Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata di Goa Petruk Kebumen

Pesona Wisata Alam Goa Petruk Kebumen Jawa Tengah

Direktori Wisata – Pesona tempat wisata alam Goa petruk nan eksotis di Kebumen sebagai salah satu destinasi wisata kebumen yang menarik dikunjungi.

Obyek wisata Goa Petruk terteka di Dukuh Mandayana Desa Candi Renggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen jawa Tengah. Lokanya seitar +/- 4 km dari Goa jatijajar menuju ke arah selatan. Goa Petruk ini di dalamnya mengalir sungai dangkal yang mengalir sangat jernih.

Bila kita akan melakukan perjalanan wisata petualangan alam di tempat wisata Goa Petruk Kebumen ini, hal untama yang harus di persiapkan harus mempersiapkan diri seperti memnggunakan perlengkapan pengamanan seperti helm, sepatu karet yang tahan air, bahakna lampu sendter sebagai penerangan di dlaam goa.

Untuk perelengkapan itu semua, kita tidak perlu memabwa dari rumah, karena di tempat wisata alam kebumen yang berada di lokasi Goa petruk ini pihak pengelolla sudah mempersiapkannya bagi para pengunjung yang akan melakukan petualangan di dalam Goa Petruk

Bila kita mendengar nama Petruk, kita akan teringat nama sebuah lakon pewayangan anak dari Ki Semar yang berawakan postur tinggi, namun memiliki hidung yang mancung kedepan. konon dalam sebuah kisah cerita pewayangan, tokoh petruk ini merupakan dari anak dari lelembut Banaspati yang kemudian diambil oleh Ki Semar, dan Petruk dikenal memiliki banyak akal loh….

Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk ini terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama atau di lantai pertama, hanya terdapat kelelawar dengan bau kurang sedap dan beterbangan ke sana kemari. Sedang untuk Goa kedua dalam lokasi tersebut diberi nama Goa Semar.

Di dalam Goa inilah kita akan disuguhi pemandangan indah dari bebatuan yang cukup mempesona. Bahkan ada yang mengatakan, bila kita masuk Gua Petruk laksana melihat alam yang tiada taranya karena terdapat batu stalaktit dan stalagmit yang menyerupai berbagai bentuk dengan beragam keindahannya.

Sedang untuk goa yang terakhir disebut Goa Petruk, karena di dalam Goa tersebutlah sebetulnya terdapat batu yang mempunyai ujud seperti hidungnya Petruk. Sayangnya karena ulah Belanda pada waktu itu melakukan penambangan phosfat, hidung Petruk yang merupakan Logo dari Goa tersebut putus dan kini sudah tidak kelihatan lagi.

Cara menuju lokasi tempat wisata Goa Petruk Kebumen ini sangatlah mudah, kita bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan roda emapt dan roda dua dari Pusat kota Kebumen. Dan bila kita dari Jakarta perjalanan menuju kelokasi ini cukup memakan waktu perjalanan, namun kita bisa memilihnya untuk melalui jalan darat yang bisa sampai di lokasi, atau dengan melalui jalan udara yang bisa singgah ke kota Semarang atau Yogyakarta terlebih dahulu. Selanjutnya kita bisa melihat jalur yang bisa kita gunakan menuju lokasi melalui google map si bawah ini.

Untuk peginapan terdekat lokasi tempat wisata Goa Petruk kita bisa mendapatkan di lokasi yang terdapat penginapan homestay dengan biaya yang cukup murah, atau kita bsa meginapa di Kota Kebumen ataupun Gombong. Sedangkan untuk persediaan prasara rumah makan dan tempat belanja oleh-oleh kita bisa medapatkan beragam kuliner dan makanan jajanan khas kota kebumen yang menawarkan dengan cita raa yang beragam pilihan yang bisa di bawa pulang saat kita liburan di kawasan kebumen dan Gombong. Selamat liburan di Kebumen.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :