Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Wisata Edukasi Di Al-Azhar Memorial Garden

Wisata Edukasi Di Al-Azhar Memorial Garden

Mengenal Lebih Dekat Konsep Pemakanan Sesuai Syariah Di Al Azhar Memorial Garden, Karawang

Direktori Wisata –  Al-Azhar Memorial Garden sederet fasilitas konsep pemakanan syariah Islam dan menjadi sebuah kawasan syiar pemakaman Islam di kawasan Karawang Timur, Jawa Barat.

Karawang tidak hanya dikenal sebagai kota industri dan juga bersejarah. Namun kawasan ini juga memiliki sebuah sarana untuk tempat wisata edukasi pemakaman menurut syariah Islam pada saat kami melakukan perjalanan wisata zairah di Al-Azhar Memorial Garden yang berlokasi di Jalan Raya Peruri KM.53-54, Kabupaten Karawang Timur, Jawa Barat.

Al-Azhar Memorial Garden Kerawang Timur

Wisata ziarah menjelang Ramadhan tidak selalu identik dengan berkunjung ketempat pemakaman dengan nama tokoh-tokoh besar, bahkan dengan kegiatan wisata ziarah kita akan mendapatkan sebuah intisari pesan yang bisa kita dapat sebagai nasehat kebaikan bagi yang masih hidup.

Perjalanan yang memakan waktu sekitar 60 menit dari pusat Jakarta, membawa kami hingga sampai ke areal pemakaman Al-Azhar Memorial Garden. Acara kegiatan ini berlangsung sagat santai sambil bersilturahmi di anatara peserta blogger dan para pengurus yang sehari-harinya bertugas di kantor pemasaran untuk melayani setiap tamu yang datang hilir mudik untuk mendapatkan informasi tentang program yang terdapat di tempat pemakanan ummat muslim di Karawang Timur, Jawa Barat ini.

wisata-edukasi-al-azhar-memorial-park

Dalam kesempatan wisata edukasi tentang pemakaman syariat Islam ini kami dipandu dan diperkenalkan sebuah konsep pemakaman menurut syariat Islam dengan salah seorang petugas Ibu Dewi dari Staff Marketing Al-Azhar Memorial Garden.

Ibu Dewi mengatakan, ” Pemakaman sering dipandang hanya sebatas tempat untuk menguburkan jenazah, dan tidak jarang masih banyak mayarakat menilai pemakaman tidak memiliki arti serta manfaat bagi orang yang hidup. Sehingga tidak jarang pemakaman dibiarkan terbengkalai dan tidak terawat”.

Menderngar penjelasan tersebut di atas, kita seakan diajak melihat realita yang dapat ditemukan di beberapa tempat pemakaman. Bahkan tidak heran bila ada diantara kita yang sudah tidak tahu lagi di mana tempat pusaran bapak, ibu, anak, atau nenek dan kake kita dimakamkan dan hilang. Karena kebanyakan dari kita untuk mengunjungi makam keluarga hanya menjadi sebuah tradisi dilakukan pada saat musim menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Namun hal yang menarik dalam diskusi kali ini, saat kami diberikan penjelasan tentang kewajiban bagi kita yang masih hidup untuk menyediakan tempat pemakaman yang sesuai dengan syariat Islam untuk almarhum dan almarhumah hal ini agar kita senantiasa dapat menjaga akidah hingga liang lahat.

wisata-edukasi-al-azhar-memorial-garden

Ibu Dewi menjelaskan, “Hendaknya kita mengetahui syarat makam syariah, agar kita tidak salah dalam membuat atau memilih makam untuk diri kita, keluarga serta ummat muslim yang lainnya,”

Adapun Ibu Dewi memaparkan, ” Berikut merupakan syariat Makam Syariah yang harus diketahui oleh umat mulim lainnya seusai dengan apa yang di ajarkan agama Islam :

  • Letak makam muslim tidak boleh bercampur dengan makam non muslim.
  • Liang lahat  harus memilik panjang 200 cm, lebar 80 cm dan kedalaman 150 cm.
  • Letak makam memungkin jenazah dihadapkan ke arah kiblat. ( menghadap kiblat )
  • Makam terlihat sederhana, dan tidak terdapat bangunan apapun di atas  makam.
  • Tinggi maksimal makam hanya 10 cm atau kurang lebih sejengkal.
  • Makam tidak boleh diinjak-injak dan terjaga dari terlangkah atau diduduki.
  • Pentaan dan pengurusan makam dialnkan sesuai dengan syariah yang didasarkan atas jual beli denan prinsip sederhana dan rukun jual beli terpenuhi dalam hukum Islam.
  • Areal pemakaman hanya ditujukan ntuk memakamkan dan ziarah saja. Dan tidak diperbolehkan ada fasilitas yang dapat menimbulkan tindakan pemborosan dan berlebihan dalam pemakaman.

Lebih lanjut Ibu Dewi menjelaskan bahwa, “Syariat pemakaman dalam Islam sebenarnya ditujukan untuk menghormati jenazah sebagaimana almarhum atau almarhumah  semasa hidupnya.”

“Meski sudah menjadi jenazah, mereka tetap manusia yang memiliki derajat mulia sebagai khalifah untuk tetap wajib dihormati”, jelas Ibu Dewi.

Sedangkan untuk penjelasan pertanyaan yang selama ini menjadi polemik tentang masalah Jual Beli Makam, Ibu Dewi menejlaskan  dan memberi tahukan kepada kita bahwa dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) No. 9 Tahun 2014 di jelaskan  bahwa :

  1. Setiap muslim Boleh menyiapkan lahan khusus sebagai tempat untuk dikuburkan atau berwasiat untuk dikuburkan ditempat tertentu.
  2. Jual beli lahan untuk kepentingan kuburan dibolehkan dengan ketentuan : Syarat & rukun jual beli terpenuhi, Dilakukan dengan prinsip sederhana. Penataan & Pengurusannya dijankan sesuai syariah.
  3. Tidak menghilangkan hak orang untuk memperoleh pelayanan penguburan.
  4. Jual beli atau bisnis lahan untuk kepentingan kuburan mewah yang terdapat unsur tabzir (membelanjakan harta kepada hal yang tidak perlu atau disebut juga boros) dan juga israf ( suatu sikap yang memperturutkan  yang berlebihan ) hukunya HARAM.

Selain kami para blogger diperkenalkan konsep pemakaman menurut syariat Islam yang benar, kami juga diperkenalkan dengan salah satu program yang dimiliki Al-Azhar Memorial Garden yaitu pemakaman untuk kaum Dhuafa yang diberikan secara cuma-cuma yang diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu bagi penduduk sekitar area pemakaman. Bahkan untuk area makamnya tidak dibedakan dengan yang lainnya dan tetap mendapatkan perlakukan yang sama.

Mendengar keterangan dari program sosial yang mulia ini bagi masyarkat Dhuafa bagi muslim yang tingal di area sekitar Al-Azhar Memorial Garden, kami para blogger yang awalnya memiliki sebuah pandangan yang sebelah mata, maka dengan penjelasan yang satu ini membuat kami ingin megetahui lebih jauh tetang program kegiatan yang dilakukan di tempat ini.

Wisata Sejarah di Al-Azhar Memorial Garden

Bahkan perjalanan wisata edukasi bukan hanya mendapatkan informasi tentang ilmu pengetahuan tentang pemakamana sesuai syariat Islam, bahkan kami pun melanjutkkan dengan wisata ziarah untuk langsung melihat dari dekat lokasi tempat pemakaman yang tertataaih dengan penghijauan yang di kanan-kirinya sudah dipenuhi dengan tanaman dan padang rumput yang hijau dan tetrtata rapih.

Di antara tempat yang disediakan untuk pemakaman di Al-Azhar Memorial Garden ini rata-rata sudah banyak dipesan, baik untuk type singgle, double , dan keluarga. Namun, masih untuk sebagian lahannya juga masih terlihat kosong yang belum terisi. Terlihat oleh kami makam sederhana  di lokasi yang tidak dibangun apapun di atasnya. Dan jalan setapak yang dipersiapkan bagi para pengunjung atau pun keluarga di tempat ini terbuat dan tertata rapih sehingga membuat makam yang ada nantinya tidak mudah terinjak-injak  atau terlangkahi.

Terlihat beberapa petugas yang sedang melakukan perawatan taman penghijauan di tempat pemakaman Al-Azahar Memorial Garden. Bahkan menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, “Bahwa perawatan dan pengelolaan serta penggunaan makamam di tempat ini cuup dibayarkan sekali dimuka untuk perawatan makam sepanjang masa.”.

Al-Azahar Memorial Garden Karawang Timur Jawa Barat

Lokasinya terlihat cukup bersih dan asri yang mencerminkan karakteristik pemakaman Islam yang terawat dan terjaga dari hiruk pikuk dari pedagang ataupun hewan yang hilir mudik bebas masuk ke dalam areal makam.

Hal ini akan menjadi area makam menjadi tempat ziarah bagi keluarga yang akan medatangi makam keluargnya secara hikmat untuk mengingat hari akhir dan kebesaran, keagungan, kemuliaan, keindahan dan keberkahan hidup yang Alloh SWT berikan dalam hidup seba kecukupan bagi kita.

Jadi bagi ummat muslim yang menyediakan lahan pemakaman untuk dirinya dan keluarga atau yang akan mewakafkan lahan pemakaman di area Al-Azhar Memorial Garden ini tanpa disadari baik secara langsung atau tidak, apa yang menjadi keputusan kita untuk mengabil dan menydiakan lahan pemakaman di tempat ini sudah ikut menyediakan lahan untuk pemakaman syariat yang diperuntukan bagi kaum ummat mslim yang Dhuafa dan kurang mampu di tempat ini.

Bahkan sekarang ini sudah terdapat beberapa makam yang telah diisi dari keluarga muslim yang kurang mampu ( Dhuafa ) di tempat pemakaman Al-Azhar Memorial Garden. Dan perlakuan serta pemeliharaan dan perawatannya pun tidak dibedakan dengan yang lainnya.

Selain sabagai tempat pemakaman untuk ummat muslim, Al-Azhar Memorial Garden juga sebagai sarana edukasi pembelajaran dan pengenalan sarana syiar Islam yang mengajak bagi kita ummat muslim untuk mengenal lebih jauh dalam menambah wawasan ilmu agama secara langsung arti dan pentingnya bagi para perziarah yang datang untuk mempelajari arti dan manfaat pemakaman menurut syariah Islam yang sebenarnya dengan bimbingan dari konsultan pemakaman sayraih untuk mendapatkan dan mendapatkan lahan makam yang seuai dengan syariat Islam

Bahkan bagi kita yang masih hidup akan mendapatan sebuah hikmah yang menjadi sebuah intisari dari sebuah ilmu kehidupan sabagai nasehat yang berguna dalam kehidupan hingga menuju bekal perjalanan nantinya.

Bagi sahabat atau pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan mencari informasi lebih jauh atau melakukan kunjungan wisata edukasi untuk menambah pengetahuan dan mengenal lebih dekat program dari Al-Azahar Memorial Garden di Karawang Timur ini, bisa menghungi Nomor : 0811 – 1700 037, 0812 – 1869 6343, 0817 – 6035 850.

Sedangkan bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan mengujungi langsung ke lokasi Al-Azhar Memorial Garden, dapat melalui jalur akses jalan tol Jakarta – Cikampek atau sebaliknya, dengan jalur keluar pintu akses dari pintu tol Kerawang Timur, lalu bisa mengikuti arah jalur jalan melalui peta petunjuk.

Dengan mengenal lebih dekat program-program dari Al-Azhar Memorial Garden secara langsung, akan membuat wawasan kita mengenal jauh arti dan hikmah yang bisa kita dapatkan dari sebuah pesan nasehat yang kebaikan dalam kehidupan. Agar kita tidak terjebak dalam sebuah penilaian yang akhirnya akan membuat diri kita terjebak dalm kegelapan karena ketidak tahuan dan keegoisan belaka.

Semoga perjalanan wisata edukasi di Al-Azhar Memorial Garden ini bisa menjadi sebuah nasehat kebaikan bagi kita semua dalam menyebarkan ilmu pengetehuan bagi kita semua arti dan pentingnya sebuah areal pemakaman susai dengan syarih Islam, dan dapat bermanfaat untuk kita semua.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. keren ci mamang mah, wisata sejarahnya dapat, wisata relginya juga dapat, mantap mang… lanjuthkan.. hahahaha…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Setiap perjalanan,pasti akan banyak cerita dan kisah yang bisa kita tangkap dan bagikan. Semoga saja ini menjadi sebuah nasehat kebaikan bagi kita yang melihat dengan mata hati terbuka Kang @mamanachman:disqus Amiiin….

      • amiin… Iya mang, semoga ada manfaat yang bisa kita ambil dari setiap yang kita bagikan.. jangan lupa kalau pulang bawa oleh-olehnya yaa, haha…

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Amiiin, semoga selalu mengikuti keberkahan dalam setiap berkarya Kang @mamanachman:disqus he,, he, he,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :