Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Cianjur / Intip, Wisata di Kabupaten Cianjur Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Intip, Wisata di Kabupaten Cianjur Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Menilik Objek Wisata di Cianjur yang Menarik Dikunjungi

Direktori WIsata – Sajian informasi destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat liburan di kawasan Cianjur Jawa Barat

Wisata Kabupaten Cianjur

Kabupaten Cianjur merupakan kawasan yang menjadi tempat utama untuk mengisi liburan dan menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki udara yang bersih, sejuk dan indah dengan ragam destinasi wisata, kawasan Cianjur juga menjadi salah satu yang menawarkan destinasi liburan yang menarik dikunjungi saat musim libur tiba.

Konon menurut cerita masyarakat lokal di Cianjur, dulunya kawasan ini menjadi perlintasan orang yang akan pergi liburan ke Bandung melalui jaur puncak Bogor, demikian juga sebaliknya. Namun sekarang tidak banyak seperti dulu.

Konon menurut cerita pemandu wisata lokal yang DIrektori Wisata Indonesia terima, konon dulunya menir-menir Belanda suka menjadikan destinasi wisata Cianjur sebagai tempat liburan mereka. Salah satu bukti peninggalannya adalah bangunan Istana Cipanas. Konon dulunya bangunan tersebut adalah bekas rumah peristirahatan tuan tanah orang Belanda. Setelah Indonesia merdeka tahun 1945, bangunan tersebut resmi menjadi bangunan Istana Kepresidenan RI.

Walau kawasan Cianjur tidak seramai dulu, kawasan ini tetap saja masih terlihat ramai dan asik untuk mengisi liburan di akhir minggu atau libur nasional lainnya sebab daerah ini sudah sejak lama jadi tempat tujuan wisata dan peristirahatan, terutama di daerah yang masuk dalam kawasan puncak Kecamatan Cipanas yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Bogor.

Dari kawasan wisata Puncak Cipanas ini sahabat DIrektori Wisata dapat langsung menyaksikan pemandangan segar berupa bentangan perkebunan teh hijau yang dapat menyejukan pemandangan mata. Dari lokasi ini pula kita bisa menyaksikan penorama keindahan tempat wisata Gunung Gede tempat para pecinta alam.

Kawasan destinasi wisata Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu jenis wisata alam yang paling cocok di Cianjur bagi para pecinta dunia petualangan di alam bebas. Memang untuk model wisata alam ini sangat pas di kawasan wisata yang berkontur pegunungan, sebab di daerah ini banyak terdapat pegunungan, air terjun, situs megalitikum dan juga taman nasional. Kurang lengkap rasanya kalau berlibur di Cianjur tanpa berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditetapkan pada tahun 1980 dan menjadi salah satu yang tertua di negeri ini. Konon luas area tersebut sekitar 21.975 hektar dan mencangkup dua puncak gunung terkenal di Cianjur yakni puncak Gunung Gede dan Pangrango. Di area seluas tersebut sahabat Direktori wisata Indonesia bisa melakukan pendakian hingga ke tempat wisata alam Curug Cibureum maupun telaga biru.

Selain kita dapat menyambangi kawasan wisata alam di Cianjur yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara, sahabat Direktori Wisata juga bisa bertandang ke pasar buah tradisional untuk melihat dari dekat hasil perkebunan buah-buahan segar yang diproduksi oleh masyarakat lokal. Konon, dulunya kawasan Kabupaten Cianjur ini juga dikenal sebagai tempat penghasll buah-buahan segar.

Informasi yang Direktori Wisata terima dari Mang Ujang, “Pada tahun 1950-an produksi buah-buahan di Cianjur pernah melonjak besar-besaran sampai tidak tahu lagi mau dikemanakan hasil panen buah tersebut”.

“Untunglah ada pedagang Cina di masa itu yang menjadikan sebagian hasil panen buah-buahan tersebut diawetkan dan dijadikan makanan manisan”, jelasnya

Bila kita melihat kilas balik dari cerita tersebut, maka tidaklah heran makanan buah manisan Cianjur banyak yang diperjual belikan di beberapa lokasi di kawasan tersebut, bahkan menjadi jajanan khas oleh-oleh Cianjur sebagai buah tangan saat orang bertandang untuk berlibur di daerah destinasi wisata Cianjur, Jawa Barat.

Semoga informasi kawasan wisata Cianjur tersebut diatas dapat menambah cakrawala kita dalam mengenal dan menentukan tempat liburan dekat dengan kawasan Puncak Bogor yang bisa menjadi piihan destinasi liburan bersama keluarga.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :