Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Candi Prambanan: Menelusuri Situs Warisan Dunia Desa Prambanan

Wisata Candi Prambanan: Menelusuri Situs Warisan Dunia Desa Prambanan

Susur Jejak Wisata Sejarah di Candi Prambanan Klaten

Direktori Wisata. – Candi Prambanan dikenal dengan sebutan Candi Rara Jongrang, terletak di Desa Prambanan, Jawa Tengah, Indonesia.

Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 M. Candi dengan gaya arsitektur yang mempersembahkan Trimurti yang dikenal dengan dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

candi-prambanan

Candi Prambanan merupakan kawasan tempat wisata yang berada di Pulau Jawa yang berbatasan antara Provinsi Jawa tengah dan Daerah Istimewah Yogyakarta.

Dari informasi data yang diterima Direktori Wisata berdasarkan Prasasti Siwagrha, nama asli  Candi Prambanan adalah Siwagrha, dalam bahasa sansekerta berarti Rumah Siwa. Bila kita menelusuri komplek candi Prambanan,.

Di lokasi Candi Prambanan ini, kita akan menemukan sebuah ruangan utama di dalam candi yang bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi +/- 3 meter yang menunjukkan bahwa di Candi Prambanan ini, Dewa Siwa lebih diutamakan.

Lanjut informasi, Candi Prambanan mulai dibangun sekitar tahun 850 M oleh Rakai Pikatan. Candi ini dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu pada masa Kerajaan Medang Mataram.

Dan Candi Prambanan ini, sekarang termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO. Akan banyak informasi yang bisa sahabat dapatkan, bila mengunjungi objek wisata Jawa Tengah yang satu ini.

Menyusuri pintu masuk komplek Candi Prambanan, kita dapat menempuh dengan berbagai jalur akses yang disediakan di kawasan ini, karena di lokasi Candi Prambanan terdapat empat pintu yang disesuai dengan arah penjuru mata angin.

Namun, arah pada gerbang utama pintu masuk Candi Prambanan menghadap ke arah timur, tidaklah heran bila kita mengunjungi tempat wisata candi di Jawa Tengah ini dari pintu masuk utama, tertulis di sana dengan jelas bahwa pintu masuk dari “gerbang timur.”

Selain sebagai tempat ibadah, kawasan Candi Prambanan ini juga merupakan tempat wisata edukasi yang bernilai sejarah dan kaya akan sebuah pembelajaran akan tradisi budaya masyarakat lokal.

Di lokasi Candi Prambanan sahabat Direktori Wisata akan dapat menemukan beberapa candi, seperti;

  • 3 Candi Trimurti, yiatu Candi Siwa, Wisnu, dan Brahma.
  • 3 Candi Wahana, yaitu Candi Nandi, Garuda dan Angsa.
  • 2 Candi Apit yang terletak di 4 penjuu mata angin, tepatnya dibalik pintu masuk yang terdapat di halaman dalam satu zona inti.
  • 4 Candi patok yang terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona inti, dan
  • 224 Candi Perwara yang tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar yang terdiri 44, 55, 60, dan 68.

Dengan demikian, terdapat total candi sejumlah 240 candi di kompleks Candi Prambanan. Dari informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan pada saat melakukan perjalanan wisata di Candi Prambanan,

Konon informasinya kini jumlah candi-candi tersebut hanya tersisa 18 candi, yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil di zona inti, serta 2 candi perwara. Karena masih banyak candi perwara yang belum dipugar.

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima, dari jumlah 224 candi perwara, hanya 2 candi yang sudah dipugar, dan tersisa hanya tumpukan batu yang berserakan.

Jalan-jalan di dalam kompleks Candi Prambanan mengisi liburan para pengunjung dituntut memiliki fisik yang kuat dengan stamina yang cukup sehat.

Kawasan kompleks Candi Prambanan ini terbagi tiga zona, yaitu zona luar, zona tengah yang trediri atas ratusan candi, dan zona dalam yang merupakan zona tersuci tempat delapan candi utama dan delapan kuil kecil.

Sebagai catatan sahabat Direktori Wisata, bila mengisi liburan di kawasan Candi Prambanan, sebaiknya kita dapat menjaga prilaku dan etika, walau tempat ini terbuka untuk umum dan sebagai tempat wisata,

Namun harus kita ingat bersama, kawasan ini menjadi salah satu kawasan yang disucikan sebagai tempat rumah ibadah.

Baca juga : Pesona Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Puas berkeliling di kawasan objek wisata Candi Prambanan, kita dapata mengunjungi kawasan wisata Jawa Tengah lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi lainnya.

Sahabat Direktori Wisata dapat mengunjungi tempat wisata Klaten yang menyediakan destinasi liburan yang menarik untuk mengisi liburan berama keluarga maupun kerabat.

Baca juga : Wisata Situs dan Candi di Lereng Gunung Lawu

Cara menuju ke lokasi Candi Prambanan sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti rute jalan yang berada di dalam google map di bawah ini. Kalian dapat mensetting dari lokasi untuk sampai menuju ke candi tersebut.

Wisata Candi Prambanan, kita bukan hanya disuguhkan berbagai macam informasi sebagai pengetahuan akan sebuah nilai tradsisi budaya lokal yang bernilai sejarah dan dilindungi dunia internasional.

Tempat wisata ini juga dapat menjadi salah satu wahana obyek view untuk mengabadikan sebuah gambar photo sekaligus tempat menyalurkan bakat dan hobi bagi para pecinta dunia travel photography dan video maker.

Candi Prambanan selalu memiliki pesona keindahan dari setiap sudut keunikannya yang klasik dan bernilai seni tinggi yang dapat dirasakan hingga saat ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. jujur kang saya belom pernah main kecandi prambanan ini dan kayaknya tempatnya kerenn yahh 🙂

  2. wah ini dia candi yang masuk di buku pelajaran sejarah, hahaha

  3. saya sudah beberapa kali ke Candi Prambanan Kang, malah kalo lagi ke Yogya, gak lengkap rasanya kalo belum berkunjung ke Prambanan, pulangnya baru ke Malioboro hehehe… wah, kayaknya kang Indra lagi Mudik Ke Yogya nih 😀

  4. Prambanan saat ini memang sangat OK sebagai salah satu destinasi wisata.
    Apalagi kalau sempat nonton Ramayana Ballet yang digelar setiap malam minggu …
    🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :