Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata di Pura Taman Ayun Badung Bali

Eksotisme Wisata Alam Pura Taman Ayun di Badung Bali

Direktori Wisata. – Pura Taman Ayun merupakan salah satu tempat wisata religi Bali yang berlokasi di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

pura-taman-ayun-bali

Tempat wisata Pura Taman Ayun berada di atas danau Bedugul, Bali ini lokasinya berada di atas ketinggian 1,239 mdpl. Hal ini menjadikan pura menjadi tempat wisata Bali yang memiliki latar belakanga alam pegunungan yang indah.

Konon menurut informasi pemandu wisata Bali yang di terima oleh Direktori Wisata, taman ini menjadi salah satu dari taman Kerajaan Mengwi yang merupakan 8 kerajaan yang berada di Pulau Bali.

pura-taman-ayun-bali

Lanjut informasi tentang Pura Taman Ayun,
Pura Taman Ayun ini di bangun pada masa Raja Mengwi pertama yang bernama I Gusti Agung Putu pada tahun 1634 M. Konon dulunya Pura Pura Taman Ayun bernama Pura Taman Genter. Dan yang menyebabkan pura ini dibangun pada saat waktu itu karena Kerajaan Mengwi menggunakan pura ini sebagai tempat penghormatan para leluhurnya,

[the_ad id=”13726″]

Namun karena kondisi kerajaan yang terus berkembang menjadi besar, maka pura ini pun terus diperlebar demi menampung masyarakat yang melakukan ritual persembahan yang di lakukan di Pura Taman Ayun. Hingga sekarang Pura Taman Ayun ini telah mengalami perbaikan kondisi selama 4 kali yang cukup besar akibat gempa bumi.

pura-taman-ayun-bali

Pada saat Direktori Wisata memasuki tempat wisata Pura Taman Ayun, Bali terlihat empat ruang pelataran, dan tiga ruang  pelataran bagian dalam dan satu ruang bagian lainnya yang berada di luar dengan gapura besar yang akan menghantarkan kita melewati kolam dengan sebuah jembatan dan beberapa arca yang menghiasi sisi kiri dan kanan yang berada di atas jembatan, sedangkan pelataran yang berada di bagian luar kita juga dapat memenukan sebuah pesanggrahan yang digunakan sebagai tempat berisitirahat.

pura-taman-ayun-bali

Lanjut…….
Dari bagian pintu gapura dan jembatan pelataran dari Pura Taman Ayun, Bali yang merupakan bagian dalam pura pertama. Di lokasi ini kita pun dapat menemukan ruang pertemuan yang biasa digunakan untuk pertunjukan seni tradisional.

pura-taman-ayun-bali

Dan bila kita lanjut menelusurinya kita akan menemukan 9 pancuran air yang tersebar di bagian dalamnya. Menurut informasi, dalam kepercayaan Hindu-Bali, ada 9 mata air tersebut yang menuju 9 penjuru mata angin sebagai manisfestasi bagi “desata nawa sanga”. Dan untuk bagian dalam juga terdapat sebuah parik raksasa buatan yang terhubung dengan aliran sungai.

Baca juga : Wisata Candi Gunung Kawi di Gianyar Bali

pura-taman-ayun-bali

Di bagian dalam Pura Taman Ayun, Bali juga terdapat parit raksasa buatan yang terhubung dengan sebuah lairan sungai, pada bagian tengahnya kita  dapat menemukan sebuah komplek pura yang berjajar dengan ukuran pura yang tidak begitu besar dan komplek pura ini disebut sebagi pura luhuring purnama.

[the_ad id=”13726″]

Baca juga : 5 Wisata Ubud Bali Yang Menarik Dikunjungi Wisatawan Saat Mengisi Liburan

Untuk Pura Taman Ayun, Bali kita dapat mengambil jalur menuju jalan Raya Lukluk hingga sampai di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang berjarak +/- 17 km dari Kota Denspasar atau jarak tempu wkatu +/- 40 menit dengan menggunakan kendaraan mobil. Jalur jalan alternatif menuju obyek wisata Pura Taman Ayun bisa dilihat di Peta.

[arve url=”https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m8!1m3!1d3945.5546787736807!2d115.17212600000002!3d-8.542539!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2dd23b90db7a4001%3A0xaf262ff28fc4caed!2sPura+Taman+Ayun!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1425219436064″ mode=”normal” align=”center” promote_link=”yes” /]

Tempat Wisata Pura Taman Ayun Bali  bukan hanya menyajikan pemandangan alam eksotis namun kita juga dapat mengisi perjalanan liburan yang mengasyikan. Dengan mengenal obyek wisata alam Bali yang asri yang ditumbuhi tananaman dan tumbuhan pepohonan nan hijau yang tertata rapih di sekitar pinggir danau alam yang indah nan cantik yang akan memanjakan dan membuat perjalanan wisata di Bali kita akan merasakan aman dan nyaman di sekitar Pura Taman Ayun, Bali.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :