Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Malaysia / Wisata di Kota Putrajaya Malaysia Nan Eksotis

Wisata di Kota Putrajaya Malaysia Nan Eksotis

/
/

Menikmati Liburan di Tempat Wisata Kota Putrajaya Malaysia

Direkotri Wisata – Tempat wisata Putrajaya Malaysia yang asik untuk liburan dengan pesona keindahan alam destinasi wisata dan religi yang enak ditelusuri.

Perjalanan liburan di Malaysia kita akan banyak menyaksikan beragam destinasi wisata yang menarik kita kunjungi, dan salah satunya kita dapat mengunjungi salah satu destinasi liburan di kota baru Putrjaya Malaysia.

Perjalanan dari Jakarta dengan penerbangan yang kami harus lalui sekitar 2 jam penerbangan. Dan setalah bermalam dan beristirahat di penginapan, kami melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi sebuah kota di mana dulunya kawasan ini merupakan bekas ladang kelapa sawit, dan kini telah berubah menjadi sebuah kota baru yang tertata rapih dengan arsitektur yang indah yaitu Putrajaya.

Obyek wisata Kota Putrajaya ini jaraknya sekitar 25 km dari Kuala Lumpur Malaysia. Dan perjalanan yang kami lakukan kali ini menempuh waktu sekitar 1 jam melalui perjalanan darat dari pusat kota yang menjadi penginapan kami. Setelah melalui perjalanan yang cukup lumayan namun lancar, kami pun sampai di lokasi.

Wisata Putrajaya Malaysia

Pada saat Direktori Wisata menginjakan kaki pertama kalinya di lokasi ini, terlihat sebuah kota kecil yang tertat sangat baik, dan ini merupakan sebuah hasil perencanaan yang matang jangka panjang oleh sebuah pemerintahan Malaysia yang teraplikasikan dengan jelas di kawasan ini. Bahkan, kini pusat pemerintahan yang ada di Malaysia telah dipidahkan di kota ini sejak tahun 1995.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pemadu wisata lokal, Kota Putrajaya ini memang sengaja dirancang oleh pemerintah Kerajaan Malaysia. Tidaklah heran di kawasan ini kita banyak menemukan fasilitas pendukung keperintahan yang terdapat dan menyebar di kawasan kota baru ini, mulai dari perumahan, tempat ibadah, sarana transportasi sampai destinasi wisata pun lengkap di kota ini. Semua kementerian Malaysia berkantor di kota Putrajaya, kecuali Kementerian Perdagangan dan Investasi.

Kantor Perdana Meneteri Malaysia di Putrajaya

Bila kita melihat di sisi Kota, kita akan menemukan sebuah bangunan yang di berinama Perdana Putra yaitu sebuah bangunan yang dijadikan perkantoran Perdana Menteri Malaysia sehari-hari berkantor dan mengerjakan aktifitasnya. Terlhat jelas bangunan ini memiliki gaya arsitektur yang bernuasa Melayu yang bercampur gaya arsitektur eropa.

Meskipun menjadi kota modren, gaya arsitektur bangunan di Kota Putajaya tetap berciri khas Islam dan Melayu. Diaman identitas lokal terlihat tetap dipertahankan dalam bangunan-bangunan yang ada di kota ini.

Bila kita berjalan ke lokasi lain, maka kita akan menemukan sebuah bangunan masjid yang menaranya sekarang ini termasuk tertinggi di kawasan Kota Putrajaya. Nama bangunan masjid tersebut yaitu Masjid Putra . Dan disain masjid nya tersebut dipengruhi oleh desain masjid Syekh Umar di Timur Tengah. Konon, informasi yang Direktori Wisata dapatkan, menara masjid ini dibangun dengan menggunakan batu granit berwarna merah muda serta dapat menampung sekitar 15.000 jemaah.

Lanjut……
Untuk periode pembangunannya sendiri dimulai sejak tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999 (dua tahun kemudian). Letaknya yang berhadapan dengan Danau Putrajaya membuat masjid ini seolah kelihatan terapung-apung diatas danau buatan sehingga memberikan kesan yang indah dan tidak akan ditemui ditempat lainnya.

Masjid Putra Malaysia

Ketika kami akan memasuki bangunan masjidnya, maka kami dihadapkan pada gerbang masjid yang tampak sangat tinggi dan megah. Dan masjid ini menjadi salah satu masjid terkenal di kawasan ini ialah Masjid Putrajaya. Pada saat kami meneelisik lebih dalam lagi ternyata bangunan gerbangnya dihiasi dengan ornamen berbentuk geometri yang menjadi ciri khas dari arsitektural Islam dan seni kaligrafi yang kental dan indah.

Letak Masjid Putrajaya ini sendiri berhadapan dengan Danau Putrajaya serta kantor pemerintahan Perdana Menteri Malaysia, Perdana Putra. Masjid ini sendiri diberinama Masjid Putra yang konon diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. Masjid Putra ini juga merupakan salah satu bagian terpenting dari kemodernan dan kerelijiusan kota Putrajaya.

Lanut perjalanan…….
Setelah berkelilingng bangunan masjid, maka perjalanan kami lanjutkan untuk menyusuri sebuah danau buatan yang lokasinya tidak jauh dari masjid tersebut. Konon informasi sih…… kalau kita mau menikmati destinasi wisata Kota Putrajaya dan hunting foto lebih enak dengan menyusuri daua Putrajaya ini.

Untuk pilihan pertama kami ditawarkan menggunakan perahu model gondola yang diberinama Dondang Sayang yang didalamnya dapat mengangkut penumpang atau wisatawan sampai 6 orang sekali jalannya. Jumlahnya memang tak banyak karena ukuran perahunya sendiri cukup kecil sehingga daya angkutnya sendiri sangat terbatas.

Wisata Putrajaya Malaysia

Namun, bila kita menggunakan Perahu Dondang Sayang ini dijamin akan memberikan pengalaman berekreasi yang maksimal dan tak terlupakan. Karena kapan lagi bisa bersantai di tengah kota sembari berperahu? Biayanya sendiri hanya sekitar RM 40. Biaya sewa perahu tersebut untuk orang dewasa. Sedangkan bagi kita yang membawa anak-anak maka cukup mengeluarkan biaya setengahnya saja yaitu RM 20. Dengan naik perahu tersebut. Tinggal dikurs saja deh berapa nilai angka rupiahnya…..

Setelah membayar tiket perahu kita akan dibawa berkeliling ke seluruh areal danau yang sangat luas. Siapkan kamre atau gadgaet kesyangan kita elama perjalanan ini, karena kita akan melewati bangunan-bangunan megah tinggi yang dikenal sebagai landmarknya Putrajaya. Untuk Lama perjalanannya sendiri akan memakan waktu sekitar 25 menit. Tapi tenang saja, kita bisa menikmati liburan sambil foto-foto agar tidak mabok. he,, he,, he,

Selama didalam perahu kita diperbolehkan untuk membidik berbagai bangunan yang di jadikan objek bidikan kamera yang dibawa. Kemudian pilihan berikutnya, kita juga dapat menggunakan Kapal Belimbing Sightseeing Cruise Boat yang ukurannya jauh lebih besar.

Namun untuk pilihan kedua kami disuguhkan dengan kenadaran Kapal Cruise Boat ini cukup mewah, dan mampu mengangkut sampai 76 orang wisatawan didalamnya, dan kapal tersebut telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mumpuni dan memadai seperti AC sehingga kita dapat merasa lebih nyaman. Untuk biaya kapalnya sendiri, ternyata tak berbeda jauh.

Dengan kapal besar ini kita akan diajak berkeliling menyusuri seluruh areal danau dengan melewati Kompleks Pemerintahan Putrajaya. Begitu juag wisatawan akan diajak untuk melewati jembatan dan Putrajaya International Convention Centre (PICC).

Baca juga : Pesona Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia

Namun, dari hasil diskusi dan musaawarah kami bersama rombongan dan pihak panitia perjalanan, kami memilih untuk menggunakan perahu Dondang Sayang saja. Hal ini agar perjalanan yang kami lakukan agar lebih terasa santai dan bisa lebih lama menikmati panorama keindahan detinasi wisata Kota Putrajaya Malaysia. Kan kalau naik kapal cepat jalannya lebih cepat, lagian posisi duduk kita tidak terbuka dan tidak bebas langsung ambil gamabr foto-foto pemandangan.

Baca juga : Cara  Menjadi Travel Photography 

Bagi teman-teman dan pembaca setia Direktori Wisata yang akan berlibur ke Malaysia, billa akan melakukan perjalan liburan di Malaysia bisa menyempatkan diri dan waktunya untuk liburan di kota baru ini, dan kita akan menemukan sebuah destinasi wisata Malaysa yang baru dan unik yang akan mengajak kita untuk melihat sebuah ruang tata kota yang tertip dan indah.

Baca juga : Cara Mudah Membawa Orang Tua Penyandang Disabilitas Dapat Ikut Terbang Dengan Membawa Kursi Roda

Semoga informasi tempat wisata Malaysia di Kota Putrajaya ini dapat menjadi alternatif liburan sahabat bersama orang-orang yang kita cintai saat akan melakukan liburan di tempat wisata luar negeri.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. aduh,binging ngiler aja si akang ini..
    yo liburan ke kota saya di wisata pulau derawan…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      wah, boleh juga tuh. Sayang wktu saya ke Serawan waktu itu belum tahu. Coba tahu ya asik bisa ketemuan sama Om Rudi di sana sambil ngopi. he,, he, he,

  2. Tidak perlu jauh jauh ke london ya kang lin=buran ke negara tetangga aja udah indah gini 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :