Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Wisata di Museum Nasional Indonesia Jakarta

Wisata di Museum Nasional Indonesia Jakarta

Menjelajah Museum Nasional Indonesia di Jakarta

Direktori Wisata – Destinasi liburan di tempat wisata Museum Nasional Indonesia yang menampilkan berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang menjadi tempat liburan mengasyikan.

Bebagai destinasi liburan yang di tawarkan di Ibukota Jakarta menyajikan bentuk pilihan yang bisa kita datngi, bahkan sekarang ini keberadaan sebuah museum menjadi salah satu destinasi wisata Jakarta yang mulai banyak dilirik peminatnya dari kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Museum Nasiona Indonesia Jakarta

Jika sahabat Direktori Wisata ingin membawa keluarga untuk mengisi liburan akhir minggu dan libur nasional, tidak ada salahnya sesekali kita berkunjung ke museum. Selain obyek wisata memiliki kawasan yang menarik untuk dikunjungi, bahkan kita dapat menambah ilmu pengetahuan. Salah satu museum di Jakarta yang bisa kita kunjungi adalah Museum Nasional indonesia yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat No.12,Kota Jakarta Pusat.

Museum Nasional Indonesia atau yang sering disebut sebagai musem gajah Jakarta ini berdiri sejak 28 April 1778. Bangunan museum ini terlihat bergaya arsitektur kolonila Belanda yang megah. Memasuki kawasan museum ini seakan membawa pikiran kita untuk mengunjungi masa lampau.

Dengan membayar tiket masuk Museum Nasional Indonesia sebear Rp. 5.000,- / orang untuk dewasa dan Rp. 2.000,- / orang untuk anak-anak. Kita sudah dapat menjelajahi seluruh isi museum terbesar di Asia Tenggara ini. Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, museum ini memiliki sekitar 141.000 koleksi benda-benda bersejarah yang dimiliki oleh Museum Nasional Indonesia di Jakarta ini.

Untuk area Museum Nasional Indonesia ini terbaggi menjadi 2 (dua) bangunan,  Pada bangunan gedung A terbagi menjadi 4 ruangan besar yang berisi peninggalan sejarah yang berbeda-beda. Pada saat Direktori Wisata memasuki ruangan pertama, kami memasuki sebuah ruangan yang berisi benda-benda yang berupa etnografis Indonesia di tempat wisata heritage yang menarik ini.

Perahu Kayu Masyarakat Papua

Pada ruangan etnografis di Museum Nasional Indonesia ini kami menemukan beragam artefak dari penjuru Indonesia yang bisa kita temukan di dalam ruangan ini. Gamelan Jawa serta gamelan khas Bugis terlihat tertata apik di dalam ruangan ini. Selain itu ada pula ikon etnogafis Papua berupa perahu kayu yang digunakan oleh penduduk Papua pada jaman tersebut.

Beralih ke ruangan selanjutanya yang berada di Gedung A Museum Nasional Indonesia, kita menuju ruangan yang berisikan koleksi benda-benda keramik.  Di dalam ruangan ini kami dapat menyaksikan pajangan aneka keramik dari berbagai periode sejarah yang dapat kita saksikan di setiap lemari yang tertat di dalam ruangan ini.

Tidak kalah menarik dari koleksi yang terdapat di dalam ruangan lainnya. Di sisi lain ruangan tekstil pun, kita dapat menjumpai berbagai pajangan kain tenun khas Indonesia dari setiap daerah yang disetai dengan keterangan yang dapat membantu kita untuk menambah pengetahuan.

Ruangan Gedung B Museum Nasional Indonesia

Sedangkan untuk lokasi area Gedung B di Museum Nasional Indonesia, kita pun dapat menyaksikan koleksi barang-barang yang bernilai sejarah dari jaman purba hingga jaman kemerdekaan. Memasuki kawasan area di dalam gedung B, akan terasa lebih nyaman, karena sarana dan fasilitas penunjang di dalamnya lebih terlihat modern yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, eskalator, liff, serta ruangan audio visual yang dapat dinikmat setiap pengunjung yang hadir di museum ini. Menelusuri kawasan gedung B Museum Gajah ini pun tidak kalah serunya dengan area yang terdapat di Gedung A.

Gedung B Museum Nasional Indonesia ini terlihat lebih bergaya modern dari gedung yang lama yang di dalamnya memuat benda-benda bersejarah yang tidak ternilai harganya. Dimana di dalam area gedung tersebut terdapat 4 lantai yang menceritakan tentang masa sejarah yang berbeda. Dan yang harus diingat pada saat kita mengunjung lokasi pada lantai ke-4 Gedung B, kita tidak diperkenankan untuk mengambil dokumentasi foto maupun video.

Untuk menuju lokai Museum Nasional Indonesia sangatlah mudah, karena lokasinya berada di jantung pusat Ibukota Jakarta yang tidak jauh dengan Stasiun Gambir dan juga berseberangan dengan Monas, maka lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan prbadi maupun angkutan umum yaitu Busway Koridor 1 jurusan Bllok-M – Kota. Informasi letak persis museum ini bisa dilihat di dalam peta.

Melakukan perjalanan liburan akhir pekan di Jakarta dengan mengunjungi Museum Nasional Indonesia, seakan kita diajak menjelajah dengan menggunakan mesin waktu yang dapat memberikan sensasi tersendri bagi kita yang berlibur di tempat wisata Jakarta yang mengandung nilai sejarah dan eduktif. Karena di lokasi seperti inilah,  kita banyak menambah pengetahuan baru yang tadinya kita tidak ketahui menjadi lebih banyak tahu,

Semoga info tempat wisata Jakarta ini bisa menjadi alternatif liburan sahabat Direktori Wisata bersama keluarga dan teman saat mengisi liburan akhir minggu atau pun liburan akhir tahun saat berkunjung di Ibukota Jakarta.

Selamat menikmat liburan di Jakarta dengan objek wisata sejarah yang menyajikan beragam destinasi musem di jakarta dengan membuka dan membuat kita lebih banyak mengetahui arti dan nilai sejarah bangsa Indonesia di Museum Nasional Indonesi jakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :