Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Timur / Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo Flores

Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo Flores

Eksotisme Gua Dasar Batu Cermin Di Atas Bukit Labuan Bajo Flores

Direktori Wisata – Eksotisme tempat wisata alam Gua Batu Cermin yang terlak di Desa Waesambi Manggari Barat Labuan Bajo, Flores.

Liburan dan menikmati sajian keindahan alam Flores yang indah yang bukan hanya disajikan dengan pemandangan pantai dan alam pegunungan, namun di wilayah perbukitan yang memiliki ciri khas hutan, air terjun dan hutan serta gua pun tersaji dii beberapa tempat wisata Labuan Bajo, seperti salah satunya adalah tempat wisata alam Gua Batu Cermin yang terletak +/- 4 km dari pusat kota Labuan Bajo.

Gua Batu Cermin Flores

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari pemandu wisata lokal setempat, keberadaan Gua Batu Cermin sudah diketahui sejak zaman sebelum kemerdekaan, dan ditemukan oleh seorang arkeolog sekaligus pastur dari Belanda pada tahun 1951 yang bernama Theodore Verhove. Dari hasil penelitian temuan Theodore Verhove, beliau menyimpulkan bahwa Gua Batu Cermin menandakan bahwa dulunya Pulau Flores berada di bawah permukaan laut.

Menyusuri tempat wisata alam Flores ini, kita akan melalui jalan setapak yang telah di korn block yang jaraknya +/- 300 meter atau sekitar 10-15 menit hingga sampai mulut Gua Batu Cermin. Sepanjang jalan yang dikelilingi dan dihiasi dengan rindangnya tanaman pohon bambu, membuat hawa panas berubah menjadi sejuk nan segar.

Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin yang di kelilingi oleh hutan serta dihuni oleh fauna seperti kera ekor panjang, burung-burung khas kawasan indonesia Timur, serta babi hutan yang terkadang masih berkeliaran dan terlihat oleh kita.

Udara segar dengan teriknya matahari yang masuk melalui sela-sela batuan di atas gua yang memantul di batu yang menimbulkan cahaya tersendiri yang menjadikan dinding gua menjadi mengkilap, hal ini akan menjadi sebuah pemandangan yang indah saat kita berada di dalam gua.

Gua Batu Cermin

Konon informasi yang kami dapatkan, kirlapan yang ada di batuan yang terdapat di dalam gua ini berasal dari partikel garam yang masih terkandung di dalam Gua Batu Cermin tersebut yang memang terlihat berkilauan pada saat cahaya matahari menyinari bebatuan tersebut.

Kunjungi 7 Tempat Wisata Unik di Indonesia Yang Akan Membuatmu Takjub

Selain dapat memantulkan cahaya layaknya cermin, konon gua ini saat musim hujan tiba akan tergenang air, yang mana genangan air tersebut juga bisa memantulkan cahaya, sehingga para pengunjung yang hadir pada saat tersebut ke lokasi ini pun bisa bercermin di genangan air tersebut.

Gua Batu Cermin

Untuk menyusuri Gua Batu Cermin di tempat wisata Labuan Bajo ini kita harus masuk ke dalam yang jaraknya +/- 20 meter dengan rute jalan yang sempit dan panjangnya gua mencapai +/- 200 meter. Dan untuk masuk ke dalam kita harus menunggu giliran bila pengunjung banyak, karena pengunjung yang bisa masuk ke dalam gua dibatasi hanya sebanyak 10 orang dengan waktu kunjungan +/- 30 menit.

Kunjungi Kawasan Desa Wisata Wae Rebo, Flores

Kondisi udara di dalam Gua Batu Cermin cukup sejuk dan lembab, semakin dalam kita masuk, maka semakin sedikit pula cahaya matahari yang msuk hingga kedalam. Untuk mempermudah perjalanan wisata kita di dalam gua sebaiknya kita membawa lampu senter kecil

Kunjungi Kawasan Goa Jomblang:: Secuil Surga di Balik Hutan Purba Bantul Jogjakarta

Pemandangan fosil beberapa spesies laut yang berhasil ditemukan dan diteliti oleh Theodore Verhove dapat kita temukan di dinding gua, Konon, keberadaan fosil coral (karang), penyu serta kura-kura dan ikan yang disetai dengan adanya partikel garam yang ada di dinding gua inilah yang menjadikan dugaan kuat beliau lebih kuat menyatakan bahwa dulunya Pulau Flores ada di dasar laut. Penampakan fosil-fosil tersebut hingga sekarang masih ada dan bisa kita saksikan di lokasi.

Gua Batu cermin

Pemandangan lain dari penampakan yang ada di lokasi Gua Batu Cermin yang merupakan bentukan batu adalah batu yang berwarna putih yang berada tepat dekat dengan jatuhnya sinar matahari yang biasa disebut dengan Batu Bunda Maria oleh umat Kristiani setempat, dan bila diperhatikan dengan sesakma memang batu tersebut mirip dengan patung Bunda Maria yang biasa kita lihat.

Tempat wisata Gua Batu Cermin Flores ini bisa menjadi dalah satu alternatif tujuan destinasi wisata Labuan bajo saat kita berlibur di Flores, selain memiliki keindahan alamnya yang menawan obyek wisata alam Flores ini pun masih banyak mengundang pertanyaan yang bisa dijadikan sara wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi saat liburan di Liburan Bajo.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. Seru juga kayaknya kalau susur goa 😀

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Seru bercampur dengan aura yang lumayan buat merinding kang…. apalagi kalau lampunya kecil banget. 😀

  2. kalau berwisata di gua batu cermin ini kita gak perlu bawa cermin lagi deh, cukup berdandan dan bersolek pake batu cermin di sana. hehee

    • dijamin gak akan kelihatan mas

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Iya Kang Budi bila bercermin di dalam gua akan kelihatan seperti kata kang Ifrod, tapi sayangnya berubah jadi fosil. ha,, ha,, ha,, 😀

  3. wah saya sering mas masuk gua waktu sma dulu bareng temen. kesasar sekali sampe tembus ke kecamatan lain

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Untung bukan kesasar ke dalam rumah orang Kang,,,,,, 😀

      • untung bukan kamar mandi :v

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Masih bagus kamar mandi Kang, di sana mah ga ada kamar mandi, susah nyari toilet. 😀

  4. Saya paling serem kalau disuruh masuk goa Kang Indra … ga tahu kenapa … sereem saja …
    Bagus sekali pemandangannya … 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Masa sih kang, itu kan tidak sendiri masuknya rame-rame ko, tapi ga boleh berdua loh nanti yang ketiga malah ga kelihatan. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :