Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata di Benteng Van Der Wijck Gombong

Wisata di Benteng Van Der Wijck Gombong

Pesona Wisata Heritage di Kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah

Direktori Wisata – Tempat wisata heritage Benteng Van Der Wijck di Kabumen, Jawa Tengah yang berbentuk eksagonal persegi delapan.

Benteng Van Der Wijck merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1818 disebut sebagai tempat wisata spiritual dan wisata heritage. Bangunan yang terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini merupakan bangunan satu-sataunya di Indonesia yang berbentuk eksagonal atau persegi delapan.

Wisata BENTENG van Der Wijck Gombong

Bangunan Benteng Van Der Wijck ini memiliki bangunan dua lantai yaitu lantai pertama memiliki empat pintu gerbang, sedangkan untuk lantai ke dua bangunan ini memiliki 16 ruangan besar dan 25 ruangan kecil serta memiliki empat tangga yang menghubungkan lantai ke dua dengan atap bangunan benteng. Di atap benteng inilah dua kereta kecil ditempatkan dan digunakan untuk berkeliling benteng.

Konon pembangunan Benteng Van Der Wijck dibangun saat perang Diponegoro dengan cara kerja paksa, ada kaitannya dengan politik benteng stelsel, yang digunakan Belanda sata waktu tersebut untuk mempersempit gerak pasukan Pangeran Diponegoro.

Lanut…..
Bangunan benteng ini difungsikan sebagai benteng pertahanan pada jaman penjajahan Belanda dulu. Dan bangunan benteng ini seluruh bangunannya terbuat dari batu merah dan berbentuk persegi delapan, sehnggi menjadikannya sebagai ciri khusus bangunan benteng ini dari bangunan benteng lainnya.

Kokohnya Bangunan Benteng Van Der Wijck ditunjukan dari tinggi temboknya yang memiliki ketinggian 10 meter dan ketebalan 1,4 meter. Di tempat wisata heritage Gombong di Benteng Van Der Wijck ini kita bisa membawa keluaraga dan anak-anak sambil liburan dan belajar tentang sejarah. Di area benteng terdapat arena permainan anak-anak seperti kereta keliling yang berada di lantai dua bangunan benteng.

Mengenai siapa yang membuat bangunan benteng tersebut, hinga saat ini belum ada liteuratur yang menerangkan siapa arsitek cemerlang yang memprakarsai pembangunan bangunan Benteng Van Der Wijck Gombong ini. Nama benteng konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi diambil dari tulisan yang tertera dipintu masuk yang sejak awal memang sudah ada.

Baca juga : Wisata Pantai Watu Bale Desa Pasir Kebumen Jawa Tengah

Lanjut informasi,  Van Der Wijck merupakan terminologi Belanda yang bermakna bangunan atau benteng yang berada di tengah-tengah desa. Dan salah seorang perwira militer Belanda yang pernah menjadi Komandan di benteng ini juga bernama Van Der Wijck, nama yang sama ini juga digunakan sebuah karya novel dari Hamka yang berjudul Kisah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.  Jadi hinga sekarang masih tersimpan sebuah misteri di balik kemegahan Benteng Van Der Wijck ini.

Baca juga : Panorama Surag kecil di balik Wana Wisata Alam Bukit Sawangan Kebumen

Untuk menuju tempat wisata heritage Benteng Van Der Wijck tidaklah terlalu sulit, karena bangunan ini letaknya da di tengah Kota Gombong yang berjarak +/-35 km dari Kota Kebumen ke arah barat. Untuk menuju ke arah lokasi akses jalannya sudah bagus dan beraspal dengan sarana transportasi umum Gombong – Kebumen.

Baca juga : Secuil Surga Tersembunyi di Wana Goa barat Jatijajar Kebumen

Namun bila kita dari arah Kota Yogyakarta kita menempuh perjalanan beberapa jam, Namun bila kita dari arah Jakarta bisa di tempuh dengan perjalanan darat kurang lebih seharian. Kita dapat mengikuti rute perjalanan untuk menuju lokasi Benteng Van Der Vijck yang bisa di lihat dalam peta pada jalur yang kami buat melalui Google Map.

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. memang bagus juga ya mas bentengnya…dengan begini kita bisa belajar sejarah sambil wisata…
    menarik untuk dikunjungi dan bisa adu nyali juga mas kalau malam kesana. heee

  2. Peninggalan jaman dulu, unik dan menarik ya Mas…
    Semoga benteng Van Der Wijck Gombong ini menjadi sejarah yang bisa selalu dikenang dan diambil hikmahnya… sehingga bisa membayangkan peristiwa masa lampau yang penuh dengan perjuangan raykatnya… 😀

  3. betapa indahnya wisata benteng van der wijck, ini sepertinya kisah pada zaman kerajaan dulu ya mas, vander wijch 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :