Wisata Di Jalan Asia Afrika Bandung

Wisata Di Jalan Asia Afrika Bandung Sambil Menelisik Sejarah Bandung Tempo Dulu

Direktori Wisata. – Jalan Asia Afrika Bandung salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di pusat Kota Bandung. Bangunan Indich art deco dengan beragam desain dan kisah catatan sejarah bisa di telusuri di sepanjang Jalan Asia Afrika Bandung ini.

wisata-jalan-asia-afrika-bandung

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia mengunjungi tempat wisata Bandung, kami mencoba menyusuri kawasan wisata yang berada di Jalan Asia Afrika Bandung. Bangunan megah dengan bentuk unik dan bersejarah, menjadi pusat perhatian bagi setiap wisatawan domestik maupun mancanegara yang melintas di tempat wisata pusat Kota Bandung ini. Bangunan yang dikenal sebagai salah tempat Konferensi Asia Afrika Bandung ini di kenal dengan nama Gedung Merdeka.

Dari pengamatan Direktori Wisata pada saat melakukan perjalanan wisata di Jalan Asia Afrika Bandung, di lokasi ini terdapat banyak bangunan gedung bergaya Eropa. Konon, di kawasan Jalan Asia Afrika Bandung ini pada saat Pemerintah Hindia Belanda memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahan ke Kota Bandung dari Batavia tempo dulu, sejak itulah pemerintahan Hindia Belanda melakukan pembangunan besar-besaran di tempat daerah Bandung, dimana pada saat itu gaya bangunan arsitektur Art Deco cukup populer pada masanya. Mungkin hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa Kota Bandung dikenal dengan sebutan Paris Van Java.

museum-asia-afrika-bandungTepat di kawasan persimpangan Jalan  Braga dan Jalan Asia Afrika kita dapat menemukan gedung bangunan tua yang masih berfungsi hingga saat sekarang. Museum Konferensi Asia Afrika yang menyatu dengan Gedung Merdeka salah satunya. Konon, gedung ini dikenal dengan nama Gedung Societeit Concordia, dikenal sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Kota Bandung untuk kalangan kelas atas. Namn, sekarang seiring berkembangnya jaman fungsinya pun telah berubah, karena pada tahun 1955 bangunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan Koferensi Asia Afrika (KAA) yang dikenal dengan nama lain Konfernsi Bandung, dan pada tanggal 24 April 1980 bangunan ini diresmikan menjadi Museum Asia Afrika oleh Presiden Soeharto pada saat menjabat sebagai Presidan Republik Indonesia yang ke-2.

Menurut informasi yang diterima oleh Direktori Wisata Indonesia, kawasan Jalan Asia Afrika Bandung sering dijadikan titik spot bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengabadikan foto-foto yang unik dan klasik. Tidak jarang banyak di antara mereka yang membuat sebuah cerita film pendek di tempat wisata sejarah Bandung ini dengan berlatar belakang Museum Asia Afrika Bandung.

jalan-braga-bandung

Bila Yogyakarta memiliki Jalan Malioboro, maka Kota Bandung memiliki Jalan Braga yang berada dekat Jalan Asia Afrika Bandung. Kawasan ini dikenal sebagai tempat wisata yang menarik di sekitar Kota Bandung Banyak obyek wisata yang dapat dijakan tempat tongkrongan enak dan mengasyikan di kawasan ini. Bagi kita yang memiliki banyak kenangan indah di kawasan Braga, kita bisa mecba menelusuri kawasan ini kembali pada saat hadir di Kota Bandung.

Baca : Wisata Di Jalan Braga Bandung

Setelah kita melewati Gedung Merdeka , kita dapat menemukan sebuah Hotel Savoy Homan yang masih terlihat berdiri kokoh dan indah. Tidak jauh dari hotel Savoy kita pun akan menemukan sebuah bangunan Hotel Preanger, konon hotel ini merupakan hotel bersejarah pada zaman Kolonial Balanda. Tidak jauh dari lokasi kita akan menemukan sebuah bangunan Kantor Pikiran Rakyat yang merupakan kantor surat kabar yang sangat terkenal di Kota Bandung.

Baca juga : Tempat Wisata Lembang bandung Untuk Liburan

Setelah kita puas menyusri kawasan wisata di Jalan Asia Afrika Bandung dekat Kantor Pikiran Rakyat. Kita dapat mengunjungi sebuah tugu titik 0 kilometer yang letaknya di depan persis Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. Tugu ini menjadi penanda titik tengah Kota Bandung. Stelah itu kita dapat menemukan sebuah gedung Kantor Pos yang masih aktif melayani jasa pos dan lokasinya berada di pinggi Jalan Asia Afrika Bandung.

Baca juga : Wisata Di Alun Alun Bandung

Untuk mendapatkan informasi kegiatan wisata di Kota Bandung, kita dapat mendatangi Kantor Tourist Information Center, melalui tempat ini kita dapat mencari informasi kegiatan mengenai seputaran Kota Bandung seperti jadwal pertunjukan, kegiatan pariwisata yang mnarik di Bandung dan sekitarnya dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita dapatkan di tempat ini. Lokasinya di sebelah samping Masjid Agung Bandung dekat dengan Hotel Swarha yang berada di seberang persis Kantor Pos Bandung.

Untuk mempermudah kita untuk berwisata di Jalan Asia Afrika, Bandung lihat Peta Jalan Asia Afrika Bandung.

Wisata Di Jalan Asia Afrika Bandung dapat membuat kita terlena dengan waktu yang begitu cepat berjalan, banyak spot destinasi wisata yang cantik di kawasan Jalan Asia Afrika akan memanjakan kita dengan segudang informasi sejarah, seni desain arsitektur dengan pemandangan indahnya dan kuliner yang bisa kita dapatkan serta nikmati di area sekitar Jalan Asia Afrika Bandung.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.

  • yah memang di jalan asia afrika bandung banyak bangunan bergaya eropa, karena pada waktu penjajahan belanda bandung termasuk tempat untuk peristirahatan dari hiruk pikuk dunia politik belanda yang dulunya ada di jakarta…oleh karena itu banyak bangunan dibandung bergaya eropa menyesuaikan dengan selera belanda pada waktu itu, termasuk juga beberapa bangunan dinas pemerintah daerah yang sekarang dipergunakan….ok makasih infonya…singkat tapi menarik

    • nahhhh….pertamak juga saya gan…horee….sambil jingkrak-jingkrak. lama gak bisa dapat pertamak di blog ini…ok makasih sahabat.

      • Hasil wisata di Jalan Asia Afrika Bandung ini semoga dapat memberikan sebuah gambaran yang bisa di peroleh di lokasi gan, kali saja ada yang suka menyelusuri kawasan Kota Bandung di Jalan Asia Afrika ini. Terimakasih atas pertamaxnya yang sukses gan. he,, he, he,, 😀

  • wiki

    kapan ya mas bisa ke bandung…hehehe

    • Bila ada waktu dan kesempatan bisa wisata di Bandung gan, nanti bisa menikmati wisata di Jalan Asia Afrika bandung ini 😀

  • sepertinya Saya baru tahu nih ada jalan asia afrika, kok bisa namanya seperti itu yia?

  • jadi pengen mengunjungi tempat ini nih mas
    kayaknya menarik banget

  • Mohammad

    Satu hal tentang jalan Asia Afrika yang selalu teringat di benak saya adalah adanya peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika. Kapan saya bisa ke sana ya mas ?