Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Edukasi: Mengenal Dunia Perminyakan Dan Gas Nusantara

Wisata Edukasi: Mengenal Dunia Perminyakan Dan Gas Nusantara

Wisata Edukasi: Mengenal Dunia Perminyakan Dan Gas Nusantra.– Perjalanan wisata edukasi kali ini, Direktori Wisata akan mengajak mengunjungi Museum Minyak Dan Gas Bumi yang berlokasi di kawasan Taman Mini Indonesia, Jakarta Timur.

museum-minyak-dan-gas-bumiMuseum ini dibangun sebagai sarana pengenalan explorasi pertambangan minyak dan gas yang bersifat edukasi. Berlokasi di area Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Dibangun sebagai bentuk nyata untuk menandai peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi Indonesia dari masyarakat perminyakan Indonesia demi melestarikan dan mewariskan nilai-nilai juang kepada generasi penerus untuk meningkatkan ilmu dan teknologi.

Gagasan pembangunan Museum Minyak Dan Gas Bumi lahir ketika acara pembukaan upacara Konvensi Tahunan “Indonesia Petroleum Association” ke-14 pada tanggal 8 Oktober 1985. Sedangkan untuk pembangunan fisiknya mulai dilaksanakanpada tahun 1987. Setalah lesai pembangunan fisik museum, maka pada tanggal 20 April 1989 Museum Minyak Dan Gas Bumi di resmikan oleh Presiden Soeharto.

Gedung utama Museum Minyak Dan Gas Bumi berbentuk anjungan lepas pantai, yang lokasinya berada di atas danau buatan seluas 11.000 m2. Sebuah pemandangan yang menjadi ciri khas pencarian minyak dan gas bumi lepas pantai yang disebut Anjungan Eksplorasi. Dua banguan pendukung yang berada di area museum yang berbentuk bundar atau gilig yang menyerupai tangki penyimpanan minyak terlihat menghampit gedung utama dan bangunan tersebut disebut Anjungan pengolahan.

Ruang pamer Museum Minyak Dan Gas Bumi terdapat di gedung utama dan anjungan ekplorasi yang berfungsi dan berguna untuk mengutarakan seluk beluk kepada para pengunjung museum untuk mengenal minyak dan gas bumi. Sedangkan untuk ruang pameran yang berada di ruang utama berisikan perjalanan sejarah industri perminyakan.

Di ruang tengah Musuem Minyak Dan Gas Bumi terdapat Teater Minyak yang menyajikan pemutaran film pendek dan multislide mengenai asal mula serta hasil pegolahan minyak dan gas bumi di Indonesia. Di mana film-film yang ditayangkan memberikan sebuah gambaran yang mudah bagi para pengunjung untuk memahami industri minyak dan gas bumi.

Selain itu kita dapat menemukan sebuah ruang yang memamerkan berbagai bentuk benda dan bahan mengenai minyak dan gas bumi yang ada di sekitar kita. Di area museum ini kita akan diajak untuk memahami sejauh mana ketergantungan manusia terhadap minyak dan gas bumi, baik sebagai sumber nergi primer seperti bahan bakar maupun produk lain seperti industri petrokimia.

Bergeser di lantai bawah Museum Minyak Dan Gas Bumi, kita akan menemukan sebuah ruang sejarah. Di ruang ini kita akan disjaikan sejarah perkembangan geologi bumi, bagaimana perkembangan masa beratus juta tahun yang lalu sampai kemungkinan dampak pemanfaatan minyak dan gas bumi. Di sudut lainnya kita dapat menemukan sebuah gambaran seperti Pohon Minyak yang menggambarkan berbagai produk yang menghasilkan dari pengolahan minyak bumi dalam bentuk sebatang pohon. Penempatan produk pada pohon diatur dari atas ke bawah sesuai dengan hasil fraksi-fraksi minyak bumi yang didapat pada proses distilasi dan proses-proses selanjutnya.

Anjungan Eksplorasi Museum Minyak Dan gas Bumi mengetengahkan eksplorasi minyak dan gas bumi, termasuk peragaan sejarah terjadinya cekungan minyak dan gas bumi. Selanjutnya pengetahuan penerapan teknologi disajikan melalui pameran peralatan yang canggih serta mendukung proses pencarian dan pengolahan minyak bumi.

Bagi kita yang akan membutuhkan inforamsi melalaui daftar pustaka, Museum Minyak Dan Gas Bumi juga dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan. Dan Plaza penerima, serta ruang auditorium yang berfungsi sebagai tempa seminar lengkap dengan perangkat mulimedia yang dapat di gunakan untuk umum, namun tidak gratis loh…. tentu ada biaya sewanya. Semoga perjalanan wisata edukasi kali ini dapat memperkenalkan dunia perminyakan dan gas Nusantara kepada para pembaca setia Direktori Wisata.

Bagi anda yang memerlukan informasi tentang Museum Minyak Dan Gas Bumi dapat menghungi nomor telpon di bawah ini.

Telpon : 021 – 8401686, 8408418

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. nda terasa ya Mas sdh 100 thn,, lebih tua dari hari kemerdekaan tanah air kita,.. bila dibandingkan atau ditambahkan sebelum masa kemerdekaan berarti sdh puluhan tahun si penajajah nikmati hasil bumi negara kita, bahkan sampai sekarang andilnya pun tak kalah pada pada masa itu..

    • Benar mas, kalau di lihat dari usianya sudah satu abad, dan potensi kandungan minyak serta gas bumi di Indonesia sangat banyak seklai. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

  2. semoga nanti kedepannya bangsa Indonesia bisa tambah maju ya kang. saya malah baru denger ada tempat wisata edukasi tentang dunia perminyakan kang hehehe… terima kasih informasinya ya kang

    • Salah satu tujuan museum minyak dan gas bumi ini didirikan sebagai rasana edukasi bagi generasi bangsa untuk mengethui lebih banyak tentang dunia perminyakan dan gas nusantara kang. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya Kang.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :