Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Di Rumah Kerajinan Batik Jakarta

Wisata Di Rumah Kerajinan Batik Jakarta

Mengenal 2 Tempat Rumah Produksi Batik Betawi Yang Ada Di Kota Jakarta

Direktori Wisata – Rumah produksi pembuatan batik Betawi di beberapa kawasan sentra batik motif betawi yang ada di Kota Jakarta.

Batik Indonesia telah dikenal di masyarakat luas sejak bahkan di dunia internasional. Sejumlah wilayah di Indonesia seperti Solo yang terkenal dnegan batik Laweyannya, Pekalongan, Yogyakarta serta di beberapa daerah yang dikenal sebagai sentra kerajinan Batik.

wisata-rumah-batik-jakarta.

Dan UNESCO telah resmi menyatakan bahwasanya batik menjadi warisan budaya Indonesia pada tahun 2009 lalu. Karena kain batik banyak dihasilakan dan digunakan di Indonesia.

Tidak kalah menariknya hasil batik dari Jakarta juga terdapat beragam motif kerajinan yang dihasilkannya. Jakarta termasuk salah satu sentra penghasil batik, walau belum tua seusia daerah lainnya. Kerajinan batik Jakarta cukup memiliki keunikan dan perkembangannya cukup mengalami pasang surut.

Sabagai ciri khas dari batik betawi adalah berwarna cerah, batik betawi sendiri ada yang di produksi dengan tangan  menggunakan canting atau yang sering disebut dengan batik tulis, dan ada pula yang batik cap. Untk pengerjaan batik tulis dan batik cap tentu berbeda, itu pun tergantung daari motif dan tingkat kesulitannya. Dan bisanya batik tulis harganya lebih mahal daripada batik cap itu sendiri.

Mengisi liburan dengan berbelanja di Jakarta kita tidak hanya bertandang ke sebuah pasar atau pun mall. Salah satu tempat wisata belanja sekaligus edukasi untuk batik betawi kini bertebaran dan mulai berkembang di kawasan Kota Jakarta. Bahkan yang menarik dengan konsep wisata ini adalah kita bisa ikut mengenalkan dan melestarikan seni dan budaya batik betawi secara kreatif,inovatif, dan informastif dengan salah satunya kita bisa hadir di tempat wisata centra pembuatan batik betawi yang ada di Jakarta.

Berikut merupakan sentra batik betawi yang bisa dikunjungi pada saat kita berlibur di Jakarta

Rumah Batik Betawi Jakarta:: Terogong

Rumah Batik Betawi Terorogong merupakan salah satu sentra batik Jakarta yang berlokasi di kawasan Terogong, Cilandak, Jakarta Selatan. Konon centra batik yang ada di lokasi ini digerakan oleh para kaum ibu. Kelompok ibu-ibu dari berbagai latar belakang di kawasan ini beberapa tahun terakhir menekuni kegiatan membatik.

Batik Betawi Terogong Jakarta

Batik dari hasil Terogong ini memiliki motif dan corak berbeda dengan batik-batik yang ada di daerah lainnya. Sesuai namanya batik Betawi, tentunya corak dan motif batiknya pun sesuai dengan budaya Betawiseperti ondel-ondel, abang none, pengantin betawi, tancidor serta banyak lagi.

Tidak hanya itu, Batik Betawi Terogong juga memiliki perbedaan dengan motif batik betawi yang berasal dari daerah lainnya yaitu motif batik buah mengkudu dan buah ceremai, Konon motif batik kedua buah itu merupakan buah yang menjadi ciri khas dari kawasan Terogong itu sendiri.

Untuk harga jual batik cap di lokasi centra batik  Terogong Cilandak sendiri antara Rp. 200.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- pepotong untuk batik cap. Sedangkan untuk untuk bahan sutera bisa di tas Rp 1 juta tergantung dari jenis motif, banyaknya warna dan jenis bahan.

Cara mengunjungi Rumah Batik Betawai di Terogong Jakarta, sahabat Direktori Wisata dapat mengikuti rute jalan yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah ini ya.

Rumah Batik Jakarta:: Palbatu Tebet

Kampung Batik atau centra rumah batik Jakarta yang berada di kawasan Palbatu Tebet Jakarta Selatan merupakan sebuah perkampungan yang terletak di Jakarta. DI wilayah kawasan Palbatu Mentang Dalam terlihat lebih unik, karena jalan dan rumah-rumah warga  di kampung ini dihiasi beragam gambar batik. Kawasan ini sejak 2011 Kampung Palbatu telah dinobatkan sebagai Kampung Batik di Jakarta.

Tidak hanya menjual batik kawasan ini juga dibuat sebagai tempat pelatihan batik di Jakarta. Dan daerah ini menjadi salah satu tempat wisata edukasi batik yang ada di Jakarta.  Konon infromasi yang Direktori Wisata dapatkan, pada awalnya warga setempat mendapatkan pelatihan membuat batik yang didatangkan langsung para khali batik dari Cirebon. Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta oleh pemerintah setempat.

Batik Batawi Palbatu Jakarta

Setelah berlatih secara intensif selama +/- 2 tahun, kini warga Kampung Batik Palbatu dapat memberikan pelatihan membatik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk belajar membatik di kawasan Kampung Batik Palbatu Tebet kita dikenakan biaya Rp. 93.000,- / orang untuk 3 jam atau Rp. 300.000, / orang untuk empat jam.

Kita bisa melihat hasil produksi batik yang berada di ruang pamer Kampung Batik Pallbatu Tebet ini, dan hampir semua hasil batik warga Palbatu dijual di sini. Ciri khas dari batik Betawi dari Palbatu Tebet adaah adanya gambar topeng dan kembang api pada kain batik yang dihasilkannya.

Untuk menuju ke lokasi rumah batik betawi di Palbatu jakarta, sahabat dapat mengikuti jalur akses yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah.

Wisata di rumah Batik Jakarta disamping kita bisa mengetahui jenias motif batik betawi yang ada di Kota Jakarta dengan segala keunikan dan ciri khasnya tentu kita juga bisa banyak belajar mengetahui proses pembuatan batik betawi itu sendiri.

Dengan berkembangnya suatu perkampungan budaya yang menyokong hasi produksi lokal warga yang ada di Jakarta, tentu saja kita berharap agar batik betawi dapat berkembang mensejajarkan hasil produknya menyamakan dengan hasil produk bati Indoneia lainnya, khususnya paa warga Betawi dan pada umumnya warga penduduk Jakarta itu sendiri.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. Kita harus bangga ya mas bisa punya batik. Soalnya membuat batik itu sendiri sangat susah. Hidup batik Indonesia hehe

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Mudah-mudah batik betawi bisa menjadi tuan rumah di Kotanya sendiri ya mba 😀

  2. Sebenarnya adaide untuk menggabungkan antara batik dan seni grafiti mas tapi sayangya terkendalawaktu yang sempit ni.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benr Kang Jum, di Pallbatu juga ada beberapa lukisan seerti itu di sana, kayanya kita jadi di bawa ke are tempat kampung yang kretif jadinya. 😀

  3. batik itu terkenalnya indonesia ya mas, cuman kalo batik jakarta ini say baru tau nih mas, hampir setiap daerah indonesia punya ciri khas batik sendiri ya mas 🙂

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar mas, setiap daerah di Inodnesia hampir rata-rata memiliki motif batik tersendiri dan hebatnya tidak kalah bagus ko dengan yang lainnya. Malah orang luar negeri saja senang dengan batik Indonesia.

  4. Belum familiar dg batik betawi.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :