Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Wisata Di Wana Penangkaran Rusa Bogor

Wisata Di Wana Penangkaran Rusa Bogor

 

Nikmati Pesona Wisata Penangkaran Rusa Bogor

Direktori Wisata – Liburan sambil bermain dengan rusa di penngkaran rusa Bogor.

Kondisi geografis Bogor terdiiri dari perbukitan, gunung, sawah dan aliran sungai dan juga hutan membuat kota hujan ini kaya akan berbagai destinasi wisata alam termasuk tempat wisata konservasi fauna di wahana wisata penangkaran rusa Bogor.

Perjalanan wisata kali ini, Direktori Wisata bersama rombongan dengan kendaraan sewa bus wisata yang kami rental dari salah satu perusahaan bus yang menghantarkan kami untuk menuju tempat wisata Bogor yang satu ini.

Perjalanan panjang yang memakan waktu tempuh perjalanan +/- 1, 5 jam hingga sampai tujuan, kami pun tiba di Desa Buana Jaya di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bgor, Jawa Barat.

Setelah urusan administrasi dan pengurusan tiket masuk kawasan penangkaran rusa  ini selesai barulah, kami dapat masuk ke dalam area. Memasuki kawasan wisata wana penangkran rusa Bogor, kehadiran kami beserta rombongan di sambut dengan jembatan gantung yang konon panjangnyanya +/- 30 meter menyambut kehadiran dan menghantarkan kami ke lokasi seberang Sungai Cibet yang berada di bagian dari aliran sungai Citarum.

Indahnya panorama alam dan sejuknya udara Bogor membuat Direktori Wisata bersama rekan-rekan yang hadir di lokasi ini berhenti sejenak di atas jembatan yang terbuat dari kayu bambu yang  hanya mampu menampung maksimal 10 orang saja.

Beberapa dari kami pun melakukan hunting foto di sini, karena wana wisata penangkaran rusa Bogor menjadi salah satu tempat wisata Bogor terpopuler untuk hunting foto hewan.

Informasi yang Ditrektori Wisata terima di loakasi, penangkarang  rusa ini dikenal dengan nama Cariu, karena dulunya berada di kecamatan Cariu, Bogor, Jawa Barat. Namun setelah pemekaran wilayah, kawasan wisaa ini dikenal dengan Tanjungsari.

Untuk sampai ke tempat penangkaran rusa kami harus berjalan melalui hutan lindung. Konon kawasan ini dikelola oleh perhutani. Lahan yang seluas lebih 3.000 hektar. ini hanya 5 hektar saja yang digunakan untuk penangkaran rusa di tempat ini.

Lanjut……
Penangkaran rusa Bogor ini didirikan sejak tahun 1984, sdangkan pada tahun 1993 kawasan ini baru menjadi hutan lindung.. Dan baru dijadikan tempat penangkaran rusa sejak tahun 2002 lalu. Di dalam area wisata ini, kita dapat menemukan papan informasi yang terpampang di  luar, sehingga kita akan mudah mengetahui jenis-jenis rusa yang ada di kawasan penangkaran yang di sini.

Wisata Di Wana Penangkaran Rusa Bogor

Setelah melalui jalan setapak dengan berbagai medan hutan lindung yang terdapat di dalam area yang menghantarkan perjalanan kita dengan jarak +/- 250 meter dari pintu gerbang hingga ke lokasi menara penangkaran yang ada di dalam.

Di menara penangkaran rusa ini kita bisa menyaksikan rusa sambil memberi makan rusa dari dekat. Kita bisa dapatkan umpan untuk makanan rusa berupa ubi yang disediakan oleh petugas di lokasi dengan harga Rp.5.000,-. / bungkus.

Saat kami berkunjung di lokasi, konon ada sekitar 70 rusa yang ada di penangkaran ini. Rusa-rusa di sini di dataangkan dari beberapa daerah seperti Ranca Upas Bandung, Blitar, Surabaya, dan Bogor. Populsi rusa terbanyak di penangkaran ini adalah jenis rusa Jawa., rusa endemik Indonesia ini diperkirakan dari Jawa dan Bali yang jumlahnya kini mencapai 50 ekor.

 
Rusa Totol Penangkaran Rusa Bogor

Sedangkan untuk populasi rusa yang sedikit di tempat ini adalah rusa jenis totol yang hanya berjumlah 7 ekor .Rusa-rusa di sini diberi makan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Sementara obat cacing rutin diberikan 3 bulan sekali kepada rusa-rusa ini.

Penangkaran rusa ini di buka untuk umum atas permintaan masyarakat. untuk dijadikan tempat wisata konservasi fauna di Bogor yang bisa dijadikan sarana liburan dan edukasi.

Keistimewaan di tempat penangkaran rusa Bogor ini, kita bisa langsung berinteraksi dengan rusa tanpa batas, karena hewan rusa-rusa ini tidak membahayakan bagi kita, jadi aman untuk bermain dekat dengan rusa di lokasi ini.

Untuk membedakan rusa jantan dan betina, informasi yang Direktori Wisata terima bisa dilihat dari keberadaan tanduknya. Untuk rusa jantan memiliki tanduk, sedangkan yang betina tidak bertanduk. Semakin panjang dan kokoh tanduk rusanya, maka semakin dewasa usianya.

Bila kita ingin berkenalan dengan rusa, ada tekhniknya senidiri yaitu dengan menyentuh pungung rusa terlebih dahlulu. Dan yang harus dingat di sini adalah bila kita ingin memberi makan rusa saran kami berhati-hati saja dan jangan membawa plastik didekatnya. 

Karena rusa akan terus melihat dan mengejar kita yang disangkanya kita membawa makanan banyak makanan untuk mereka. Dan rusa masih mengira bahwa kita masih memiliki makanan untuknya. Jika memang makanannya sudah habis, kita tinggal angkat tangan dan lambaikan di depan rusa.

Maka rusa tersebut akan mengerti kalau makanannya telah habis. he,, he, he,  lucu ya…. rusa aja bisa ngerti bahasa isyarat manusia, masa kita tidak bisa mengerti bahasa isyarat manusia sih ? ha,, ha,, ha,,

Untuk menuju lokasi obyek wisata wana penangkaran rusa Bogor kita bisa menggunkan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mengikuti jalur jalan yang terdapat dalam peta di bawah ini.

Di lokasi wana penangkaran rusa Bogor ini kita juga bisa piknik, seperti teman-teman saya yang lainnya bersama keluarga. Dekat dengan alam tanpa kehilangan waktu berkualitas bersama dengan keluarga.

Namun di tempat wisata Bogor ini, tetap saja kita bermain dengan rusa. Waktu bergulir tidak terasa bermain dengan rusa-rusa di sini hingga membawa kami ke suana sore hari, dan kami pun harus bergegas kembali.

Alasan kami berlibur di tempat ini dengan satu alasan yang sama tentunya, yaitu kami bisa bermain bersama rusa, dan yang tterutama bagi kami buah hati jadi senang, karena mereka dapat bermain bersama rusa di tempat ini. Yuk kita ke tempat wisata Indonesia lainnya.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :