Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Wisata Di Desa Sade, Lombok

Wisata Di Desa Sade, Lombok

Desa Sade Dikenal Sebagai Perkampungan Suku Sasak Di Lombok

Direktori Wisata .- Perkampungan Desa Sade berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Mataram dengan kawasan Selatan Lombok.

desa-sade-lombok

Kurang lengkap bila berwisata di kawasan Lombok tidak mengunjungi perkampungan dari Suku Sasak di Desa Sade yang berada di Lmbok Tengah ini. Di perkampungan ini kita akan dibawa dalam suasana desa tradisional dengan rumah sederhana beratap rumbia khas Sasak.

Konon informasi yang diterima Direktori Wisata di lokasi, kawasan ini dihuni hanya 150 Kapala keluarga dengan 400 jiwa, dan semuanya masih memiliki hubungan darah antar sepupu. Karena hal ini merupakan penerapan dari adat tradsi dari Suku Sasak yang hingga kini masih diterapkan oleh masyarakat lokal.

Lanjut…..
Rumah penduduk asli masyarakat lokal Desa Sade terdiri atas dua ruangan. Ruangan pertama terletak di bagian dalam untuk anggota keluarga wanita yang dirangkap juga sebagai dapur, dan untuk ruang yang lantainya berada di bagian luar yang diperuntukan untuk angota lainnya. Uniknya, lantai rumah penduduk lokal di sini dibersihkan dengan kotoran kerbau agar mengkilat, licin, dan terlindung dari serangga.

Sebagain besar Suku Sasak beragama Islam. Uniknya, pada sebagian kecil masyarakat Suku Sasak terdapat praktek Islam yang agak berbeda, yaitu penganut Islam Wetu Telu. Ada juga sedikit warga  Suku Sasak yang menganut kepercayaan pra-Islam yang disebut dengan nama Sasak Boda. Terlepas dari semua perbedaan dan keunik keyakinan tersebut, yang jelas, Suku Sasak memiliki lingkungan kehidupan sendiri.

Cara Menuju Lokasi Desa Sade, Lombok Tengah

Untuk menuju lokasi Desa Wisata Sade di Lombok Tengah, kita harus menempuh perjalanan dari Mataram dalam waktu dua jam. Jika ingin naik angkutan umu, kita dapat memilih angkutan dengan jurusan Mataram – Kuta.

Sedangkan bila kita dari Bandara Internasional Lombok (BIL) hanya sekitar 20-30 menit dengan menggunakan kedaraan taksi. Dan untuk lokasi Desa Wisata Sade letaknya berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Wisata Di Desa Sade, Lombok akan memberikan pengalaman menarik bagi kita dalam mengnal lebih dekat sebuah desa wisata yang menjadi salah satu ikon wisata yang hingga kini masih tetap terjaga dan terwat dengan baik kehidupan norma adat dari suku asli masyarakat Lombok. Selamat menikmati liburan di tempat wisata Lombok Desa Sade, Lombok Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. Jadi, jika kita berkunjung kesana kita bisa bertemu dengan suku asli daerah Lombok, ya. Mereka merupakan pelestari tradisi asli sukunya.

    Setelah membaca ulasan tentang Desa Sade Ya, semoga bisa terus dipertahankan dan tetap terwariskan pada setiap generasi suku tersebut.

  2. Rumahnya unik, masih banyak orang-orang yang tetap mempertahankan budayanya 🙂

    • Rumah penduduk lokal di desa Sade memang unik, apalagi tata letak dan fungsinya kang lebih unik lagi. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :