Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Papua / Wisata Edukasi Di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat

Wisata Edukasi Di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat

jejak-manusia-puraba-di pulau-sunmalele-atsa-raja-ampatWisata Edukasi Di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat:  Menelusuri Jejak Pitara Manusia Purba

Dinding tebing di sebelah timur Pulau Sunmalele Atsa yang menjulang tegak lurus, dari ceruk karang terlihat sebuah gambar telapak tangan yang melekat. seakan melabai dan memberi insyarat “kami pernah ada di sini”. Fenomena jejak pitara manusia purba ini dapat kita saksikan di kawasan Pulau Sunmealele Atsa gugusan kepulaun Misool Raja Ampat.

Gugusan Sunmalele bertabur pulau karang dinding yang terjal, dengan kerumunan tanaman di atas, diapit oleh dua pulau; yaitu Pulau Sunmale Atsa Barat dan Pulau Sumalele Tol di Timur. Terltak tepat di sebala laut Selat Pana-Pana. Memilki perairan yang cukup dalam, sehingga speedboat bisa mencapai tempat seni jejak pitara manusia purba di lokasi Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat.

Untuk mencapai situs jejak pitara manusai purba di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat

Perahu yang kita tumpangi harus merapat ke tebing. Dari jarak dekat 20 meter gamabar cadas belum terlihat jelas, karena ia tersembunyi di lubang-lubang dinding. Pulau-pulau kecil yang berjarak dekat, meciptakan selat-selat sempit yang sangat kompleks, perjalanan serasa seperti menelusuri gang-gang sempit di kawasan padat rumah penduduk.

Gambar Telapak Tangan Situs Purba Di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat.

Bila kita perhatikan pada gambar telak tangan, terlihat teknik menggambar seperti stensil, yaitu dengan menempelka telapak tangan, lantas disemburkan warna coklat tembaga. Teknik ini menghasilkan gambar cetak yang serupa dengan obyek. Coretan-coretan cadas ini persis seperti gambar anak-anak yang gemar menggambari dinding rumah. Gambar-gamar yang saling berhimpitan, sepertinya sang pelukis purba menyesuaikan dengan bidang gambar yang tersedia di dinding tebing.

Akibat lantaran tersembunyi dalam lubang-lubang karang, gambar yang beraneka sosok, figur dan bidang ini selamat dari erosi air laut. Namun, ilustrasi yng digambarkan di permukaan tebing yang terbuka, sebagian telah terbasuh aliran air dari atas tebing, banyak gambar terkait sebagain yang turut larut dengan gerusan air.

Di balik keunikan dan keindahan gambar-gambar hasil manusai purba di Pulau Sunmalele Atas Raja Ampat, terciptalah sebuah cerita legenda masyarakat yang menjadi sebuah kisah masyarakat lokal yang berbalut pada kearifan tradisional.

Perjalanan wisata di kawasan kepulauan Raja Ampat, selalu membarikan hal yang baru dengan pengetahuan yang baru. Dengan pelestarian konsep wisata alam kita pun akan mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan secara rasional sebagai bagian konsep Wisata Edukasi Di Pulau Sunmalele Atsa Raja Ampat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

10 Comments

  1. weh kreen sekali, dibatam sayang tak ada seperti ini,.

    • Masing-masing daerah memiliki potensi wisata alamnya ya Sob, tentunya di Batam juga pnya tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. 😀

  2. kapan ya bisa ke sini ? pengeeeen

    • Yuk, jalan-jalan ke Raja Ampat. 😀

  3. bagus banget ..
    sayangnya jauh tempat wisatanya 🙁

    • Sering kali denger “wah jauhnya..” tetapi ke negeri orang lain bisa dan tidak susah..
      Kenapa yaa, mesti ada kemauan dari pemerintah RI supaya akses ke negeri ini tidak hanya mudah di bagian barat atau di pulau yang ramai penduduk saja..

      Banyak keindahan dan kekayaan negeri ini justru berada di pulau dan tempat yang jauh.. seringkali berpikir apakah ini cara orang-orang untuk menjaga harta tersebut buat mereka saja..

      Berharap negeri ini makmur dan merata khususnya buat masyarakat yang negerinya indah permai.. *Raja Ampat yang saat ini namanya sungguh terkenal di dunia namun masyarakat nya justru jadi penonton orang-orang berduit yang membuka usaha disana..

      • Setuju mas, kita berharap potensi wisata yang ada di Indonesia, bukan hanya di kawasan Raja Ampat, namun juga di seluruh Indonesia dapat mudah akses jalannya. Tidaklah heran bila kawasan potensi wisata di daerah memang yang melakukan ekplore lebih banyak orang asingnya mas, jadi mereka lebih bisa melihat dari potensi yang ada. Semoga bisa berubah pola pikir untuk meningkat potensi yang ada di Indonesia ini.

    • kebetulan saja Mba, yang baru di eksplore yang tempat terlalu jauh ya, tapi mudah-mudahan nati ada yang dekat ko. 😀

  4. semakin cinta dengan NKRI,, kekayaan alam dan kearifan lokal yang perlu dilestarikan

    • Benar Mas, Indonesia kaya akan sebuah kekayaan alam dan kearifan lokal masayrakatnya sebagai aset termahal di negeri Indonesia.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :