Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Batam / Wisata Heritage di Kampung Vietnam Pulau Galang

Wisata Heritage di Kampung Vietnam Pulau Galang

/
/

Jejak Sejarah Tempat Pengungsian Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Batam

Direktori Wisata – Sebuah perkampungan sebagai tempat bekas pengungsian ribuan masyarakat Vietnam yang pernah menetap dan hidup di Pulau Galang Batam.

Indonesia kaya akan sebuah destinasi wisata heritage, bahkan bila kita kunjung ke Pulau Galang yang berada di kepulauan batam, kita akan menemukan sebuah perkampungan yang pernah menjadi saksi sejarah sebagai tempat penampungan masyarakat Vietnam yang menetap dan hidup di pulau ini.

Konon menurut catatan sejarah, tepat pada tahun 1979 ribuan warga Vietnam pergi meninggalkan tanah airnya akibat perang saudara. Perang suadara yang terjadi di Vietnam tersebut memaksa sebagain besar masyarakat Vietnam pada waktu itu belayar dan mencari tempat untuk menyelamatkan diri. Tercatat sekitar 45.000 ribu jiwa yang selamat dalam peristiwa tragis tersebut.

Selama berbulan-bulan, orang-orang Vietnam mengarungi laut China Selatan tanpa tujuan. Konon, banyak dari mereka yang meninggal di atas kapal dan sebelum pada akhirnya mereka terdampar di Indonesia seperti di Pulau Galang dan juga Tanjung Pinang.

Selama 21 tahun masyarakat Vietnam berada di Pulau Galang dengan kondisi alam yang mereka diami. Populasi masyarakat Vietnam pun bertambah menjadi sekiatr 250 ribu jiwa. setelah menetap di kampung pengungsian ini mereka mengandalkan bantuan dari PBB untuk melanjutkan hidup mereka.

Dan tepat pada tahun 1996 mereka semua di pulangkan ke negara asalnya dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih layak pasca perang saudarang usai di negeri Vietnam.

Kampung Vietnam Pulau Galang Batam

Bagi sahabat Direktori Wisata indonesia yang akan menyaksikan peninggalan dan jejak sejarah para pengungsi masyarakat Vietnam di Pulau Galang, kita dapat melakukan rute perjalanan dengan mengunjungi beberapa situs destinasi wisata heritage dengan mengunjungi Vihara Quan Am Tu yang terlihat sangat mencolok di tem[at wisata Pulau Galang Batam.

Konon dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, bentuk Viara Quan Am Tu ini telah beberapa kali mengalami pemugaran dari bentuk aslinya. namun, sejarah dan nilai religi yang terdapat di dalam area Vihara ini menorehkan cerita tersendiri yang mnejadi saksi bisu yang pernah terjadi di kawasan sekitar pulau ini pada masa tersebut.

Vihara Quan Am Tu kampung Vietnam

Vihara Quan Am Tu merupakan tempat yang sering digunakan oleh orang Vietnam untuk melakukan peribadatan pada masanya. Pada bagian area Vihara kita dapat menyaksikan sebuah patung Guang Shi Pu Sha bersama dengan pengikutnya. bila kita melangkahkan kaki lebih dekat dengan patung tersebut, maak kita akan dapat menyaksikan sebuah patung naga yang berada di sekitar patung tersebut.

Konon, informasi yang Direktori Wisata terima, bagi siapapun yang dapat melempar koin tepat ke dalam mulut naga tersebut maka sejumlah permohonan yang menjadi niatan bagi si pengunjung yang datang akan terkabul. Terlepas dari sebuah perdebatan antara percaya atau  tidak akan sebuah cerita mitos yang berada di area lokasi tempat peribadatan ini, hal tersebut dikembalikan kepada diri inividu setiap pengunjungnya yang hadir di lokasi.

Saat kita masuk dalam ruangan Vihara, kita juga akan disambut dengan pemandangan sebuah patung yang telah ada Vihara Quan Am Tu dibuat. Nuansa warna merah yang terdapat di dalam ruangan Vihara, seolah melambangkan keceriaan bagi siapa saja yang mengunjung tempat wisata heritage dan religi di Pulau Galang Batam.

Puas mengunjungi obyek wisata Vihara Quan Am Tu, kita dapat melanjutkan perjalanan menjelajah situs di Perkampungan Vietnam yang berada di Pulau Galang dengan mengunjungi situs sejarah lainnya yang terdapat di pulau ini yaitu Humanity Statue Kampung Vietnam atau patung kemanusian.

Humanity Statue Kampung Vietnam

Humanity Statue merupakan patung yang dibuat oleh eks Vietnam untuk mencari simpati tehadap tragedi yang menimpa seorang gadis pengungsi yang bernama Tinh Nhan Loai. Tragedi yang menimpa gadis tersebut sempat diperlakukan tidak layak oleh sesama pengungsi di tempat patung ini didirikan.

Konon menurut informasi yang terdapat di lokasi, kisah tragis ini berakhir dengan tewasnya Tinh Nhan Loai akibat bunuh diri. Dan kala masa itu beberapa pengungsi mengakhiri bidupnya dengan bunuh diri karena tingkat despresi mental dan juga bentuk pernyataan orang-orang Vietnam yang menolak pengembalian mereka ke negera asalnya oleh UNHCR PBB.

Fenomena unik lainnya yang bisa kita saksikan di dekat obyek wisata heritage Humannity Statue di Kampung Viaetnam adalah puluhan monyet liar. Bila hal ini terjadi dan ditemukan di lokasi, kita tidak perlu takut. karena monyet-monyet ini tidak berbahaya. Selan itu kita juga dapat mengunjungi tempat pemakaman orang-orang Vietnam yang terdapat di pulau ini.

Pemakaman Kampung Vietnam Pulang Galang

Konon, lokasi pemakaman di Kampung vietnam ini terdapat lebih dari 500 makam orang Vietnam. Angka kematian pada kala itu memang sangat sangat tinggi. Dikarenakan berbagai penyakit yang mendera pengungsi pasca berlayar. Dan hingga kini banyak para perziarah maupun keluarga pengungsi yang telah sukses di negeranya masih menyemyempatkan waktu untuk memberikan doa di makam-makam tersebut.

Setelah puas melihat dari dekat tempat pemakaman orang-orang Vietnam, perjalaan wisata sejarah di Kampung Vietnam Pulau Pulau Galang, kita dapat mengunjungi obyek wsata Museum yang berada tepat di depan bekas barak pengungsi masyarakt Vietnam.

Museum Kampung Vietnam Puau Galang

Di museum Kampung Vietnam ini kita banyak menemukan barang yang bisa koleksi museum yang dapat kita lihat seperti peralatan rumah tangga dan juga alat-alat kantor yang dipergunakan oleh PBB pada saat mendata pengungsi Vietnam. Selain itu di museum ini kita juga dapat melihat foto-foto yang menceritakan tentang sosok para pengungsi dulu yang terseimpan rapih.

Dari museum, kita dapat melihat perkampungan inti dari para pengungsi Vietnam. Di lokasi ini, kita dapat menemukan banyak bangunan rumah yang sudah termakan usia, tempat ibadah dan juga jembatan penghubung.

Kapal Kayu Pengungsi Vietnam

Bergeser di lokasi lain, kita dapat melihat beberapa bangkai kapal kayu yang dulu dipergunakan oleh para pengungsi Vietnam pada saat pelayaran. Kita bisa meliha dari dekat perahu kayu yang dipergunakan masyarakat Vietnam ntuk menyebrangi lautan luas untuk memperjuangkan hidupnya demi mencari tempat yang aman dan nyaman untuk tinggal dan menetap pada saat perang suadara terjadi di negara mereka.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan melakukan perjalanan wisata heritage di Kampung Vietnam ini. Terutama benang merah dan psan dari setiap saksi sejarah yang bisa kita tangkap dari beberapa peristiwa tragis yang pernah di alami oleh para pengungsi yang pernah tinggal dan menetap di lokasi yang memberikan sebuah gambaran pembelajaran bagi kita yang hidup di alam demokrasi dan merdeka dengan damai.

Semua peristiwa tragis tersebut mengajak kita untuk merenungkan, apa yang kita lakukan sekarang ini, tidak lebih buruk dari pada nasib mereka yang sedang memperjuangkan hidup seperti apayang dialami oleh saudara kita yang pernah dialaminya seperti pesan-pesan yang tergores kisah di lokasi Kampung Vietnam Pulau Galang ini. Nikmat yang mana lagi yang kita dustakan dalam kehidupan ini ?……

Cara untuk menuju lokasi Pulau Galang kita peratama harus mengunjungi Pulau Batam. Selanjutnya dengan berkendara dari pusat Kota Batam kita tinggal menuju ke arah jembatan terkenal yang menjadi Landmark kebanggaan Kota Batam yakni Jembatan Barelang, namun kita masih harus menyebrangi lagi hingga 3 jembatan kecil dari situ untuk mencapai ke tempat yang secara resmi bernama Memorial Of Galang ini. Untuk informasi rute akses perjalanan dapat dilihat melalui peta petunjuk.

Kampung Vietnam Pulau Galang Batam memang banyak mengnadung nlai sejarah yang tinggi.  namun sayangnya banyak tempat yang idak terawat dan dibiarkan begitu saja yang tdak dioptimalkan menjadi sebuah lokasi destinasi wisata heritage yang lebih berharga.

Namun, terlepas dari hal dan kondisi apa adanya yang dapat kita saksikan di tempat wisata heritage kampung Vietnam di Pulau Galang Bantam ini sejarah ribuan dari masyarakat Vietnam yang pernah mengungsi di tempat ini, menjadi sebuah bukti bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki rasa solideritas kemanusiaan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. tahun lalu saya teh berpuasa di pulau galang di kampung vietnam, kebetulan di sana ada sepupu saya yang tinggal di pulau galang atuh mang

    • Wah… lagi cari wangsit apa Mang?
      Kalau dapet bagi-bagi ya, hehe 😀
      Sepupunya pasti cantik-cantik ya Mang?

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Mau daftar Kang ? ha,, ha, ha,

        • Hehehe… gak akh… saya nunggu hasilnya saja… 😀

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Wah, si mamang yang satu ini juga sering berpetualang.

      • iyah dong ah

  2. Itu kayanya ngungsi pas rambo perang sama tentara vietnam kali yah XD

    • Bisa jadi Kang… saya juga dari tadi sudah curiga… 😀

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Memang di mana ngunpetnya Kang Dedy ?

        • Gak ngumpet Kang… cuma ngintip… hehe 😀

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Justru ngintip bikin penasaran Kang… ha,, ha, ha,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau ke sini seperti kaya di film Rambo Kang @disqus_R7JGmByzXl:disqus

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :