Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Wisata Di Danau Tamblingan Bali

Wisata Di Danau Tamblingan Bali

Liburan Bernuansa Alam Segar Dan Asri Di Danau Tamblingan Bali

Direktori Wisata – Tempat wisata Bali favorit dan asri dengan cerita legenda yang menarik serta ramai dikunjungi.

Sampai di Pulau Dewata Bali kita tidak hanya mengunjungi kawasan pantai yang indah, bahkan kawasan pulau Bali juga memiliki  destinasi wisata menarik lainnya yang menyajikan keindahan alam pegunungan dengan nuansa pemandangan indah dan udara segar yang masih alami.

danau-tamblingan-bali

Salah satu tempat wisata favorit di Bali yang menjadi destinasi wisata andalan masyarakat lokal salah satunya bisa kita temukan di Kabupaten Buleleng Bali. Di kawasan ini kita dapat menemukan tempat wisata alam Danau Tamblingan dengan nuansa indah yang dikenal dengan taman rekreasi yang masih natural dan alami.

Destinasi wisata Bali Danau Tamblingan ini terletak persis dilereng Gunung Lesuk, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali dengan ketinggian lebih dari 1.000 mil dari pantai. Danau ini menjadi wisata alam Bali yang asri dan sejuk. Di pagi hari kita dapat melihat kabut yang menggelayut di permukaan air danau, seakan menambah kesan mistik sang danau yang bisa kita rasakan saat hadir di tempat obyek wisata Bali ini.

danau-tamblingan-bali

Informasi yang Direktori Wisata terima konon, danau ini masih jarang terjamah oleh tangan manusia. Di danau ini tidak ada perahu motor, yang ada hanya sampan kayu yang bernama “pedahu” yang sering digunakan masyarakat lokal untuk memancing ikan. Dan saat ini  Danau Tamblingan Bali telah ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Wisata Danau Tamblingan Bali

Mereka yang datang ke tempat wisata Danau Tamblingan Bali dapat menyewa jasa perahu untuk keperluan memancing atau pun sekedar berrekreasi. Di samping tempat obyek wisata Danau Tamblingan ini memiliki tempat wisata yang alami dan udara segar, kawasan ini sangat disukai oleh para wisatawan yang membutuhkan tempat rekreasi yang tenang dengan suasana alam pegunungan.

Dibalik indah dan asrinya Danau Tamblingan terdapat unsur spiritual  yang kental, terbukti dengan banyaknya pura yang menghiasi danau ini menjadi saksi peradaban Bali di awal abad masehi. Tempat wisata Danau Tamblingan Bali ini tidak terlepas adanya tentang legenda dengan nama Tamblingan itu sendiri.

Menurut informasi masyaraka penduduk lokal setempat, konon, pada abad ke-10 hingga ke-14 Masehi terdapat empat desa yang mengelilingi danau. Ke empat desa tersebut disebut dengan catur desa yang terdiri dari Desa Munduk, Desa Goblek, Desa Gesing dan Desa Ungujeruk. Ke empat desa tersebut memiliki ikatann spiritual, dan penduduknya memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kesucian danau dan puranya.

Lanjut…..
Namun, pada suatu saat masyarakat penduduk di catur desa tersebut terjangkit sebuah wabah penyakit epidemik. Seseorang yang waktu itu dianggap sebagai orang suci, kemudian turun ke bawah danau untuk mengambil air, berkat doa dan kemampuan spiritual orang suci tersebut, air danau tersebut mampu menyembuhkan seluruh masyarakat desa. Oleh karena peristiwa itulah danau tersebut dinamakan Danau Tamblingan yang berasal dari “Tamba” yang berati obat dan “Elingan” yang berarti kemampuan spiritual.

Untuk mengelilingi Danau Tamblingan Bali dengan menggunakan jasa perahu kita dapat membayar Rp. 50.000 / trip.  Dari informasi yang Diterktori Wisata dapatkan di lokasi kebanyak wisatawan yang datang ke lokasi ini adalah wisatawan mancanegara.

Dan bila kita akan mengunjungi tempat wisata Bali di daerah Danau Tamblingan ini kita bisa menggunakan kendaraan motor atau pun mobil yang dapat masuk ke dalam kawasan pinggir danau yang masih asri dengan kawasan hutannya yang belum tersentuh.

Namun terlepas dari kebenarasn kisah legenda yang Direktori Wisata temukan di tempat wisata Bali ini, kita bisa menghormati pendapat dan pandangan masyarakat setempat. Paling tidak ada pembelajaran yang bisa kita ketahui tentang asal muasal dari kisah suatu legenda yang ada di suatu daerah destinasi wisata Bali ini.

Destinasi wisata Bali Utara Danau Tamblingan ini kita bukan hanya dapat menikmati wisata alam yang menarik dengan udara segar. Namun dari kisah penuturan legenda msayarakat lokalnya kita dapat mengambil pembelajaran yang menarik yang bisa kita simpulkan dengan pandangan positif.

Bahwa dalam menghadapi permasalahan yang besar, kita bisa menyelesaikan dengan permasalahan dari hal sederhana sederhana yaitu menyatukan suasana ketenangan dengan alam untuk bersinergi yang baik kita dapat membuka sebuah pintu pertolongan Tuhan yang sebenarnya tapa mengkhiyanati doa kita sendiri. Yuk liburan ke Bali.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

5 Comments

  1. bagi yg ingin menenangkan fikiran kayaknya cocok banget menuju danau tamblingan yamas.
    soalnya suasananya nampak menenangkan

      • Benar ma, selain udaranya sejuk dan pemandangannya indah tempat wisata Danau Tamblingan ini cukup banyak diminati bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Bali loh… masa kita kalah dengan mereka. 😀

  2. harus rajin menabung mulai sekarang nih agar dapat main ke danau tamblingan mas

    • Mudah-mudahan terlaksana Kang saya bantu doa agar Kang Yanto bisa liburan dan keliling Bali nantinya.. Amiiin. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :