Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sumatera / Lampung / Wisata di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Wisata di Taman Nasional Way Kambas Lampung

 

Menyaksikan Pesona Wisata Konservasi Alam di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Direktori Wisata – Taman Nasional Way Kambas Lampung tempat wisata konservasi alam liar nan eksotis.

Lampung tidak hanya dikenal dengan wisata alam pantainya yang indah, namun kawasan daerah ini juga memiliki sebuah sarana tempat penangkaran dan pelatihan bagi satwa gajah yang berada di Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Way Kambas  yang berada di Lampung ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah yang pertama ada di Indonesia.

Menurut informasi, pada awalnya lokasi ini bernama Pusat Latihan Gajah (PLG), dan sejak beberapa tahun terakhir ini kemudian namanya berubah jadi Pusat Konservasi Gajah (PKG).

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Pusat Konservasi Gajah yang berada di Lampung ini diharapkan mampu untuk menjadi sebuah pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan juga konservasi.

Sampai sekarang PKG ini sudah melatih lebih dari sekitar 300 ekor gajah yang telah disebar menuju ke seluruh penjuru pelosok negeri Indonesia.

Selain menjadi tempat pelestarian populasi, gajah-gajah liar, Taman Nasional Way Kambas juga melatih beberapa gajah untuk melakukan kegiatan atraksi yang menarik, seperti gajah yang dipergunakan untuk tunggangan berkeliling dan beroperasi di kawasan area tersebut untuk mengangkat kayu, membajak sawah atau pun bermain bola.

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas juga  tempat perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari rawa air tawar, padang ilalang, atau semak belukar.

Karena itulah di lokasi ini kita juga dapat melihat beragam tanaman khas dan puluhan jenis satwa, mulai dari badak Sumatera, reptilia, siamang dan ratusan jenis burung. Karena keragaman hayati dan satwa inilah.

Taman nasional Way Kambas dikenal sebagai salah satu objek wisata yang dikenal banyak wisatawan mancanegara.

Dari peninjaun Direktori Wisata Indonesia, di lokasi Taman Nasional Way Kambas tercatat ada beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisawatan lokal maupun mancangera.

Para wisatawan dapat melihat kepintaran dan kepiawaian gajah dengan beragam atraksi dengan segala aktivitasnya yang menarik dari gajah-gajah Sumatera yang berada di Pusat Pelatihan Gajah Karangsari.

 

Sedangkan dari kegiatan berkemah, para pengunjung ataupun wisatawan dapat melengkepi administrasi dengan mendapatkan surat ijin di kantor penjagaan yang berada di area lokasi Taman Nasional Way Kambas.

Dan bagi sahabat Direktori Wisata yang akan melakukan kegiatan penelitian, kawasan ini juga terdapat tempat penangkarang bagi badak Sumatera yang terdapat di Way Kanan.

Kawasan daerah Way Kanan yang terdapat di dalam Taman Nasional Way Kambas ini telah dilengkapi dengan laboraturium alam yang menarik dan cukup komplit.

Selain itu di lokasi ini pun kita bisa mendapatkan penginapan berupa Resosrt dengan tarif Rp. 200.000 / kamar yang menyediakan paket tour yang menarik untuk diikuti oleh para wisatawan dengan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu motor berkapasitas 6 sampai 7 orang dengan harga yang di bandrol Rp. 750.000,- sampai dengan Rp. 1.500.000,-

Selain kita bisa menikmati petualangan wisata alam, Taman Nasional Way Kambas juga banyak menarik perhatian bagi para pengunjung dan wisatawan yang hobi dengan dunia photography. Jika kita akan mengabadikan gambar foto-foto gajah yang hidup di alam liar, kita bisa melakukannya di lokasi.

Bagi para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia yang akan menginap di penginpan Resort yang berada di Taman Nasional Way Kambas jangan lupa bagun pagi ya…..

Karena setiap pagi hari kita bisa menyaksikan pawang gajah yang melepaskan gajahnya sekitar pukul 6.00 pagi, dan pada waktu tersebut kita bisa menyaksikan para pawanng gajah yang memandikan gajahnya terlebih dahulu sebelum di lepas di alam liar.

Untuk fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di tempat wisata alam Taman Way Kambas Lampung kita bisa dapatkan di tempat Satwa Gajah Eco Lodge yaitu taman bertembok yang ditumbuhi banyak pohon dengan buah-buahan tropis yang jaraknya sekitar 500 meter dari pintu masuk.

Pada lokasi Satwa Gajah Eco Lodge ini kita dapat menemukan empat cottage dengan masing-masing kama yang dapat menampung 4 orang. Kamar ini dilengkapi dengan fsilitas tempat tidur, kipas angin, air panas dan toilet.

Semua sarana cottage yang ada di area ini difasilitasi dengan listrik bertenaga surya. Dan juga di sekitar area penginapan terdapat sebuah restoran yang terbuka dengan menyediakan cukup banyak menu makanan Indonesia dan eropa yang bisa dipesan untuk sarapan untuk memulai aktifitas baru di pagi hari.

Namun saran kami ada baiknya bila kita ingin menginap di Kawasan Taman Nasional Way Kambas kita persiapkan perbekalan seperti makanan dan minuman yang secukupnya.

Bagi para pengunjung dan wisatawan yang akan masuk ke kawasan Taman Nasional Way Kambas diharapkan untuk mengurus surat ijin yang ada di Bandar Lampung ( Balai Konservasi Daya Alam 11 ).

Lokasi kantor ini jaraknya sekitar 1/2 kilo meter dari terminal bus Rajabasa Lama yang letaknya ada di sebelah kiri dengan ikon patung gajah.

Cara Menuju Taman Nasional Way Kambas
Bagi kita yang akan mengunjungi Taman Nasinal Way Kambas Lampung kita bisa menngunakan bus dari Terminal Raja Basa yang ada di Bandar Lampung untuk menuju Way Jepara, kita bisa minta diturunkan di Gajah Batu, Desa Rajabasa Lama.

Setelah kita sampai di Way Jepara kita dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan motor ojek untuk menuju Way Kanan atau ke Pusat Pelatihan Gajah (PLG) yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Way Kambas.

Sedangkan untuk alternatif angkutan umum lainnya dari Bandar Lampungg kita dapat baik bus menuju ke arah Metro, lalu perjalanan dilanjutkan dengan niak bus yang akan menuju Rajabasa Lama.

Kunjungi Kawasan Wisata Alam Liar Taman Nasional Ujung Kulon

Untuk informasi tambahan, bus terakhir yang akan berangkat dari Terminal Bus Rajabas Lama adalah jam 15.00 sore, dan akan lebih baik kehadiran kita sebelum seja tiba, karena bila sudah senja kita akan sulit menemukan tukang ojek atau mereka tidak bersedia mengantarkan kita ke lokasi Taman Nasional Way Kambas.

Kunjungi 10 Wisata Alam Indonesia Terbaik Yang Patut Dikunjungi Saat Berlibur di Indonesia

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau pun motor, darilar Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakahuni lampung kita dapat mengikuti rute perjalanan yang akan mengantarkan ke lokasi Taman Nasional Way Kambas dengan melihat di dalam Goole Map

Sedangkan bila kita dari Bandar Lampung kita bisa mengambil rute Kota Bumi Utara dan mengikuti arah petunjuk marka gambar gajah yang ada di jalan yang kita, rambu tanda tersebut akan menghantarkan kita  untuk sampai di lokasi.

Kunjungi Kepingan Surga Anak Gunung Krakatau Di Selat Sunda Indonesia

Harga tiket masuk Taman Nasional Way Kambas ada dua jenis, yaitu untuk masuk daerah konservasi gajah dan ke Way Kanan Resort dengan biaya Rp. 20.000,- / orang. Dan untuk pergi ke kawasan Way Kanan resort untuk melihat penangkaran Badak Sumatera kita harus mendapakan surat ijin masuk (SIMAKSI) dengan biaya Rp. 30.000,- / orang.

Baca juga : Travel Photography Hasilkan Uang

Sedangkan bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin menginap di Taman Nasional Way Kambas dekat konservasi gajah bisa meminta surat SIMAKSi ke pos penjagaan yang berada di depan. Untuk informasi terbaru dapat menghubungi alamat kantor Dephut: Jl. Raya Way Jepara Labuan Ratu Lama, Lampung Telp. (0725) 44220.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

7 Comments

  1. Kang Indra ikutan naik Gajah nya nggak nih hehehe….
    ternyata sudah banyak ya kang Gajah yg sudah dilatih dan dijinakan di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas Lampung…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau saya tidak naikgajahnya kang, karena untk naik gajahnya harus bayar lagi, biar yang lain saja yang nikmatin naik gajahnya. he,, he,, he,

  2. Pegen ikutan naik gajah 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Yuk ikutan naik gajah di Way kambas Kang.

  3. pernah tahun lalu ke Way Kambas, mempesona banget sayangnya banyak kotoran gajah gede-gede di mana-mana atuh

  4. saya teh tahun lalu pernah ke Way Kambas, mempesona sangat sih, sayangnya banyak bertebaran eo gajah berserakan di mana-mana, saya sempat nginjek sekali

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      ko bisa keinjek kang ? meleng kali ya ? ha,, ha,, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :