Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Wisata Goa Pindul Gunungkidul di Jogja

Wisata Goa Pindul Gunungkidul di Jogja

Liburan Ke Goa Pindul Gunungkidul Yoyakarta

Direktori Wisata – Membelah aliran sungai Goa Pindul yang eksotis. akan membuat mu betah liburan di Jogja.

Berwisata di Yogyakarta tidak selalu kita isi dengan berwisata ke Kraton sajat, atau menghabiskan waktu liburan dengan berjalan di kawasan obyek wisata Malioboro.

Bagi kita yang suka dengan dunia petualangan, tidak ada salahnya menghabiskan waktu liburan di kawasan destinasi wisata alam Goa Pindul Yogyakarta. Perjalanan liburan Direktori Wisata kali ini kami berserta rekan-rekan akan mengunjungi kawasan Gunung Kidul Yogyakarta.

Setelah bermalam di pusat Kota Jogja, perjalanan kami lanjutkan ke kawasan wisata Goa Pindul Yogyakarta yang lokasinya berada di Kabupaten Gunung Kidul. Perjalanan ini kami tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat selama +/- 1 jam. Cuaca cerah dan bersahabat menjadi teman perjalanan kami kali ini.

Sesampainya kami di lokasi, kami pun bergegas untuk mempersiapkan diri untuk menikmati destinasi wisata jogja terpopuler yang satu ini. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000,- / orang. Harga ini sudah termasuk sewa pelampung, ban, dan jasa pemandu wisata lokal yang ada di Goa Pindul Gunung Kidul.

Informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari beberapa rekan yang menjadi salah satu pemandu wisata di lokasi, Goa Pindul ini setiap harinya dikunjungi oleh wisatawan 500 hingga 1.000 orang setiap harinya. Obyak wisata ini dikelola langsung oleh warga Desa Bejiharjo, Hampir 2.000 warga yang mengelola tempat wisata di Jogja ini, mulai dari pemandu wisata, staff administrasi, hingga marketing online. konon mereka semua diberi pelatihan khusus tentang Kepariwisataan sebelum kerja.

Tidaklah heran bila mata pencarian warga Desa Bejiharjo pun bergeser perlahan-lahan dari petani menjadi pengelola wisata.  Namun, ada juga yang menjadi pengrajin, PNS atau pegawai biasa . Konon dulunya kali yang menjadi rute petualangan yang ada di kawasan wisata Goa Pindul Gunungkidul dijadikan sebagai tempat irigasi persawahan. Namun sekarang ini sungai di lokasi ini bisa berfungsi sebagai obyek wisata alam yang menunjang perekonomian masyarakat setempat.

Sebelum memulai perjalanan petualangan di kawasan wisata Goa Pindul, pelampung wajib kita kenakan dan pemandu wisata akan memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada kita. Bila semua sudah merasa aman dan nyaman dengan baju pelampung kita dan ban sudah ditangan para perserta satu persatu, barulah kita bergabung dengan regu atau kelompok untuk siap membelah aliran sungai di bawah Goa Pindul.

Sebagai tambahan informasi yang kami dapatkan dari pemandu wisata Goa Pindul Jogja, di dalam goa kita tidak diperbolehkan mengambil atau membawa satu barang pun dan meninggalkan sesuatu barang apapun di dalam goa, kecuali mengambil gambar dokumentasi berupa foto atau pun video.

Wisata Goa Pindul Gunung Kidul

Setelah kita berjalan +/- 200 meter, kita barulah sampai di lokasi start point yang akan menjadi titik awal pemberangkatan kita menyusuri keindahan wisata alam Goa Pindul. Wisata Goa Pindul dikenal dengan nama Cave Tubing Goa Pindul atau wisata mengelilingi goa dengan ban karet.Karena arusnya sungainya sangat tenang, kita cukup megikat ban satu dengan yang lainnya atau bergandengan tangan dengan teman seperjalanan kita. Di setiap rombongan minimal satu orrang pendamping pemandu wisata yang ikut serta.

Stalaktit Boa Gunung Pindul

Memasuki kawasan dalam Goa Pindul, kita akan disuguhi pemandangan mempesona dari stalaktit yang menggantung dilangit-langit goa, dan stalakmit yang tumbuh dari dasar goa. Perjalanan di sungai dengan kedalaman yang konon 2 hingga 12 meter ini dibagi menjadi 3 bagian yangharius kita lalui setiap zonanya, yaitu zona gelap, zona remang, dan zona terang.

Baca juga : Pesona Wisata Malam Bukit Bintang Gunungkidul Yogyakarta

Suasana yang redup dan gelap dalam goa dengan hanya cahaya dari lampu senter yang kita bawa dan suara gemercik air yang jatuh dari dinding batu, menjadi teman satia kita dalam perjalan petualangan di alam kawasan Goa Pindul. di sinilah kita bisa merasakan arti sebuah kehidupan yang sebenarnya. Bahwa kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, bahkan alam pun selalu mengajarkan kepada kita akan arti keindahan akan sebuah karunia Tuhan.

Baca juga : Wisata Pantai Nglambor Gunungkidul di Jogjakarta

Dalam perjalanan akhir kita akan sampai di sebuah titik spot di area yang diberinama goa vertikal. Di sinilah kta bisa melampiaskan diri untuk terjun kedalam air dengan kedalaman  2 sampai dengan 4 meter dari ketinggian tebing batu yang biasa di gunakan para wisatawan untuk melaoncat. Bagi kita yang bernyali besar, kita bisa bisa mencoba dan rasakanlah sensasi liburan di Goa Pindul Gunung Kidul.

Untuk mengunjungi kawasan wisata Goa Pindul Gunungkidul Jogja kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun mobil dengan rute perjallanan kita bisa mengikutinya sesuai yang terdapat dalam petunjuk pet di bawah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

28 Comments

  1. goa pindul sekarang populer banget, penasaran bisa kunjung langsung

    • besok bareng saya sam

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Saya juga dong, kan enak jalan-jalan dan bermain ke Goa Pidnul Kang….

        • saya gak diajak sekalian kang hikhik…

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Harus dong, kan sebagai tuan rumah yang baik Kang Eka ga selalu ketinggalan deh kalau di bawa ke Yogya, biar tahu kampunya Kang Eka sekalian. 😀

  2. Ruame banget beberapa tahun terakhir di tempat ini

    • betul betul betul

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Pokonya kalau sudah merasakan wisata ke Goa Pindul sepertinya ketagihan Kang, saya aja mau balik lagi ke sana.

  3. wah menarik banget wisata goa pindul ini mas.
    kita mesti naik pelampung melewati sungai untuk memasukinya ya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Bukan naik pelampung Kang, tapi naik ban, kalau pelampung dinaikin nanti malah cape kita. he,, he,, he,

  4. nggak heran bila tiap hari ada 500-1000 wisatawan

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Iya kang, hal inilah yang menjadi salah satu obyek wisata Goa Pindul menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler yang bayk di kunjungi para wisatawan loh…

  5. seperti apa ya sensasi meloncat dalam goa.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Susah diuraikan dengan kata-kata Kang, kalau sudah mencoba sendiri kita baru tahu rasanya….

      • Mang Aduls pengen loncat dalam Goa juga Yah …

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Awas mentok kang….. 😀

  6. banyak betul pengnjung perharinya ya. muadep. jualan di sana laku banget kayanya ya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Alhamdulillah di sana banyak makanan yang enak-enak, apali jajanannya itu loh yang bisa membuat kita lahap setelah main air di Goa Pindul asyik banget deh….

  7. Memang suasana Goa Pindul sangat sejuk .yang membuat betah liburan para wisatawan

    Berwisata di Yogyakarta tidak selalu kita isi dengan berwisata ke Kraton saja, atau menghabiskan waktu liburan dengan berjalan di kawasan obyek wisata Malioboro, namun bisa sekalian ke Goa Pindul Gunung Kidul

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Bana mas, biar bisa melihat kegiatan dan pesona wisata Jogja yang lainnya di sana, apalagi masyarakatnya ramah-ramah semua dengan para tamu dan wisatawan yang berwisata di Goa Pindul Jogja, rugi banget kalau ke Jogja tidak mampir ke Goa Pindul yang berada di Gunung Kidul.

  8. Sekarang buat rencana liburan ke Goa Pindul Gunung Kidul

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Yuk, liburan ke Goa Pindul Jogja mas. 😀

  9. Tempatnya memang bagus dan rame ya mas…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar mas, apalagi kalau liburan di Goa Pindul bisa barega sama teman-teman, jadi tambah seru deh.

  10. Asyik juga kayanya kalau kesana kang, rame pula pasti banyak gadis juga yang main kesana yaa? 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tau aja nih kang Awen sama yang cantik-cantik. 😀

  11. saya sendiri yg waktu sekolah di Yogya belum tahu tentang Goa Pindul yg ada di Gunung Kidul ini kang hikhikhik… tau nya baru Baron, Krakal, Kukup saja … kapan2 mau kesana ah klo pas lagi mudik dan klo pas ada waktu…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Ini baru dikembangkan dalam beberapa tahun belangan ini ko Kang, tapi saya salut dengan warga -warga Yogya yang kreatif di tempat ini, top markotop deh… 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :