Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Wisata Di Kampung Wak Hassan Singapura

Wisata Di Kampung Wak Hassan Singapura

Intip Desa Dan Masjid Tertua Singapura Yang Ada Di Kampung Wak Hassan

Direktori Wisata. – Kampung Wak Hassan merupakan salah satu desa pesisir yang terletak di sepanjang hamparan pantai utara Singapura.

Lokasinya berada di Sembawang Road bagian Tenggara dari Tanjong Irau, tepatnya dekat dengan mulut Sungai Simpang.

Wisata Di Kampung Wak Hassan Singapura

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, Kampung Wak Hassan ini merupakan sebuah desa tertua yang berada di Singapura.

Konon, dulunya kawasan ini merupakan perkebunan kelapa yang didirikan pada tahun 1914 oleh seorang tokoh yang disebut dengan Wak Hassan bin Ali.

Salah satu ikon yang masih asli dan terlihat asri di tempat wisata Singapura Kampung Hassan ini adalah sebuah bangunan Masjid Petempatan Melayu yang berada di Jalan Mempurong Singapura.

Kampung Wak Hassan Singapura

Sebelum memasuki kawasan Kampung Wak Hassan ini, kita harus melalui sebuah perumahan penduduk seperti komplek tempat tinggal.

Rumah-rumah yang tertata rapih, dengan halaman dan pintu pagar, bagaikan sebuah bangunan komplek mewah.

Berbeda dengan tempat tinggal masyarakat Singapura pada umumnya yang tinggal di area rumah flat atau rumah susun seperti biasanya.

Setelah kita melewati bagian belakang, barulah kita masuk dalam sebuah area semacam perkampungan.

Namun, jalan di sini sudah beraspal dan terlihat bagus. Namun, di kanan kirinya masih terdapat pohon-pohon besar dan tua. Batang akar tanamannya terlihat sudah besar dan tua.

Intip Desa Dan Masjid Tertua Singapura Yang Ada Di Kampung Wak Hassan

Di dalam kampung Wak Hassan ini terdapat sebuah masjid tua yang masih berdiri kokoh. Bangunan ini diberi nama “Masjid Petempatan Melayu” .

Bangunan masjid terlihat dengan gaya arsitektur khas, terbuat dari kayu dengan dikelilingi tanaman di sekitarnya, menjadikan bangunan ini terlihat asri dan alami seperti kehidupan di sebuah pedesaan.

Intip Desa Dan Masjid Tertua Singapura Yang Ada Di Kampung Wak Hassan

Bila kita perhatikan dari depan, Masjid Petempatan Melayu yang berada di Kampung Hassan ini memancarkan nuansa alam pedesaan.

Jalan setepak yang di kanan kirinya terdapat tanaman hias yang menhiasi sisi-sisi jalan, bagaikan sebuah jembatan yang menghantarkan setiap langkah kaki pengunjung yang akan memasuki pintu masjid.

Intip Desa Dan Masjid Tertua Singapura Yang Ada Di Kampung Wak Hassan

Di sisi teras masjid, kita bisa menemukan sebuah teras yang agak luas. Nuansa teras terlihat rapih dan adem di pandang mata.

Masjid ini sampai dengan hari ini masih di fungsikan sebagai rumah ibadah dan kegiatan agama, seperti sholat limat waktu, dan sholat Jum’at yang diadakan seminggu sekali.

Bila kita ke kawasan daerah Sembawang Singapura pada hari Jum’at kita bisa mengikuti sholat Jum’at di masjid yang terletak di Kampung Wak Hassan Singapura ini.

Intip Desa Dan Masjid Tertua Singapura Yang Ada Di Kampung Wak Hassan

Tidak terlalu jauh dari lokasi masjid, kita akan menemukan sebuah pesisir pantai yang berbatasan langsung dengan selat Johor Malaysia.

Lokasi area ini masih dikelilingi oleh tanaman pohon yang rindang, terlihat seperti hutan yang berada di daerah pesisir pantai.

Namun sayangnya pesisir pantai yang kecil ini terlihat sangat kotor oleh sampah-sampah yang berasal dari laut yang terbawa ke tepi.

Dari informasi yang kami terima, mungkin pantai ini tidak di buka untuk wisata atau untuk umum. Jadi tidak terurus kebersihan pesisir pantainya.

Dari pesisir pantai Kampung Wak Hassan Singapura ini, kita bisa langsung melihat sebuah kehidupan negeri Johor secara langsung dari pantai utara Singapura.

Konon, menurut informasi yang Direktori Wisata terima, area hutan kampung Wak Hassan ini merupakan sebuah area yang memiliki cerita yang sangat menegangkan dari alam lain.

Karena banyak warga masyarakat di Singapura yang menjadikan area hutan Kampung Wak Hassan sering dijadikan tempat pembuangan pusaka bagi masyarakat setempat.

Kampung Wak Hassan Singapura

Terlepas dari banyaknya cerita horor benar atau tidaknya di daerah ini, Masjid yang berada di dalam Perkampungan Wak Hassan ini tetap memiliki sebuah gaya arsitektur yang menawan.

Kunjungi Juga Masjid Sultan:: Bagunan Masjid Begaya Muslim Klasik di Singapura

Seperti yang kita lihat dalam gambar photo, masjid ini masih mempertahankan gaya arsitektur seperti peradaban aslinya dari sebuah suku bangsa melayu yang berada di ujung Utara Pulau Singapura ini.

Kunjungi Pulau Ubin Destinasi Wisata Singapore Dari Sisi Yang Berbeda

Berikut merupakan merupakan tayangan video Vlog yang bisa sahabat Direktori Wisata saksikan keberadaan dan situasi perkampungan yang berada di ujung Singapora dengan salah satu masjid tertua yang ada di kawasan tersebut.

Untuk menuju tempat wisata Kampung Wak Hassan Singapura
Obyek wisata sejarah Kampung Wak Hassan Singapura ini kita dapat menggunakan taksi atau pun bus. Untuk bus kita bisa menggunakan nomor bus 882 yang menuju Kampung Wak Hassan.

Bila kita menggunakan kendaraan mobil atau motor kita dapat mengikuti rute perjalanan seperti yang terdapat di dalam peta.

Berkunjung di Kampung Wak Hassan Singapura akan mengajak kita melihat dari dekat sisa-sisa kehidupan pedesaan yang terdapat di Singapura yang dikatakan sebagai negara modern dan maju. Dan bila kita mengunjungi area ini, kita akan menemukan sebuah situs bersejarah tentang keberadaan sala satu desa tertua yang berada di Singapura.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

19 Comments

  1. Waduh … sudah sampai luar negeri ternyata ya Kang … ?? Wah … kapan saya nyusul yah ? Pengen juga mejeng di depan mejid seperti itu … πŸ˜€

    • Lagi terdampar di Kampung Wak Hassan Singapura Kang. Sambil bernostalgia di sini. πŸ˜€

  2. wah hebat nih jalan-jalan nya keluar negri πŸ˜€
    Kaya nya kalo saya ke singapura harus mampir dlu ke wakhasan deh..kapan yah bisa kesana πŸ˜€

    • Boleh gan, bila sempat dan ada wkatu luang wisata di Singapura bisa mampir di kawasan Kampung Wak Hassan Singapura ko. πŸ˜€

      • nyari duitnya dulu kang πŸ˜€

        • Amiiin….. semoga banyak dan barokah bisa jalan-jalan ke Singapura sama keluarga ya Kang πŸ˜€

        • hehe,amin mas.semoga aja..

  3. Eksplore tempat lain lagi kang, seru kayaknya πŸ™‚

    • Nanti Kang, kalau ada waktu senggang saya ekplore tempat lain lagi, cari yang unik dan jarang di bahas Kang untuk byek wisata di Singapura. he,, he, he,, πŸ˜€

  4. Menarik nih ulasan kunjungam ke kampung Wak Hassan. Singapura dilihat dari sisi lain.

    • Kebetulan nyari yang unik-unik Mba di Singapura, ini juga ada yang ngantar. he,, he,, he,,, πŸ˜€

  5. Wih Singapura, tapi kalau denger soal Singapur pasti yang terpikir lokasi-lokasi yang mewah. Rupanya ada juga lokasi pedesaan seperti ini ya πŸ˜€

    • Yups, banyak orang yang hanya mengangkat Singapura dari sudut yang wah, namun di lokasi lain masih ada tempat yang unik dan kuno bersejarah, lebih mengasyikan Kang. πŸ˜€

  6. kapan yaa bisa jalan2 ke singapura? πŸ˜€

    • Muddah-mudahan Mba, semoga bisa terlaksana bersama keluarga ya Mba. Amiiin….. πŸ˜€

  7. Kalo ngeliat pemandangan dan suasananya sepertinya gak beda jauh dengan suasana di negeri sendiri ya mas

    • Benar Kang, Singapura sebensrnya masih ada beberapa tempat yang sepri ini, hanya jarang saja diangkat, malah sekarang pemerintah Singapura mengajak semua kalangan untuk dapat mengekplore kawasan sejarah dan budayanya yang unik dan menarik. Dan ternyata tidak jauh beda kan sama Indonesia ? πŸ˜€

  8. Kapan ya bisa jalan ke sana mas?

  9. namanya saja sudah unik mas wak hassan jadi ingat uwak dikampung

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :