemuda dari Jong Java, Jong Sumatera, Jong Islamieten Bond dan lainnya.

Bergerak ke ruangan dalam Museum Sumpah Pemuda di Jakarta yang ke dua, sahabat Direktori Wisata Indonesia akan dibawa ke dalam nuansa ruangan berisikan koleksi yang berkaitan dengan kongres pemuda Indonesia pertama. Koleksi-koleksi dalam ruangan ini terdapat foto peserta dan kegiatan-kegiatan selama kongres pemuda Indonesia pertama berlangsung.

Lanjut perjalanan…..
Puas melihat koleksi di ruang ke dua, kini perjalanan dilanjutkan ke ruang ke tiga Museum Sumpah Pemuda yaitu ruang kongres pemuda Indonesia ke dua.

Di dalam ruang Kongres Pemuda Indonesia ke II Museum Sumpah Pemuda sahabat Direktori Wsata Indonesia dapat melihat isi hasil kongres yang memuat Deklarasi kongres tersebut yang sekarang dikenal dengan Sumpah Pemuda Indonesia.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, awalnya istilah “Sumpah Pemuda” disebut sebagai “Sumpah Setia”. Karena “Sumpah Pemuda” tersebut tidak muncul dalam keputusan kongres, melainkan diberikan setelahnya .

Lanjut informasi…..
Oleh para pemuda yang hadir kala itu, rumusan kongres tersebut diucapkan sebagai “Sumpah Setia”. Pada tanggal 28 Oktober 1954 Presiden Soekarno kala itu baru menetapkan nama “Sumpah Setia” dirubah menjadi “Sumpah Pemuda”.

Mampir ke kawasan Wisata Heritage Pulau Bidadari

Sejak saat itulah bangsa Indonesia memperingati setiap tanggal 28 Oktober sebagai hari kelahiran Sumpah Pemuda. Hal ini agar dapat membentuk kesadaran nasional atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Konon lanjut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, teks Sumpah Pemuda di bacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang bertempat di Jl. Keramat Raya No. 106 Jakarta Pusat yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Jangan Lupa Mampir ke 12 Tempat Wisata Jakarta Yang Ramai Dikunjungi

Beralih ke ruangan Museum Sumpah Pemuda selanjutnya…..
Untuk ruangan dalam Museum Sumpah Pemuda di Jakarta yang berikutnya sahabat Direktori Wisata Indonesia harus kunjungi di museum ini adalah ruangan yang pertama kali lagu Indonesia Raya di kumandakangkan oleh penciptanya yaitu WR. Supratman.

Selain menjadi tempat wisata heritage di jakarta yang asik banget, museum ini bukan hanya sekedar mengingatkan kepada para generasi muda Indonesia bahwasanya sangat berartinya sebuah nilai sejaah yang ada. Namun, di balik semua kisah yang dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia telusuri di Museum Sumpah Pemuda di jakarta ini terdapat sebuah pesan moral yang tersirat yang tetu saja bisa kita ambil sebagai hikmah.

“Bela para pemuda jaman dulu bisa bersatu dengan satu tujuan mengembangkan ide maju sebelum adanya teknologi seperti sekarang ini mereka dapat berkumpul dengan satu tujuan, kenapa serakang yang sudah maju teknologinya malah kalah ya dengan mereka ?”

Perjalanan dengan catatan sejarah yang panjang tentang Museum Sumpah Pemuda di Jakarta ini bisa sahabat ikuti dengan berkunjung ke lokasi museum yang lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan motor roda dua maupun roda empat. Bahkan bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan menggunakan kendaraan umum pun dapat mudah untuk menuju ke lokasi museum.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :