Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Ciamis / Wisata Di Desa Kedungwuluh Pangandaran

Wisata Di Desa Kedungwuluh Pangandaran

Mengungkap Potensi Desa Wisata Yang Terpendam di Kedungwuluh Pandandaran

Direktori Wisata. – Desa Kedungwuluh yang terletak di kawasan Kecamatan Padaherang, Pangandaran, Jawa Barat ini memiliki beragam potensi industri wisata yang menarik dikunjungi.

Pangandaran bukan hanya menyimpan pesona wisata alam yang eksotis, namun dia juga menyimpan beragam potensi hasil industri rumahan masyarakat lokal yang sangat unik dan menarik untuk di jadikan tempat wisata edukasi industri kreatif lokal yang menarik dikunjungi.

wisata-desa kedungwuluh-pangandaran

Rumah-rumah penduduk Desa Kedungwuluh Pangandaran banyak yeng memiliki fungsi ganda. Selain sebagai tempat tinggal, kawasan rumah di desa ini juga dijadikan tempat usaha. Di area tempat desa wisata Kedungwuluh Pangandaran ini kita dapat banyak belajar dari pemanfaatan segala potensi yang dilakukan oleh masyarakat lokal di daerah desa ini.

Aktivitas industri rumah tangga yang menjadi atraksi yang menarik bagi kita pada saat mengunjungi Desa Kedungwuluh Pangandaran, Jawa Barat. Industri kreativ rumah tangga yang dapat kita temukan di desa ini seperti rumah produksi pembuatan gula aren, pembuatan kerupuk, pembuatan kerajianan dari kayu, melukis di kaos, hingga industri pandai besi dan masih banyak lagi lainnya.

rumah-industri-kerupuk-pangandaran

Pemandangan unik yang menghampar luas di halaman rumah penduduk seperti penjemuran kerupuk di atas papan anyaman bambu yang diletakakan di halaman belakang atau depan rumah yang berada di lokasi tempat industri kreativ pembuatan kerupuk di Desa Kedungwuluh, Pangandaran ini, dapat kita temukan di daerah desa ini. Bila kita ada waktu kita dapat singgah di tempat industri pembuatan kerupuk di salah satu rumah warga yang sedang melakukan proses penjemuran kerupuk.

Baca juga : Wisata Edukasi Pembuatan Kerupuk, Pangandaran

Yang paling menarik dan atraktif adaah perajin anyaman bambu. Dengan ketelatenan masyarakatnya, mereka mampu membuat anyaman dan menghasilkan berbagai macam produk, seperti tikar, keranjang, kap lampu, tudung saji, dan tempat nasi. Ada juga yang memanfaatkan sabut kepala untuk mebuat berbagai macam cendera mata yang siap dijual di Jakarta, Tangerag dan berbagai kota lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Kegigihan dan kesabaran penduduk Desa Kedungwuluh Pangandaran, bisa jadi pelajaran buat kita. Tidak sedikit dari mereka yang masih berada di desa ini dan bertahan di tanah kelahirannya untuk berjuang dan meningkatkan kulitas produk-produk rumahan yang mereka hasilkan untuk dikenalkan di seluruh dunia.

Untuk mengunjungi kawasan wisata industri kreatif di kawasan Desa Kedungwuluh Pangandaran, Jawa Barat kita dapat mengikuti arah jalan menuju Kecamatan Padaherang yang berada di dalam peta di bawah ini. Di lokasi tersebutlah kita akan menemukan potensi desa wisata dengan beragam hasil industri kreatif lokal yang dkenal dan menjadi takjub bagi para wisatawan mancanegara yang hadir di kawasan Desa Kadungwuluh Pangandaran.

Wisata Di Desa Kedungwuluh Pangandaran ini kita seperti diajak melihat sebuah nilai potensi ekonomi masyarakat desa kreativ. Dengan produk-produk unggulan yang mereka upayakan untuk dapat bertahan dan bersaing di pasar. Sambil berwisata di desa, kita pun dapat membeli langsung dari hasil rumah produksi yang kita kunjungi di Desa Kedungwuluh ini sebagai buah tangan produk lokal Pangandaran yang  khas.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Oalah, gula aren toh ini. Aku kira apaan kang 🙂

    • Di lokasi Desa Kadungwuuluh Pangandaran ini kita tidak hanya menemukan tempat industri gula aren saja Kang, namun hasil kerajinan produk lokal lainya pun bisa kita temukan di sini loh. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :