Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Wisata di Gardu Action Bantul Yogyakarta

Wisata di Gardu Action Bantul Yogyakarta

Menyusuri Obyek Wisata Gardu Action di Parangtritis Bantul Yogyakarta

Direktori Wisata – Gardu Action menjadi salah satu detinasi wisata baru dan romantis di Bantul Jogja yang menarik dikunjungi sebagai tempat berfoto selfie yang unik dan menarik di Derah Istimewah Yogyakarta.

Daerah Istimewah Yogyakarta tidak pernah kehabisan keistimewahannya. Di mana di kawasan ini terdapat tempat wisata baru yang unik dan kreatif terus bermunculan seiring dengan berkembangnya potensi wisata Yogyakarta, salah satunya adalah obyek wisata Gardu Action di bantul Yogyakarta.

Obyek Wisata Murah di Gardu Action Bantul Yogyakarta

Obyek wisata Gardu Action Bantul Yogyakarta ini tidak hanya menyuguhkan keunikan serta kreatifitasnya saja. Namun, tempat wisata Bantul Yogyakarta ini juga bisa menjadi tempat wisata edukasi yang wajib sahabat Direktori Wisata Indonesia kunjungi saat mengisi liburan di Yogyakarta.

Destinasi wisata Gardu Action terletak di kawasan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Tempat wisata Yogyakarta ini termasuk salah satu destinasi wisata Jogja yang anti mainstream. Karena di obyek wisata Gardu Action Parangkusumo ini selain berwisata kita juga bisa belajar tentang tata pengolahan sampah.

Melangkahkan kaki di obyek wisata gardu Action Prangtritis Bantul, kita akan merasakan nuansa damai dan tenang. Di tempat wisata Jogja yang satu ini, tampak keunikan tersendiri dari destinasi wisata Yogya yang terasa khas dengan bahan daur ulang hasil kreasi para masyarakat pemuda lokal setempat.

Gardu Action juga dikenal sebagai salah satu tempat yang dikenal dapat menjadi pilihan alternatif wisata Yogyakarta yang dapat digunakan untuk menenangkan diri dari kebisingan suara kendaraan dan kesibukan sehari-hari. Karena di tempat wisata Jogja yang berada di kawasan pesisir pantai laut selatan Yogyakarta ini dari kejauhan terdengar sayup-sayup deburan ombak laut Pantai Selatan.

Tempat wisata Yogyakarta yang mempersembahkan berbagai benda-benda unik dan menarik dari bahan limbah dan juga sampah bisa kita temukan di Gardu Action Parangkusumo, Bantul. Konon, kawasan wisata di pantai Parangkusumo Jogja ini bisa dapat membawa dan hadirkan perasaan senang dan tenang bagi setiap para pengunjungnya yang hadir di lokasi ini. Keren bukan ?…..

Dari pengalaman Direktori Wisata berkunjung di obyek wisata Gardu Action di Pantai Parangkusumo Yogyakarta kita akan disambut dengan pemandangan yang terbuat dari potongan bambu yang tertata rapih di pintu masuk lokasi Gardu Action. Dan untuk masuk obyek wisata gardu Action ini kita hanya dikenakan biaya tiket masuk  Rp. 2.000,- per orang.

Pada umumnya pada saat kita mendengar kata “Gardu” pastinya yang terlintas dalam pikiran kita adalah bentuk bangunan mungil layaknya pos siskamling lengkap dengan tikar dengan kentongannya. Namun, di tempat wisata gardu Action Yogyakarta ini kita tidak akan menemukan gardu ronda untuk siskamling.

Gardu Action Bantul Yogyakarta

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, Gardu Action memiliki arti Garbage and Care. Di mana di tempat wisata edukasi dan kreative Jogja ini kita dapat menyaksikan tempat duduk terbuat dari kayu yang tertata apik di antara rindangnya pepohonan yang teduh di lokasi Gardu Action Jogjakarta.

Ornamen-ornamen cantik yang terselip di beberapa sudut, membuat kawasan ini terlihat cantik dan unik. Tidak hanya sebagai pelengkap pemanis lokasi saja, bahkan beberapa ornamen-ornamen yang ada di lokasi juga dimanfaatkan sebagai obyek maupun latar belakang foto selfie oleh para pengunjung yang datang ke Gardu Action di Parangtritis Yogyakarta ini.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, barang-barang unik dan ornamen-ornamen cantik yang ada di Gardu Action merupakan barang-barang daur ulang hasil kreasi pengolahan sampah. Sampah atau barang bekas yang digunakan di tempat ini berasal dari bang sampah yang merupakan cikal bakal dari tempat wisata kreative Gardu Action Jogja ini.

Lanjut informasi…..
Sebelum menjadi tempat wisata yang unik dan kreative, Gardu Action dulunya merupakan tempat pembuangan sampah yang kurang dikelola dengan baik. Hingga akhirnya berkat inisiativ pemuda-pemudi di Kecamatan Mancingan Jogja, tempat pembuangan sampah ini di sulap menjadi tempat wisata berbasis berbasis sampah.

Selain menjadi destinasi wisata di Jogja, Gardu Action juga mejadi bang sampah yang dikelola dengan baik. Dimana warga di sekitaran Pantai Parangkusumo Yogyakarta dapat menabung dengan setoran sampah atau barang bekas. Disini sampah yang disetorkan sebagai tabungan adalah botol plastik atau kaleng. Dan uang saldo yang telah terkumpul pun bisa di ambil sebulan sekali atau kapan saja, asal sesuai dengan kebutuhan para nasabahnya.

Daur Ulang Sampah

Untuk sampah atau pun limbah yang telah terkumpul nantinya akan dipilah-pilah berdasarkan warna dan jenisnya. Semua sampah dan limbah hasil sortiran tersebut nantinya akan di buat untuk spot-spot baru lainnya di Garda Action.

Menelisik lebih jauh, di tempat wisata Gardu Action Yogyakarta ini kita dapat melihat langsung pembelajaran yang menerapkan tiga prinsip penanganan sampah atau limbah yang sulit diurai oleh alam benda-benda yang tidak bisa terpakaipun bisa dimanfaatkan kembali dan diolah menjadi barang-barang baru serta layak pakai dengan cara yaitu mengurangi, mengunakan kembali dan mengolah kembali menjadi barang baru. Keren bukan ? ada yang mau mencoba menerapkan untuk di daerah kalian ?…..

Beberapa spot dan ornamen-ornamen cantik di Gardu Action Pantai Parang Kusumo Yogyakarta memiliki tema yang berbeda-beda. Salah satu spot lucu yang berada di obyek wisata Gardu Action Jogja, kita akan menjumpai yang namanya “Say Your Love” alias “Katakan Cinta”. Spot unik ini konon sangat cocok untuk para pengunjung yang sedang jomblo yang akan menayataan isi hati dan ini mengutara perasaan cintanya dengan seseorang namun tidak tahu bagaimana caranya spot ini sangat recomended banget.

Ornamen Spot Canti Gardu Action Yogyakarta

Salah satu tempat wisata romantis Yogyakarta yang bisa kita kunjungi saat liburan di Jogja. Gardu Action ini juga memiliki beberapa spot ornamen unik, selain spot unik “Katakan Cinta” di sini juga terdapat spot romantis yang lengkap dengan ornamen lampu dengan bentuk hatinya. Dan yang pastinya semua ornamen di tempat wisata Bantul di Jogja ini semuanya terbuat dari bahan daur ulang.

Di obyek wisata Gardu Action ini banyak hal yang bisa kita lakukan, dimana tempat wisata Jogja ini juga memiliki kawasan camping ground dan juga cafe outdor dengan susunan kayu-kayu yang tertata ciamik dimana kita bisa memesan beberapa menu makanan atau minuman sambil menikmati deburan ombak pantai dan nikmati indahnya alam sambil bermain ayunan bersama orang-orang tersayang. Bahkan di lokasi ini pun kita bisa belajar mengolah sampah atau limbah menjadi benda yang bermanfaat.

Jangan lumpa mampir di kawasa Wisata Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo Yogyakarta

Untuk sarana dan fasiltas di obyek wisata Gardu Action Jogja terbilang sudah lengkap, karena di dalam area kawasan wisata ini sudah terdapat musholah atau pun MCK yang tersedia untuk dipergunakan untuk umum. Tempat-tempat tersebut juga terbuat dari barang sampah atau limbah yang telah di daur ulang.

Puas mengujungi dan berkeliling di obyek wisata Gardu Action Pantai Parangtritis, kita dapat mengunjungi beberapa tempat wisata jogja dengan suasana unik dan menarik lainnya yang bisa kita kunjungi.

Cara untuk menuju ke lokasi Gardu Action Parangkusumo kita bisa menggunakan kendaraan motor atau pun mobil. bagi sahabat Direktori Wisata yang akan menuju ke lokasi bisa mengikuti rute jalan yang ada di dalam google map untuk menuju ke lokasi yang bisa disesuaikan dengan awal keberangkatan kita.

Dari perjalanan wisata Jogja kali ini, ada banyak pengetahuan yang bisakita ambil dan bawakemabli pulang ke rumah. Dimana yang biasanya sampah atau limbah yang dianggap menjijikan. Di tempat Gardu Action Parangtritis Bantul Yogyakarta menjadi bukti nyata yang membuka cakrawala pengetahuan kita bahwa sampah atau pun limbah bisa kita sulap menjadi sesuatu yang baru lebih berharga dan bermanfaat untuk menyajikan keunikan dan keindahan untuk menghibur kehidupan bagi mata pencarian baru masyarakat setempat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :