Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / Wisata Edukasi: Mengenal Produksi Khas Dieng

Wisata Edukasi: Mengenal Produksi Khas Dieng

Mengenal Produksi Khas Dieng Untuk Oleh-Oleh

Direktori Wisata.- Kunjungan ke rumah industri di Dieng ini merupakan bagian dari pengalaman perjalanan wisata Dieng untuk mengenal produk lokal khas Dieng.

Kawasan dataran tinggi Dieng memiliki hasil tanaman perkebunan dengan lahan yang subur, bahkan untuk jenis tanaman tertentu seperti Purwaceng dan Carica merupakan hasil perkebunan khas Dieng yang menjadi salah satu ikon terkenal di kalangan masyarakat luas.

rumah-produksi-makanan-khas-dieng

Konon menurut informasi yang berkembang di tengah masyarakat, kedua tanaman ini berasal dan hanya di temukan di dataran tinggi Dieng.

Dari informasi yang diterima oleh Direktori Wisata di lokasi, purwaceng merupakan tanaman tumbuhan liar yang ada di dataran tinggi Dieng. Tanaman ini dikenal sebagai herbal penambah stamina gairah dan vitalias.

Bentuk tanamannya pun tidak begitu menarik, namun banyak di cari orang. Konon permintaan dari bahan baku tanaman Purwaceng asli dari dataran tinggi Dieng bila sudah mengering harga per kilonya dapat mencapai Rp. 1.000.000,-. 

tanaman-purwaceng

Di bawah ini merupakan contoh yang bisa lihat dari bahan olahan produk Dieang yang berasal dari Purwaceng, yang ada di dalam plastik adalah purwaceng kering, sedangkan untuk bentuk olahan yang menjadi bubuk bisa kita dapatkan di dalam kemasan botol.

Sedangkan dalam bentuk saset rasanya dibuat dengan varian pilihan seperti susu purwaceng, kopi purwaceng dan sebagainya.

produksi-khas-dieng

Mengenal produksi khas Dieng berikutnya adalah buah kemar atau yang disebut dengan terong Belanda; dan Carica. Buah ini di olah oleh penduduk dataran tinggi Dieng menjadi sirup, manisan, dan dodol. Di kemas dalam bentuk botol. Sedangkan untuk Carica sendiri di kemas dalam bentuk makanan buah manisan, dan tekstur buahnya manisannya seperti mangga. Kedua hasil olahan makanan ini merupakan oleh-oleh khas Wonosobo.

Sedangkan untuk bentuk tanaman buah Carica bentuk pohon batang dan dauh serta buahnya seperti buah pepaya yang menggantung di batang pohonnya. Tanaman Carica ini mudah di temukan di datara tinggi Dieng. Biasanya tanaman ini hidup di area perkebunan masyarakat Dieng. Bentuk tanaman dan buahnya seperti gambar photo yang terdapat di bawah ini.

pohon-carica_

Sama halnya seperti tanaman buah Carica, buah kemar atau terong Belanda hidup di dataran tinggi Dieng. Tanaman buah ini dapat kita temukan di daerah perkebunan masyarakat lokal Dieng. Bahkan ada juga yang di tanam di halaman dekat rumah.

Bila kita melakukan perjalanan wisata di kawasan dataran tinggi Dieng, kita akan melihat bentuk tanaman buah terong Belanda seperti gambar photo yang terdapat di bawah ini.

terong-belanda

Pada kesempatan ini Direktori Wisata mencoba mengunjungi salah satu rumah produksi pembuatan dari minuman yang terbuat dari terong belanda. Di sini kita dapat melihat dan menyaksikan dari dekat proses pembuatan minuman yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Apalagi bagi kita yang telah melakukan perjalanan wisata ke tempat wisata Dieng.

Untuk rasanya minuman dari buah terong Belanda ini memiliki rasanya manis, dan dibuat dari bahan dasar olahan sari buah terong Belanda dengan beberapa proses tahapan. Pengupasan, pemasakan sampai dengan pengemasan.

rumah-produksi-makan-dieng

Semua dapat dilihat dengan jelas di tempat wisata edukasi di rumah produksi makanan dan oleh-oleh yang terdapat di dataran tinggi Dieng.

Sebagai tambahan informasi bahwa khasiat buahkear atau terong Belanda itu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh. Karena di dalam tanaman buah terong Belanda mengandung pro vitamin A, C, dan mengandung mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang baik untuk tubuh kita.

Kunjungi 5 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungijungi

Bagi kita yang mengalami penyakit rabun mata buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Dan bagi penderita panas dalam dan mengobati penyakit sariawan vitamin C dalam kandungan buah ini sangat cocok untuk mengobati penyakit sariawan yang di derita oleh kita.

Lanjut informasi…….
Terong Belanda juga mengandung bahan mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada tubuh, dan mengandung kaya akan serat yang bermanfaat sebagai pencegah kanker dan sembelit.

Sedangkan untuk memacu daya tahan tubuh minuman yang terbuat dari terong Belanda di percaya sangat berkhasiat untuk tubuh, karena di dalamnya mengandung salah satu jenis antioksidan.

Itulah beberapa informasi tentang khasiat dari minuma terong Belanda yang Direktori Wisata dapatkan dari rumah produksi makanan dan oleh-oleh di pusat jajanan dataran tinggi Dieng pada saat melakuan perjalanan wisata edukasi mengenal produkasi khas Dieng.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. wah hebat, semua bahan bahannya dari bahan yang sering kita jumpai, indonesia hebat memang

    • Benar gan, Indonesia memiliki daerah potensi yang luar biasa, apalagi kalau dapat di ekplore dan dikembangkan secara maksimal hal ini dapat meningkatkan potensi perekonomian kerakyatanyang positif untuk perkembangannya ke depan ya.

      Salam wisata

  2. Purwaceng, minuman herbal rasa eksotis banget. Kebetulan di rumah ada beberapa sachet, oleh-oleh suami pas ke wonosobo beberapa waktu lalu

    • Apalagi kalau bisa mencoba dari bahan rebusan Purwaceng aslinya yang dari proses pengeringan dan di godok lalu diminum Mba dengan menambahkan gula aren, hm,,,,,, rasanya sudngguh berbeda di badan loh…… 😀

      Salam wisata

  3. iya saya pernah melihat tayangan di TV sedang membuat minuman yang bahan dasarnya dari buah carica,memang benar mirip buah pepaya Kang hehe

    • Potensi alam dan perkebunan di daerah dataran tinggi Dieng ini memang sudah cukup dikenal ya Kang, apalagi kahsiatnya. Kalau ke Dieng sangat rugi banget bila tidak mencoba minuman purwaceng, terong belanda, dan buah caricanya. 😀

      Salam wisata

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :