Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Wisata Di Desa Lingga Panorama Rumah Tradisional Batak Karo Nan Eksotis

Wisata Di Desa Lingga Panorama Rumah Tradisional Batak Karo Nan Eksotis

Wisata Di Desa Lingga:: Desa Kuno Masyarakat Batak Karo

Direktori Wisata. – Desa Lingga merupakan desa kuno yang masih terdapat rumah-rumah tradisional Batak Karo dan berada di Kecamatan Simpang Empat, posisinya +/- 15 km dari Berastagi.

desa-lingga

Sebuah rumah tradisional Batak Karo dengan atapnya yang sangat khas berbentuk tanduk kerbau, berusia ratusan tahun dan bernilai sejarah, berdiri kokoh di tengah-tengah perkampungan. Untuk bisa masuk ke rumah tradisional ini kita harus menaiki anak tangga terlebih dahulu.

desa-linga

Rumah tradisional ini Batak Karo ini terlihat sederhana. Bangunannya yang terbuat dari kayu-kayu pilihan dan alami, dengan atap yang terbuat dari susunan jerami yang tersusuna nan indah ini nampak usang, namun terlihat kokoh berdiri melalui berberapa dekade masa.

desa-lingga

Setelah melalui anak tangga yang menghantarkan kita ke depan pintu masuk rumah tradisional Batak Karo ini  barulah kita ketemu dengan pintu masuk rumah tradisional Batak Karo. Posisinya tepat berada di tengah-tengah bangunan rumah. Setelah kita masuk ke dalam rumah ini kita akan melihat suasana serta tata letak ruang rumah tradisonal Batak Karo yang ada.

desa-lingga

Suasana dalam ruangan rumah tradisonal Batak Karo seperti kita lihat seperti biasa. Ruang kamar tidur yang trpisah dindin sekat pembatas, dan temapt memasak yang berada di dalam masih menggunakan alat tardisional seperti kayu bakar yang di bakar di atas tungku untuk memasak.

Untuk menuju Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat dapat lihat langsung di peta.

Tempat Wisata Wisata Di Desa Lingga kita bukan hanya melihat rumah tradisional dari suku Batak Karo yang masih ada, namun kita juga dapat mengenal lebih jauh sebuah tradisi dan budaya tua dari masyarakat Batak Karo yang tetap terjaga hingga kini. Namun, di lokasi ini kita dapat banyak pembelajaran arti dari sebuah rasa kebersamaan dalam suka mau pun duka untuk menjunjung tinggi sebuah nilai tradisi dan budaya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

7 Comments

  1. klo liat suasana bgtu … jadi pengin kembali ke sulawesi ,,,hehe

    • Ko Sulawesi Mas ? Sama ya dengan Sulawesi rumah tradisional Batak Karo ini ya Mas Fiu ?

  2. wah, kok bisa miring gituya? membangunnya gimana ya? butuh ketelatena, ketelitian dan pemilihan kayu yang bagus pastinya agar awet dan tahan lama.

    • Bila mngikuti proses pembangunan rumah tradisonal Batak Karo ini, infonya harus pakai ritual khusu mas. Dari pemilihan kayunya, sampai dengan tata cara memasang perkakas yang terdapat di bangunannya. Makannya menurut informasi, rumah-rumah ini bisa awet dari gempa dan lain-lain apagi usianya sudah berabad-abad mas. 😀

  3. Kayaknya ini mau diurutin kang, setelah Jawa sekarang Sumatera semoga dilanjut ke Bangka Belitung – Kalimantan- Sulawesi dampai di Indonesia bagian Timur 🙂

    • Tergantung sponsor sama tiketnya Kang, maunya sih keliling Indonesia. Siapa tahu ke sampaian. 😀

  4. Kalau rumah tradisional seperti itu kalau ujan turun suka bocor ngga iya? hehehehe

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :