Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Wisata Di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo

Wisata Di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo

Wisata Di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo

Direktori Wisata.- Perjalanan wisata tidak harus mengunjungi obyek wisata alam yang sudah terkenal, dengan melakukan perjalanan wisata menju ke ploasok Dusun Siyono Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah saya pun menemukan tempat wisata alam yang memiliki konsep sebagai sarana edukasi atau pembelajaan yang bisa dilihat langsung dengan mata kepala kita sendiri di sini.

Lokasi Dusun Siyono terletak di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dusun yang memiliki kontur tanah berbukit, dengan rata-rata masyarakat lokalnya bermatapencarian sebagai petani, pedagang dan pekerja ini, merupakan salah satu Dusun yang memiliki potensi daerah wisata alam yang masih alami.

dusun-siyono-kertek-wonsobo

Dari pengalaman perjalanan wisata di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo. Direktori Wisata bisa menemukan sebuah pola konsep dari ke arifan lokal masyarakat yang ramah tamah, hidup bersanding dengan alam perbukitan dengan hamparan lahan pertanian dan ladang yang subur di antara lereng-lereng pegunungan yang indah. Pola hidup masyarakat yang sederhana, namun tertata dengan rapih yang selalu setia dengan segudang potensi yang dimiliki oleh alam Dusun Siyono.

dusun-siyono-kertek-wonosobo

Hal ini terbukti dengan, tata ruang tempat tinggal dan hamparan lahan pertanian yang mudah dilihat di sekitaran Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo ini yang hijau. Konsep pengairan sawah, empang serta perkebunan yang dilakukan oleh masyarakat lokal, dapat kita nikmati secara bebas.

Namun kita tetap harus bisa menjaga etika dan norma kesopanan kepada penduduk setempat. Bila waktunya tepat, kita pun dapat melihat aktifitas para petani yang sedang bekerja dan melakukan aktifitas di ladang sawah yang subur. Situasi dan keadan seperti ini, menginagtkan Direktori Wisata pada saat berwisata di Desa Mlandi, Wonosobo.

aktifitas-masyarakat-dusun-siyono-kertek-wonosobo

Singgah di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo, Direktori Wisata diterima oleh salah seorang penduduk lokal. Hidangan kecil khas msayrakat Wonsobo pun menyambut kehadiran Direktori Wisata di Dusun Siyono. Tentu dari kita sudah banyak yang mengetahui hidangan khas dari masyarakat Wonosbo, yaitu sebuah minuman teh hangat dan tempe gembus.

makanan-khas-wonsobo

Sebagai informasi tambahan, tempe gembus merupakan makanan khas Wonosobo, dan ini merupakan makanan yang terbuat dari ampas tahu. Dan pada dasarnya, ampas tahu merupakan makanan yang diperuntukan untuk ternak, dan biasanya diperuntukan untuk penggemukan ternak sapi.

Konon, karena faktor ekonomi dulunya, makanan gembus ini lalu dibudidayakan dan dikembangkan sebagai makanan yang dapat dimakan oleh manusia. Dan kini, gembus menjadi salah satu makanan khas dari masyarakat Wonosobo. Dan rasanya sangat nikmat dari hasil pengolahan yang tempe gembus yang sudah digoreng ini.

Hawa sejuk alam pedesaan di kawasan lereng perbukitan di Desa Siyono, Kertek, Wonosbo menemai kita dalam menelusuri keindahan alam pedesaan yang kaya akan sebuah potensi alamnya dengan berbagai bentuk hasil produksi yang dilakukan oleh penduduk lokal dari masyarakat Dusun Siyono, seperti contohnya makanan khas Wonsosobo ini.

Konon menurut informasi yang Direktori Wisata terima dari masyarakat lokal, di dekat Dusun Siyono, Kertek , Wonosobo ini terdapat sebuah Candi Hindu Tua peninggalan dari masa Syailendra yang memiliki hubungan dengan candi-candi yang berada di tempat wisata Dieng Plateau.

 

Namun, sayangnya karena waktu perjalanan wisata di daerah Kabupaten Wonsobo yang dilakukan sekarang ini terbatas, maka kunjungan ke lokasi situs Candi Hindu Kuno tersebut diurung terlebih dahulu.

Mengakhiri perjalanan wisata di Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo dengan melihat kehidupan dan kearifan lokal msyarakatnya, sebuah pembelajaran yang menarik yang bisa dipetik, dan salah satunya adalah; walau masyarakat di dusun ini hidup dalam keserhanaan, mereka tetap terbuka dengan masyarakat luar atau pun tamu dari luar daerah. Hal ini dapat dilihat pada saat penerimaan mereka kepada setiap pengunjung yang hadir dengan ramah tamah dan terbuka.

Semoga perjalanan wisata ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dengan melihat jauh kedepan sebuah potensi dari dusun atau pun desa yang memiliki peluang  besar untuk dijadikan sebuah desa wisata dengan kearifan lokal dan potensi alam yang terdapat di daerah sekitarnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

13 Comments

  1. betapa senangnya ya bisa berkunjung ke dusun kertek di wonosobo, pasti banyak momen menarik yg bisa kita abadikan ya mas hmmm 🙂

    selain itu juga bisa menikmati teh manis dan gorengan seperti gambar di atas hehehe 😀

    • Mengunjungi kawasan Dusun Siyono, Kertek, Wonosobo kita akan mendapatkan sebuah pembelajaran dari kearifan lokal masayrakatnya mba, dan dusun ini begitu indah sekali cocok untuk dijadikan dusun wisata loh….. 😀

  2. menikmati keelokan alam sambil menyerap kearifan lokal masyarakat, blusukan yang selalu ngangeni.
    Terima kasih Pak Indra, berbagi wisata dusun Siyono.
    Salam

    • Sama-sama Mba Prih, semoga upaya ini aka membuka jalan bagi semua pihak untuk melihat lebh jauh sebuah potensi Desa atau pun Dusun seperti Dusun Siyono ini. 😀

  3. Wahh, hijau everywhere, mata jadi seger hhe

    Enak ya sambil liat pemandangan asri di temani segelas teh sama tempe, ku kira itu bakwan loh hehehe

    • Itu tempe gembus Mba, mirip ya seperti bakwan he,, he, he,, sama-sama enak sih apalagi kalau di tempat yang dingin dan sejuk seperti di dusun siyono Wonosobo ini, 😀

  4. Muhammad Lutfi Hakim berkata:

    Jadi tempe gambus itu makanan khas Wonosobo, ya? Saya dulu sering makan itu dan rasanya gurih sekali.

    • Dari informasi yang saya terima di daerah Wonosobo memang seperti itu Kang, dan rasanya memang gurih dan enak tempe gambus ini, apalagi kalau di makannya masih dalam keadaan panas dan pakai cabe ya…. yumi….. 😀

  5. emm ky paham daerah ini deh.. mungkin aq prnah lwt sini

    • Dusun Siyono yang sejuk biasanya selalu nempel di ati kang. 😀

  6. sejuknya suasana pedesaan 🙂

    • Benar Mba, suasa dusun Siyono masih asri sekali seperti alam pedesaa yang indah… 😀

  7. aduh sawahnya itu membuat hati nyaman, bisa mnghilangkan stres berlama-lama memandang sawah nan hijau

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :