Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Sumatera / Berastagi / Wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

Wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Berastagi

 

Menikmati Nuansa Myanmar di Objek Wisata Pagoda Taman Lumbini

Direktori Wisata. – Pagoda Taman Lumbini bernuansa Tiongko merupakan tempat ibadah umat Budha, sekaligus dibuka untuk umum sebagai salah satu ikon wisata yang berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Sumatera Utara.

pagoda-taman-tumbini-berastagi

Bangunan Pagoda Taman Lumbini ini berdiri kokoh cantik, indah, dan megah dengan warna cat yang menyerupai warna emas. Di lokasi wisata ini kita dapat menemukan beragam keindahan arsitektur khas Myanmar.

Bangunan pagoda Taman Lumbini Berastasi menjadi tertinggi ke-3 yang ada di dunia diantara bangunan pagoda sejenis yang berada di luar Myanmar.

Hal ini bisa Direktori Wisata lihat dari desain bangunan arsitekturnya yang mengadopsi gaya etnik pagoda Shwedagon di Myanmar.

holy-drum-pagoda-lumbini-brastagi

Terlihat di halaman depan pagoda sebuah holy drum yang merupakan salah satu alat kebaktian umat Budha.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, holy drum tersebut tidak boleh sembarangan dibunyikan. Tentunya hal ini membuat kami bertanda tanya kenapa tidak boleh ?……

Informasi dari pemandu wisata lokal kepada Direktori Wisata, hal tersebut dikarenakan mereka meyakini pada saat alat tersebut dibunyikan, maka arwah jahat dan arwah baik akan datang. Maka daripada itu holy drum hanya boleh dibunyikan pada saat kebaktian berlangsung.

 
gulungan-kitab-suci-pagoda-lumbini-brastagi

Perjalanan selanjutnya beralih ke lokasi lain yang masih terdapat di halaman depan pagoda, kita akan menemukan sebuah patung gajah putih dan tempat gulungan kitab suci yang berjajar rapih dengan warna emas.

Konon menurut informasi yang diterima Direktori Wisata Indonesia, gulungan tersebut yang diyakini oleh umat Budha bila diputar searah dengan jarum jam, maka ia akan menebarkan kebajikan.

ukiran-pintu-masuk-pagoda-taman-tumbini-brastagi

Memasuki kawasan dalam Pagoda Taman Lumbini, di depan pintu utama kita akan disambut dengan pintu desain nan etnik hasil pahatan seniman dari Myanmar.

Hasil desain yang unik dan bernilai seni tinggi ini akan menyambut kehadiran kami di depan pintu utama pada saat kita akan masuk di dalam ruang pagoda ini.

pagoda-taman-lumbini-berastagi

Melangkah di dalam pagoda, sahabat Direktori akan menemukan empat buah rupang Budha yang mulia.

Patung Budha ini terbuat dari giok yang langsung dibawa dari Myanmar, yang di depannya terdapat deretan lilin-lilin kecil yang berada di atas meja untuk memanjatkan doa bagi umat Budha.

pagoda-taman-lumbini-berastagi-medan

Layaknya seperti Pagoda Shwedagon, Pagoda Taman Lumbini juga menyimpan banyak relik yang merupakan sisa-sisa abu pembakaran orang sui yang disimpan di bagian atas pagoda.

Selain itu kita juga dapat menemukan lilin-lilin raksasa hiasan yang terdapat di dalam pagoda yang mengelilingi setengah lingkaran. Lilin-lilin tersebut berada di tengah ruangan dalam pagoda.

lilin-raksasa-pagoda-taman-lumbini-brastagi

Menurut informasi yang Direktori Wisata terima, walau masuk ke dalam area Pagoda Taman Lumbini gratis, pihak pengelola akan menerima dengan lapang sumbangan dari para donatur atau pun pengunjung sumbangan untuk pemeliharaan dan perawatan Pagoda Taman Lumbini, Brastagi.

Kunjungi Kemegahan Vihara Shaolin di Pantai Tikus Pulau Bangka

Dan sebagai bentuk penghargaan kepada para pengunjug yang telah memberikan sumbangan kepada pagoda ini, maka namanya akan ditulis dalam lilin raksaa tersebut.

pagoda-taman-lubmini-berastagi-medan

Setiap harinya pagoda ini tidak pernah sepi dengan para pengunjung, apalagi pada akhir pekan dan hari libur. Mereka yang datang, tidak hanya skedar melihat-lihat kebagian dalam dan sekeliling pagoda, namun banyak juga yang menuliskan sebuah harapan yang ditulis dan diletakkan “wishing tree” atau pohon harapan.

Baca juga : Wisata di Desa Lingga Panorama Rumah Tradisional Batak karo Nan Eksotis

Untuk menuju Pagoda Taman Lumbini dari Kota Medan kita hanya membutuhkan waktu perjalanan 2,5 – 3,5 jam dengan menggunakan kendaraan mobil, itu tergantung dari kondisi dan keadaan jalan.

Pemandangan indah di kawasan Brastagi akan mengiringi perjalanan kita hingga sampai di lokasi setelah melalui perkebunan strawbery yang terhampar luas, kita akan mlihat sebuah menara tinggi berwarna cat emas pagoda dari kejauhan.

Cari tahu Manfaat dan Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Wisatawan Mengisi Liburan

Wisata Di Pagoda Taman Lumbini, Brastagi kita bukan hanya di ajak jalan-jalan melihat kemegahan sebuah rumah peribadatan, namun kita dapat juga melihat sebuah kemegahan dari produk seni kerajinan dan keyakinan dari bangsa Myanmar dari dekat di lokasi ini.

Untuk sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan mengunjungi Pagoda Lumbini ini, kalian dapat mengikuti jalan rute yang terdapat di dalam peta yang ada di bawah. Kalian bisa langsung menggunakannya secara online untuk menuju ke lokasi dari titik keberangkatan.

Semoga catatan perjalanan wisata di Pagoda Taman Lumbini di kawasan Brastagi Sumatera Utara ini dapat memberikan sebuah gambaran kepada para sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata untuk memberikan sebuah alternatif pilihan destinasi wisata pada saat mengunjungi daerah Sumatera Utara.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

26 Comments

  1. wah bagus banget nih pagodanya mas.didominasi oleh warna emas.
    bila nanti ke sumut wajib mengunjungi tempat ini dah

    • Dominasi warna kuning emas yang sangat mengesankan di Pagda tersebut ya mas… 😀

  2. keren nih mas indra sudah nyampai sumatera barat 😀 benar2 unik dan mengesankan pagoda taman lumbini ini ya mas, semoga suatu saat saya bisa berkunjung kesana 🙂

    salam wisata !

    • mudah-mudahan saja mbak Indri,,siapa tahu ketemu saya disana yah hehehe

  3. btw mas ini kerjanya keliling dunia ya? setiap update tentang wisata terus … hihihihi komentar OOT

    • Kalau saya updatenya bukan tentang wisata bukan di Direktori Wisata mas, dan memang kebetulan saya senag keliling wisata, apalagi kalau ada yang bayarin alias gratis. Jadi enakkan jalan-jalannnya. he,, he,, he,, 😀

  4. WAW Indah di luar megah didalam luarbiasa Pagoda yang satu ini,,,,

    • Jangankan kang Dede, dalam kondisi mendung dan hujan saja Pagoda ini tetap terlihat indah dan megah ko sama saya. 😀

  5. Wah sudah kaya di Thailand ya Bangunannya yang indah dan sangat menawan dalam sudut pengambilang gambar yang bagus sekali. Saya tertarik pada lilin lilin raksasa nya. Sudah pasti mahal dan berat sekali ya

    • Itu lilin dari lampu Kang, kalau diangkat sendiri ya lumayan berat juga sih. Tapi ini beneran di Indonesia loh, bukan di Thailand Pagodanya. 😀

  6. Baru tahu kalau di Brastagi ada pagoda 😀

  7. Nuansanya setara kayak di bangkok ya mas, di tambah kalo pingin liat pagoda gak perlu jau2 lagi pergi kesana 🙂

    • Benar gan, apalagi di kawasan Brastagi kan juga memiliki kawasan destinasi yang indah dan bagus. Pokonya Indonesia itu indah, masa wisatawan asing yang tergila-gila jalan-jalan ke indonesia, kita sendiri malah ke negeri orang jalan-jalannya. 😀

  8. berastagi adalah tanah kelahiran saya .. taman lumbini ini berlokasi di desa tongkoh.. berwisata di taman lumbini seakan-akan kita mengunjungi thailand..

    setiap perayaan waisak rame sekali dikunjungi oleh umat budha.. 500 m dari taman lumbini ada wisata hutan TAHURA (taman hutan raya) ..

    • Benar gan, apalagi kalau bisa main di kebun strawberry-nya, bisa sambil petik buah yang manis sambil menikmati kemegahan bangunan pagoda dari jauh ya gan…

      • itu belum lagi mengunjungi kebun jeruk petik sendiri mas…

        • Benar mas, dengar-dengar si ada di dekat kawasan ini kebun jeruk ang dapat metik sendiri, nanti kalau sempat saya mampir ke sana. 😀

  9. Pagodanya baguus.weleh weleh jalan jalan dan gratis? Pengiiiin.bagi tips dong biar bisa gratisan.dikeplak mas Indra 🙂

      • keren mas bro jadi pengen kesana ini kapan gw kesana yaa kuliah mulu parah2 asli hehehe

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :