Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Barat / Ciamis / Wisata Edukasi Pembuatan Kerupuk, Pangandaran

Wisata Edukasi Pembuatan Kerupuk, Pangandaran

 
 

Menelisik Proses Industri Pembuatan Kerupuk, Pangandaran

Direktori WIsata. – Mengunjungi rumah produksi pembuatan kerupuk di kawasan Pangandaran, Jawa Barat merupakan pengalaman perjalanan wisata yang dapat membuka cakrawala pengetahuan kita akan sebuah nilai potensi ekonomi masyarakat desa.

rumah-industri-kerupuk-pangandaran

Dari pengalaman Direktori Wisata mengunjungi kawasan Desa Kedungwuluh, Pangandaran, kami mengunjungi salah satu rumah industri krativ pembuatan kerupuk yang berada di desa tersebut. Warga setempat nampak ramah menerima kehadiran kami bersama rekan-rekan di tempat rumah industri kerupuk ini. Sambil bekerja mereka memberikan keterangan yang dipandu oleh salah seorang pemandu wisata lokal kepada kami,

adonan-pembuatan-kerupuk

Tepung tapioka yang dimasukan ke dalam mesin pengaduk yang dijadikan satu dengan ikan, bumbu dan pewarna untuk makanan yang sudah disiapkan diaduk hingga rata. Menurut informasi yang Direktori Wisata terima, sekali proses pengadonan melalui mesin ini, mereka dapat memproduksi 40 – 50 kg adonan untuk kerupuk setiap satu kali proses.

Setelah di masukan dan diproses melalui pengadukan di dalam mesin sekitar +/- 30 menit, adonan tersebut lalu dimasukkan ke dalam mesin pencetak kerupuk. Di area ini terdapat bentuk mesin pencetak yang bermacam-macam, ada yang berupa kerupuk aci kotak, sampai kerupuk aci bulat, ada juga mesin cetak kerupuk keong dan gendar.

mesin-cetak-kerupuk

Sedangkan untuk kali ini Direktori Wisata berkesempatan melihat hasil produksi yang menggunakan mesin kerupuk yang  yang berkapasitas 100 sampai dengan 200 kg. Konon, informasi yang kami peroleh mesin pencetak adonan kerupuk ini dapat menghasilkan 35.000 kerupuk dalam sehari.

Awalnya rumah produksi kerupuk ini mempekerjakan banyak karyawan. Namun, karena untuk menjaga mutu pelayanan dalam memenuhi permintaan pasar, maka sebagian besar tenaga manusia dialihkan menjadi menggunakan tenaga mesin, yang juga dapat menghemat biaya produksi. Biasanya dalam membuat proses pencetakan kerupuk dengan tenaga manusia memerlukan 7 orang karyawan, dengan menggunakan mesin bisa hanya memerlukan 1-2 tenaga manusia. Dan hasilnya pun sama 35.00 kerupuk. Sehingga tenaga yang manusia yang lainnya dapat diahlikan ke tempat yang lainnya, seperti tempat pengiriman barang atau proses persiapan lainnya.

Lanjut informasi……
Untuk adonan kerupuk yang sudah dicetak dipisahakan, lalu ditempatkan di tempat untuk mengukus dengan menggunakan 100 rak. Sedangkan untuk satu raknya saja bisa memuat 25 adonan kerupuk, bila ditotalkan dalam sekali pengopersian pembuatan kerupuk dapat menghasilkan 2.500 adonan kerupuk yang dapat dikukus. Dan prose ini dilakukan selama 10 menit dengan suhu mencapai 100 derajat celsius hingga adonan matang.

rumah-industri-kerupuk-pangandaran

Sedangkan untuk proses penjemuran adonan kerupuk bertujuan untuk pengawetan adonan, dan membuat adonan dapat mengembang dengan baik pada saat digoreng. Penjemuran adonan kerupuk ini memakan waktu selama dua hari sampai adonan kerupuknya benar-benar matang berwarna cerah, dan terlihat tandanya benar-benar sudah mengering. Untuk proses penjemuran kerupuk hanya dilakukan pada saat musim kemarau, bila sedang musim penghujan, prosesnya menggunakan oven.

rumah-industri-kerupuk-pangandaran

Setelah itu kerupuk masuk dalam proses pemanggangan dulu selama satu jam sebelum masuk prosea penggorengan, hal ini dilakukan agar kerupuk lebih mudah mengembang. Sedangkan untuk proses penggorengan kerupuk harus dilakukan selam dua kali dengan minyak bersuhu rendah selama 3-5 menit sampai mengembang; dan dilarutkan dengan menggunakan minyak panas selama satu menit agar tidak terlihat gosong. Setelah itu ditiriskan dari minyak dan di kemas untuk siap dikirim kepada para penjual di pasar untuk disalurkan kepada pembeli.

Baca juga : Wisata di Desa Kedungwuluh Pangandaran

Untuk mengunjungi tempat wisata edukasi rumah industri pembuatan kerupuk di Pangandaran ini kita dapat mengunjungi jalur akses yang akan mengarahkan kita menuju Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat seperti yang terdapat di dalam peta.

Wisata Edukasi Pembuatan Kerupuk, Pangandaran merupakan salah satu alternativ pilihan konsep perjalanan wisata yang dapat menambah wawasan cakrawala pengetahuan tentang arti dan manfaat UMKM sebagai upaya pengenalan potensi ekonomi kerakyatan desa lebih dikenal di kalangan masyarakat dalam maupun luar negeri. Dan tentu saja hal ini dapat memberikan sebuah kesan nilai positif bagi kita untuk langsung mengenal dengan para pelaku produksi pasar dengan melihat potensi sebuah peluang yang bisa dihasilkan dari perjalanan wisata di kawasan Pangandaran.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :