Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Tengah / Wisata Di Kota Lama Semarang

Wisata Di Kota Lama Semarang

 

Pesona Wisata Sejarah Di Kota Lama Semarang

Direktori Wisata.- Kota Lama Semarang merupakan tempat obyek wisata sejarah yang memiliki kisah tentang asal muasal keberadaan sebuah benteng pertahanan yang dibangun Belanda pada masa penjajahan. Dan salah satunya adalah benteng Vijfhoek yang keberadaannya kini sudah hilang sejak dihancurkan pada tahun 1842.

Menelusuri jembatan Bentok Semarang sore hari yang diramaikan dengan kendaraan yang melewati jalur akses jalan. Sedangkan di ruas jembatan yang lain terlihat beberapa orang yang sedang menanti becak.

Air kali yang berwarna agak keruh yang mengalir perlahan melewati bagian bawah jembatan yang konon di bangun pada periode tahun 1705 tersebut merupakan salah satu nuansa yang menyambut kehadiran para pengunjung yang melewati jembatan menuju ke dan dari Kota Lama Semarang.

Sementara itu, di sebelah timur kita dapat menyaksikan bangunan gedung-gedung lawas yang terhampar di area Kota Lama.

wisata-kota-lama-semarang

Dari informasi yang diterima Direktori Wisata, Jembatan Betok tersebut dulunya berfungsi sebagai jalan penghubung antara Kota Lama dan tanah pribumi yang terletak di bagian barat.

Di area ini terdapat beberapa benteng yang dibangun untuk mencegah serangan pribumi pada masa lalu untuk dapat bisa masuk ke wilayah komunitas Belanda, dan salah satunya adalah benteng Vijfhoek yang kini sudah hilang jejaknya sejak dihancurkan pada tahun 1842.

 

wisata-kota-lama-semarang

Sedangkan untuk Kota Lama Semarang sendiri dirancang untuk menjadi pusat pemerintahan Belanda pada masa penjajahan dulunya, maka tidaklah heran bila kita mengunjungi tempat wisata Kota Lama ini kita menemukan gedung-gedung perkantoran, restaurant, hotel dan pusat keagamaan seperti “Gereja Beleduk”. Dengan kanal-kanal yang merupakan cikal bakal dari kali, dan Semarang pun diciptakan menyerupai penampilan seperti di negara aslinya.

Tidaklah heran bila kita mendengar bahwa Kota Lama Semarang mendapat julukan sebagai kota kecil Netherland.

gereja-blenduk

Pada masa pasca kemerdekaan gedung-gedung tua yang berada di kawasan wisata di Kota Lama Semarang ini tidak terbengkalai begitu saja. Namun, gedung-gedung tersebut beralih fungsi menjadi perkantoran, rumah makan, hotel, hingga cafe, di lokasi ini pun masih terdapat gedung-gedung di beberapa sudut yang tidak mendapatkan perhatian antara penampilannya terlihat kusam dengan atap-atap yang tidak utuh hingga tembok yang mulai di gelayuti semak belukar di sekitar gedung.

kota-lama-semarang

Sebuah gedung putih bergaya arsitektur indische dua lantai yang menjadi perkantoran Bank Mandiri menyambut kehadiran kita pada saat melintas di atas jembatan Berok Kota Lama Semarang.

Pada sisi arah Timur, kita dapat menemukan dinding yng nampak dengan warna putih kokoh diikuti alur jendela yang membentuk setengah lingkaran. Tidak jauh dari lokasi bangunan yang masih terdapat di area kawasan Kota Lama Semarang, kita dapat menemukan sebuah bangunan tua yang eksotis nan indah.

Baca : Wisata Di Stasiun Tawang Semarang

Sebuah nilai potensi destinasi yang terdapat di kawasan wisata Kota Lama Semarang ini bila dapat di olah dengan baik, maka kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Tata letak bangunan tua yang terawat dengan baik, dan kebersihan penampilan gedung yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta dunia traveling, serta para pecinta phography banyak yang menyambangi kawasan tempat wisata Semarang pilihan ini.

Baca juga : 9 Tempat Wisata Kota Semarang Yang Menarik Dikunjungi di Jawa Tengah

Berjalan beberapa blok setelah itu, kita akan menemukan gedung berparas seupa masih mendominasi, terlihat hanya warnanya saja beragam pada saat malam tiba, nuansa warna kuning terpancar kental dari lampu jalan yang bertiang balok segi emapt dengan khas nuansa pemandangan indische yang menghiasi area tersebut pada saat kita melakukan perjalanan wisata di Kota Lama Semarang.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

4 Comments

  1. wah jadi inget pas jaman dulu sering banget maen ke kota lama semarang waktu masih kuliah hehehe 😀 tempat nya memang bagus dan berkesan banget :mrgreen:

    • Bila jalan-jalan di Kota Lama Semarang memang tidak membosankan ya Mba, apalagi kalau kita bisa menelusuri setiap lorong bangunan gedung-gedung tua di kawasan wisata Kota lama Semarang ini, banyak memori di sana yang bisa di bangun.

      Salam wisata

  2. hampir 10 tahun lebih ngga pernah mampir dan lewat apalagi masuk ke kota Semarang si kota tua yang cantikmolek dan tenang…oh..Semarang ku

    • Semarang memang memiliki destinasi wisata yang indah, dengan bangun tua yang eksotis yang memberikan nuansa tersendiri bagi kita yang mengunjunginya seperti di Kota Lama ini ya Kang ? 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :