Wisata Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur

posted in: Kediri, Wisata Alam | 31

Pesona Wisata Alam Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Direktori Wisata – Tempat wisata alam Gunung Kelud yang menyajikan panorama dan kesejukan alam pegunungan yang asri nan eksotis di kawasan Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Obyek wisata alam Gunung Kelud yang terletak di kawasan Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar sekitar 40 km arah timur Kota Kediri ini merupakan gunung berapi yang masih aktif serta berada diketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut.  Tidak hanya wisata alam, berbagai wahana wisata juga disuguhkan di tempat wisata Gunung Kelud ini.

Kawah Bung Kelud

Dipuncak kawasan Gunung Kelud terdapat sebuah danau kawah dengan air belerang yang hangat dan jernih. Untuk dapat menikmati kawasan wisata Gunung Kelud lebih dekat tadinya kita dapat melalui rute jalan anak tangga yang telah disediakan di area obyek wisata yang menuju kawah serta gardu pandang yang dapat melihat secara keseluruhan panorama sekitar kawah Gunung Kelud.

Gunung Kelud merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak diminati bagi para wisatawan untuk menikmati pesona keindahan alamnya. Bahkan selain bisa menkmati keindahan obyek wisata Gunung Kelud, di tempat ini kita juga bisa mencoba salah satu spot yang mendapat julukan jalan misteri yang unik dan menarik dan juga mencoba mengendarai kendaraan ofroad yang bisa dicoba pada saat berkunjung di lokasi ini.

Bahkan bagi kita yang membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat jika dalam kondisi netral atau pun berhenti tetap bisa jalan, meskipun secara kasad mata lokasi jalan dalam keadaan posisi menanjak. Konon, jalan misteri yang berada di kawasan wisata Gunung Kelud ini seperti jalan di Jabal Magnet  yang berada di Arab.  Ada yang berpendapat bahwa hal ini merupakan dari halusinasi, dan ada juga yang berpendapat karena grafitasi.

Bagi pengunjung atau pun wisatawan yang memiliki habi offroad, kita bisa mencoba sirkuit offroad dengan lintasan sejauh 20 km. Bagi kita yang ingin mencobanya, di tempat wisata Gunung Kelud ini, kita dapat menyewa kendaraan offroad yng disediakan oleh pengelola yang terdapat di lokasi.dengan biaya sewa berkisar Rp. 150.000,- hingga Rp. 450.000,- .

Dengan menyewa kendaraan offroad, kita dapat menikmati liburan di obyek wisata Gunung Kelud dengan medan jalur yang ekstrim penuh dengan sensasi petualangan yang mengasyikan.

Baca juga : Pesona Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Harga tiket masuk obyek wisata Gunung Kelud kita hanya cukup membeli tiket masuk yang dapat disesuaikan dengan hari kunjungan dan juga usia. Adapun daftar harga tiket masuk kawasan wisata adalah sebagai berikut :

Untuk Orang Dewasa :

  1. Hari Senin – Jum’at Rp. 8.000,- / orang
  2. Hari Sabtu dan Minggu / Libur Nasional  Rp. 10.000,- / orang

Untuk Anak-anak :

  1. Hari Senin – Jum’at Rp. 6.000,- / orang
  2. Hari Sabtu & Minggu / Libur Nasional  Rp 8.000,- / orang.

Untuk Turis Mancanegara harga tiket masuk Rp. 25.000,- / orang.

Adapun harga tiket masuk obyek wisata Gunung Kelud di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola setempat.

Untuk menuju lokasi Gunung Kelud, kita dapat melawati Kecamatan Wates lalu ambil jalan yang ke arah timur yang akan menghantarkan kita ke tempat tujuan.  Setelah itu kita melewati rute jalan yang melalui Agromulyo yang sejuk dan segar di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar.

Puas berkeliling dan berpetualang di kawasan daerah Gunung Kelud, kita dapat menikmati keindahan alam lainnya di tempat wisata Kediri  lainnya yang sedang ramai menjadi pembicaraan di media sosial. Selamat liburan teman.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.