Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Di Sanggar Wayang Jagal Bilawa, Ciamis

Sanggar Wayang Jagal Bilawa:: Tempat Wisata Budaya Dari Dalang Rojikin Supriadi

Direktori Wisata. – Sanggar Wayang Jagal merupakan tempat wisata budaya tradisional rumah produksi perajin wayang golek. Di lokasi ini kita banyak belajar tentang kearifan lokal dari wayang golek dari seorang dalang sekaligus pelaku seni tardisional wayang golek KangĀ  Rojikin Supriadi.

sanggar Wayang Jagal Bilawa Rojikin Ciamis

Ciamis, tidak hanya dikenal dengan tempat wisata alam pantai atau pun pengunungan yang indah. Namun, bila kita perhatikan lebih jauh kawasan Ciamis memiliki tempat wisata budaya yang selama ini menjdi destinasi wisata yang diminati dan cukup dikenal oleh para wisatawan mancanegara, yaitu salah satunya dalah di tempat wisata budaya wayang golek Sangger Wayang jagal Bilawa, Ciamis yang berlokasi di Jalan Raya Cijulang km, 12 Rt:001/005 belakang Pasar Cibenda, Kecamatan Parigi, Ciamis, Jawa Barat.

Sanggar Wayang Golek Ciamis Jawa Barat

Dari pengalaman Direktori Wisata mengunjungi sanggar ini. Walau terdapat di bilangan rumah desa yang sangat sederhana, sang pemilik Kang Rojikin Supriadi ini menyimpan koleksi wayang goleknya di sana cukup lengkap. Dibantu dengan para karyawannya yang tidak lain dan bukan adalah kerabat dekatnya. Wayang Golek yang ada di sanggar iniĀ  merupakan hasil produksi sendiri. Selain menjadi perajin dan kolektor wayang golek, Kag Rojikin juga merupakan seorang dalang yang andal.

sanggar-wayang-jagal-bilawa-ciamis

Melalui sanggar wayang golek ini, selain melihat deretan wayang yang bersandar di tembok dalam rumah, kita juga dapat menyaksikan cara pembuatan wayang golek di studio pembuatan yang berada di area luar rumah Kang Rojikin. Di sini para perajin wayang berkerja dengan mengolah kayu lame yang merupakan bahan dasar untuk membuat tubuh boneka. Menut informasi Kang Rojikin, “Kayu-kayu ini dipilih karena mudah dibentuk dan diukir”.

sanggar-wayang-golek-ciamis-rojikin

Kayu-kayu tersebut dipotong dan dibentuk menjadi potongan kepala, tangan, dan tubuh. Lalu diberi warna dasar putih, dan kemudian dicat warna warni mengikuti alur ukirannya sampai terlihat hidup. Sambil menunggu kering, para perajin wayang golek ini mulai membuatkan pakaian lengkap dengan manik manik penghias tokoh-tokoh wayang tersebut. Dengan menyatukan semua elemen yang dibuat secara terpisah menjadi sosok wayang golek yang utuh adalah langkah terakhir dari proses pembuatan wayang goleng tersebut. Setalah itu wayang golek siap dimainkan.

sanggar-wayang-golek-ciamis

Melihat dan memperhatikan rangkaian proses pembuatan dari wayang golek itu menunjukan perlunya ketelitian yang tinggi. Direktori Wisata bersama rekan-rekan yang hadir di Sanggar Wayang Jagal Bilawa ini semua terkesima melihat penciptaan yang dimulai dari sebongkah kayu menjadi boneka hidup di tangan sang dalang yang pandai memainkan hasil karya kreativitasnya.

Baca juga : Wisata Edukasi Pembuatan Kerupuk, Pangandaran

Dari apa yang kami perhatikan Kang Rojikin tidak hanya sekedar mempromosikan hasil karyanya. Namun, ia juga berupaya menjawab dari setiap pertanyaan dari para wisatawan yang hadir di lokasi ini dengan jawaban yang antusias. Karena penerimaan beliau yang ramah kepada para pengunjung di sanggar wayang ini, kami pun mersakan seperti belajar tenang wayang golek di rumah sendiri, walau kami sebenarnya sedang melakukan perjalanan wisata di Sangar Wayang Jagal Balawa, Ciamis.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :