Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Barat / Bogor / Wisata Di Curug Leuwi Hejo Bogor

Wisata Di Curug Leuwi Hejo Bogor

 

Menyibak Surga Mini Di Kawasan Sentul Bogor

Direktori Wisata – Curug Leuwi Hejo dikenal masyarakat setempat dengan nama lain Curug Bengkok. Area ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

Selain kawasan Pucak, Kabupuaten Bogor memiliki obyek wisata alam yang menarik dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun mini yang masih alami ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tersembunyi di balik kawasan Sentul, Bogor yang menarik dikunjungi. Konon area ini menjadi obyek wisata alamtrekking yang mengasyikan di kawasan Sentul Bogor.

Mengisi liburan sekolah di akhir pekan, Direktori Wisata bersama beberapa rekan Direktori Indonesia melakukan travelling di kawasan Kabupaten Bogor.  Dari informasi yang kami terima melalui media online, terdapat sebuah obyek wisata alam mini yang berada di kawasan Sentul Bogor sedang ramai dibincangkan oleh para traveller yang berkunjung ke lokasi ini. Dan kamipun mengambil keputusan untuk menysuri kawasan wisata Curug Leuwi Hejo Bogor.

curug-leuwi-hejo-bogor

Obyek wisata Curug Lewi Hejo merupakan air terjun mini yang memiliki kolam kecil yang berwarna hijau jernih yang bersuhu sejuk. Konon, informasi yang kami terima di lokasi dari warga setempat, aliran sungai Cilengsi berawal dari mata air yang terdapat di Curug Leuwi Hejo ini. Sedangkan perubahan warna air yang berubah warna menjadi hijau di area ini berasal dari pantulan cahaya sinar matahari, dan posisinya di bawah bukit kecil, maka warga menyebutnya dengan nama Leuwi Hejo.Sepintas kawasan wisata alam ini hampir sama seperti Green Canyon Pangandaran.

Lanjut informasi
Sedangkan nama asal penyebutan Curug Bengkok untuk Curug Leuwi Hejo ini berasal dari penyebutan warga setempat yang juga mengartikan air terjun dilokasi ini yang tidak lurus dikarena harus melintas dibebauan yang tidak lurus, jadinya disebut dengan Curug Bengkok.

wisata-alam-sentul

Lokasi Curug Leuwi Hejo tidak terlalu luas, dan sekelilingnya terdapat batu-batu kali besar. Namun, area ini menghasilkan kolam mini yang memiliki air yang jernih. Banyak sekali para traveller yang pada umumnya anak-anak muda yang mencintai dunia wisata alam yang senang melakukan trekking ke lokasi ini sambil berlibur.

Curug Leuwi Hejo Bogor merupakan salah satu tempat wisata alam murah di Sentul. Untuk masuk ke ara lokasi harga tiket Curug Luwih Hejo Rp. 5.000,-/orang. Sedangkan biaya penitipan kendaraan motor roda dua Rp. 5.000,-/motor sedangkan kendaraan mobil atau roda empat Rp. Rp.15.000,-/mobil. Semua pengelolaan dilakukan oeh warga masyarakat setempat.

Cara ke lokasi Curug Leuwi Hejo Bogor bisa ditempuh dengan beberapa alternativ jalan, kita bisa menggunakan akses jalan Sentul City atau Cituereup Bogor. Berikut merupakan jalur akses jalan menuju obyek wisata Curug Leuwi Hejo.

 
curug-.leuwi-hijo-sentul

Menuju Curug Leuwi Hejo dari Sentul City, Babadakan Madang kita dapat melalui akses jalan tol Jagorawi dan keluar dari pintu tol Sentul City, lalu kita dapat mengambil arah kiri yang menuju ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Stelah ketemu dengan Giant, kita akan menemukan jalan yang menurun yang menuju jalan pertigaan Rainbow Hills Golf, setelah itu ambil jalan yang ke kiri menuju Polsek Babakan Madang. Setelah itu kita mengikuti jalan terus sampai ketemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Setelah sampai dipertigaan, kta ambil ke arah Gunung Pancar hingga bertemu dengan pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah, setelah itu kita ambil jalan ke kiri untuk menuju Desa Karang Tengah dan kita akan menmukan sebuah plang ucapan selamat datang di obyek Wisata Alam Curug Bengkok. Leuwi Hejo, Curug Barong.Posisinya berada di sebelah kanan jalan.

Sebagai tambahan informasi, dilokasi ini harap berhati-hati bila musim hujan, karena kondisi jalan rusak, terjal dan licin. Terutama bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang membawa kendaraan, harap dititipkan dan kunci kendaraan jangan sampai jatuh atau tertinggal.

Menuju Curug Leuwi Hejo dari Pasir Mukti Kecamatan Citeureup kita bisa keluar tol Sentul City atau tol Cibubur lalu ambil arah menuju Jonggol. Kita bisa mengambil jalan melalui Kecamatan Citeureup dan Sukamakmur karena kondisi jalannya lebih baik dibandingkan kita melalui Gunung Pancar, Babakan Madang.

Setelah sampai dipertigaan Jonggol – Cianjur di Desa Karang Tengah, kita tinggal mencari plang tugu Selamat datang di kawasan Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong, dan posisinya ada di sebelah kiri. Atau lebih jelasnya bisa langsung lihat di dalam map di bawah ini.

Baca juga : Menuju Leuwi Hejo Sentul Bogor

Disamping menjadi kawasan wisata alam Sentul, Curug Leuwi Hejo ini juga menjadi salah satu obyek wisata yang dapat menghasilkan bagi pendapatan desa setempat. Walau terlihat masih banyak kekurangan dalam bentuk sarana dan prasarana yang dapat menunjang tingkat keamanan dan kenyamanan wisatawan pada musim hujan karena medannya cukup terjal dan kurang nyaman bagi yang tidak terbiasa menuju tempat wisata alam perbukitan.

Namun, bagi sahabat Direktori Wisata yang suka trekking, tempat wisata Curug Leuwi Hejo Bogor menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dicoba.Kita akan menemukan sisi keindahan yang bersembunyi di kawasan Sentul Bogor. Happy traveling…….[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

46 Comments

  1. kayanya seger banget ya kang,,, di tempat saya juga ada curug, namanya curug pancuran pitu 😀

    salam

    • Benar kang, untuk jenis wisata alam, kita pun harus bisa memilah untuk kondisi medan daan keuangan, karena di tempat daerah sekitaran saja masih ada ko lokasi wisata yang memiliki tempat wisata indah seperti Curug Leuwi Hejo Bogor ini. 😀

  2. hem sejuk banget nih kayaknya berendam diair terjun mini yamas.
    apalagi airnya berwarna hijau jernih pasti banyak orang yg selfie

    • Obyek wisata alam di kawasan Sentul Curug Leuwi Hejo Bogor ini memang masih alami dan berudara sejuk mas, apalagi kalau ke sini sama keluarga. 😀

  3. sayangnya dari tempatku jauh banget nih mas,kebanyakan dingkos transport drpd ongkos masuk yg murah meriah itu. 😀

    • Nanti kalau ke daerah Sentul atau Citeureup Bogor baru mapir ke obyek wisata Curug Leuwi ini mas biar tidak jauh dari rumah. 😀

  4. Wah, ini bisa jadi referensi kalo pergi Ke Bogor. Mau kemana ? cobain Curug Leuwi hejo. Airnya seger banget tuh, pengen bermain-main sepuasnya disana.

    • Yuk ke Curug Leuwi Hejo Bogor Kang, seru banget obyek wisata alam di Sentul Bogor ini. 😀

  5. Sepertinya asyik tempat wisatanya dan kelihatan airnya masih bersih.
    Rekomendasinya Oke ini, trimakasih telah berbagi,…
    OOT: itu bacan bukan 🙂

    • Air di Curug Leuwi Hejo Bogor akan membuat kita merasa betah dan senang loh gan kalau bisa menikmatinya dari dekat. 😀

  6. .Akan lebih seru jika bareng keluarga nih berwisata kesana.
    .Mandi,Mandi,Mandi..
    .Basah,Basah,Basah..
    .Dingin,Dingin,Dingin.. 😀
    hhehe..

    • Benar mas, selain tempat wisatanya yang masih alami tentu kita akan dapat merasakan kebersamaan yang lebih aeru bersama keluarga ke obyek wisata Curug Leuwi Hejo Bogor ini. 😀

  7. Sepertinya tempat ini sangat cocok untuk dikungjungi saat kita lagi ingin melepaskan beban atau merefresh pikiran kita. lebihnya lagi tepat di bawah air terjun tersebut. Apakah boleh berada tepat dibawah air terjun itu mas, apakah tidak dalam ?

    • Yes Mba, biasanya alam akan menjadi sebuah sarana melepas segala kepenatan dan membantu kita merefresh semua beban pikiran, apalagi ditempat Curug Leuwi Hejo Bogor ini yang masih alami, pastinya seger bener deh…. 😀

  8. Wah…jadi ingin berkunjung ke Leuwi Hejo ini.
    Airnya masih jernih ya Kang. Nikmat banget sepertinya berendam disana.

    Salam,

    • Lumayan Kang Obyek wisata Curug Leuwi Hejo Bogor ini, masih alami dan pengelolaan kawasannya pun masih ditangani oleh masyarakat setempat, masih terbilang sangat almi dan memiliki nilai pontensial untuk aset desa di sana.

  9. Pemandangannya di sekitar Curug Leuwi Hejo Indah ya Kang, kalo di Karawang ada Curug Cigentis hehehe… adanya di daerah Pangkalan, Loji… 🙂
    jadi pengen ke Curug Leuwi Hejo nih…

    • Wah pasti seru dan indah di Curug Cigentis Karawang ya, nanti pengin juga main ke sana. Nanti Kang Eka kalau ke Sentul mampir ke Curug Leuwi Hejo Bogor aja kang, bisa langsung mandi di sana. 😀

  10. Wah seru juga ya ekspresinya, sepertinya bisa terhibur ketika berada disana. Kalau mampir ke bogor saya bakal kesana buat membuktikan keindahannya. ^.^

    • Silahkan, langsung saja menuju ke Curug Leuwi Hejo Bogor, sayang banget kalau sudah sampai Bogor tidak singgah di tempwt wisata alam yang masih asri ini Kang. 😀

  11. Ramai banget ternyata yg datang. Heemmm keren

    • Lumayan kang, lai ame jadi tempat wisata yang banyak dibicarakan Curug Leuwi Hejo Bogor ini Kang, tempatnya nyempil di kawasan desa tapi indah banget deh… 😀

  12. enak ya brendem. seger. murah lagi masuknya.
    kayanya banyak batu akiknya ya di dasarnya itu. heheheh

    • Bukan batu aki yang ada di kawasan Curug Leuwi Hejo Bogor kang, tapi batu kali. he,, he, he,, 😀

      • mendadak demam akik gan….tapi kayaknya memang ada kalau udah banyak kumpulan batu besar. yang perlu diperhatikan adalah kalau ada yang menambang batu akik, bisa aja bikin tempat tersebut menjadi rusak.

  13. Sentul ya, deket kalo dari Bojong mah, mau nyoba nanti

    • Tapi harus naik kendaraan pribadi atau taksi mba, masih lumayan sih kalau dari Sentul lokasinya ke Curug Leuwi Hejo Bogor. Tapi seru ko, ga bakal nyesel deh kalau sudah sampai di sana. 😀

  14. Tempat yang menarik dan cukup dekat dari tempat tinggal saya. Apa di area curug tersedia tempat mandi/ganti pakaian yg layak….tks.

    • Tempat ganti dan kamar mandi yang layak di sana belum ada Mba, karena masih dilola dengan warga setempat, jalannya pun masih jalan desa. Dari pengalaman kami ke lokasi, kami numpang dengan rumah penduduk setempat untuk kamar gantinya. 😀

      • artinya tuh curug hejo masih alami ya gan. masalah ganti pakaian untuk laki-laki mungkin tidak terlalu bermasalah, tapi kalau untuk perempuan kayaknya repot juga kan gan?

  15. wah ane pernah ksana.pas msh sepi alias blm dkelola ,jd wktu itu gratis..ternyata skrng jd terkenal..

  16. moga para pngunjung tdk membuang sampah sembarangan n membuat tempat tersebut menjadi kotor…

  17. beberapa kali ke blog ini saya sudah punya referensi tempat wisata yang bagus dan nyaman untuk dikunjungi. termasuk tempat wisata curug hejo bogor. kayaknya ramai ya mas di sana kalau lagi musim libur?

  18. Rumah saya di cibinong, deket banget sama sentul. tapi saya bahkan baru tau loh kalo ada curug di deket sana ehehe. Pengen coba ah kesana 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :