Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Wisata Di Masjid Soko Tunggal Jogja

Wisata Di Masjid Soko Tunggal Jogja

Menyusuri Filosofi Hidup Dan Sejarh Di Masjid Soko Tunggal Jogja

Direktori Wisata. – Masjid Soko Tunggal Jogja letaknya berada di depan pintu masuk obyek wisata Taman Sari , dan posisinya pun tidak jauh dari komplek Keraton Yogyakarta.

masjid-soko-tunggal-jogja

Berlibur di Kota Yogyakarta kita dapat mengunjungi sebuah situs bangunan masjid tua yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Walau terlihat tua, Masjid Soko Tunggal Jogja ini masih sering digunakan masyarakat setempat dan para wisatawan untuk melakukna ritul ibadah serta kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini nampak pada dinding papan pengumuman yang tertulis yang berisikan segala aktifitas sholat Jumat dan juga kegiatan ke agaman lainnya.

Keistimewaan bangunan Masjid Soko Tunggal Jogja ini terdapat pada soko guru atau yang sering disebut tiang yang menjadi penyanggah utama bangunan masjid tua yang bernilai sejarah ini. Tiang penyanggah masjid utama hanya ada satu buah dan terlihat dengan jelas bahwa tiang tersebut ditopang dengan batu penyangga.

masjid-soko-tunggal-jogja

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, Masjid Soko Tungga Jogja merupakan peninggalan masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokro Kusuma dari Kerajaan Mataran Islam. Dengan desain arsitekrut yang berbetuk Joglo Jawa. Dan keunikan lainnya yang berada pada masjid ini dibangun tanpa mengunakan paku.

Bila kita perhatikan lebih jauh, bangunan Masjid Soko Tunggal Joja ini syarat dengan makna. Bila kita perhatikan di tengah ruangan dalam masjid akan terlihat 4 buah Soko Bentung dan 3 buah Soko Guru. Semuanya berjumlah 5 buah yang merupakan lambang negaraΒ  Indonesia yaitu Pancasila dan juga lambang dari rukun Islam. Makna yang tersirat lebih dalam lagi bahwa Sokoguru di masjid ini merupakan perlambang bahwa keberadaan Tuhan itu hanyalah satu, dan menjadi tujuan akhir dari kehidupan di dunia ini.

masjid-soko-tunggal-jogja

Dari sebuah prasasti yang terdapat di teras depan pintu masuk Masjid Soko Tunggal Jogja kita dapat mengetahui bahwa bangunan masjid dirancag dengan seorang arsitek mendiang R. Ngabehi Mintobudoyo yang merupakan seorang arsitek terakhir dari Keraton Yogyakarta.

Setelah melaksakan sholat di Masjid Soko Tunggal Jogja, kami pun melajutkan peerjalanan wisata menuju obyek wisata Taman Sari yang merupakan situs komplek pemandian Raja Mataram. Obyek wisata ini merupakan salah tempat wisata Yogyakarta.

Wisata Di Masjid Soko Tunggal Jogja kita dapat melakukan wisata religi dan edukasi sambil menyaksikan salah satu masjid bersejarah yang ada di Kota Yogyakrta. Walau terlihat tua, namun keberadaannya tetap masih dilestarikan dan dijaga hingga sekarang, karena bangunan ini merupakan salah satu cagar budaya yang dilidungi oleh pemerintah. Selamat menikmati perjalanan wisata di Kota Yogyakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

25 Comments

  1. bangunannya unik ya
    soko tunggal berarti cuma satu tiang…?

    • Benar mba, seperti itulah yang saya dapatkan informasinya di lokaasi

  2. Penelusuran Artikel berkata:

    yogyakarta memang kota yang banyak mengandung sejarah dan tempat wisata yang sangat beragam ya kang, , seperti masjid soko tunggal ini, dilihat dari depan halamannya, bangunan ini sangat terjaga dan terawat . . .

    • Bangunan masjid tua dan mungil ini, sangat unik dan memiliki kisah historis juga loh gan… πŸ˜€

  3. wah mantap mas jalan-jalan ke jogjanya joshh

    • Jogja memang josh Sob πŸ˜€

  4. selain menambah pengetahuan dan juga akan menjadi ibadah ya kang jika wisata singgah dimasjid lalu melakukan sholat …

    • Yups, benar Kang jadi antara jalan-jalan dan akhirat juga bisa di dapat. πŸ˜€

  5. masjid ini sudah cukup tua, memang banyak masjid peninggalan masa lampau banyak yang masih berfungsi dan banyak juga yang cuma seonggok bangunan tak bernilai, pemerintah setempat kurang memperhatikan hal tersebut, padahal itu bisa menjadi sumber PAD dari sektor wisata religi

    • Benar Sob, semoga bangunan tua masjid seperti Soko Tunggal di Yogyakarta ini bisa lebih diperhatikan, karena masih banyak yang bisa digali dari struktur bangunan bersejarah yang terdapat di dalam bangunan masjid tersebut dari nilai arsitekturnya pun banyak yang bisa dikupas untuk pendidikan ya…. πŸ˜€

  6. masjidnya indah sekali ya mas..
    tapi kapan ya bisa ke jogja ?? hehe

    • Bila ada waktu dan kesempatan, insya Alloh bisa ssampai ko di Yogya mas…. πŸ˜€

  7. bangunanya sederhana sekali ya, kesan malah kayak mushollah, akan tetapi menyimpan sejarah yang panjang

    • Sepintas memang bangunan masjid ini memang seperti musholah Mas, namun di dalamnya memiliki kisah catatan sejarah yang bernilai besar. πŸ˜€

  8. Jadi pingin kesana sob.. jogja memang joss

    • Salah satu destinasi wisata yang menarik isa banyak kita nikmati di Kota Yogya ya Kang πŸ˜€

  9. masjidnya unik cuma satu tiang.. jadi inget kampung halaman πŸ™‚

    • Tiang soko guru di masjid ini bisa dijadikan pelajaran bagi dunia arsitektur loh Kang… πŸ˜€

  10. Emang akang satu ini keren, ngeliput banyak hal yang nggak kepikiran sama yang lain πŸ˜€

    • Bisa saja si akang mah…. kebetulan lagi pas jalan-jalan ke masjid soko guru di Taman Sari Yogya ko sob. πŸ˜€

  11. memang hebat ya orang dulu bisa aja mereka bikin soko tunggal seperti itu…jadi ingat misteri piramida mesir…mereka juga membuat viramida itu tanpa ada penyangga tengah dan menyusun batunya sangat sempurna memeprhitungkan berat dan teknik dalam memasang…sungguh luar biasa…sapa bilang orang jaman dulu ketinigalan atau kuno…buktinya banyak juga yang pintar seperti pembuat tiang tunggal masjid di jogja ya gan….ok makasih infonya.

    • Bila dari satu obyek soko guru di dalam masjid ini bisa dikupas dari segi ilmu pengetahuan, obyek wisata ini bisa dijadikan tempat wisata edukasi bagi para pemuda yang mengambil jurusan ilmu arsitek juga lo gan… he,, he, he,,, πŸ˜€

  12. Hebat juga perhitungan orang zaman dulu, ya. Hanya dengan satu tiang penyangga, mampu membuat bangunanyang awet seperti ini

    • Sebanrnya inti yang harus di kupas dalam bidang pendidikan itu di obyek soko tunggal yang mampu bertahan hingga sekarang ini ya Mba, dan ini bisa dijadikan tempa wisata edukasi yang bisa di bahas dengan lembaga pendidikan sebagai obyek penerapan di masyarakat kali ya….. πŸ˜€

  13. memang kadang kalo berwisata di tempat yang bersejarah sering menemukan sesuatu yang belumtentu di temukan di tempat yg lain atau terkandung makna..

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :