Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Bali / Wisata Candi Gunung Kawi di Gianyar Bali

Wisata Candi Gunung Kawi di Gianyar Bali

 

Eksotisme Wisata Candi Gunung Kawi di Gianyar Bali

Direktori Wisata. – Candi Gunung Kawi terletak di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

candi-gunung-kawi-bali

Suasana asri dengan rerimbunan pohon dan gemercik air sungai yang dikeramatakan oleh masyarakat lokal setempat menyambut kehadiran Direktori Wisata di lokasi ini bersama para wisatawan lainnya. Simfoni alam yang indah menemani kami menaiki anak tangga untuk menuju tempat wisata purbakala di kawasan Gianyar Bali ini.

Sesampainya di lokasi komplek candi, terlihat jelas bahwa candi-candi yang terbuat dari batu padas yang terbingkai rapih di dinding batu yang berbentuk bukit. Ada lima buah candi yang menghadap ke arah barat.

candi-gunung-kawi-gianyar-bali

Sedangkan untuk candi yang menghadap ke sebelah timur terdapat empat buah candi. Kedua candi tersebut lokasinya terpisah oleh aliran Sungai Pakerisan yang melintas di area Komplek Candi Gunung Kawi.

Bangunan-bangunan candi tersebut terlihat dipahat secara rapih dan mebentuk ruangan khusus yang melengkung bagaikan bingkai  lukisan yang bersenergi dengan alam yang begitu indah. Inilah salah satu kesan pertama yang bisa kita dapatkan di lokasi tempat wisata alam Bali yang religius.

 
komplek-candi-gunung-kawi-bali

Konon dari informasi pemandu wisata Bali yang kami dapatkan, candi tersebut dibuat dalam bentuk seperti itu agar dapat melindungi bangunan dari ancaman erosi. Sedangkan nama lain dari Candi Gunung Kawi itu sendiri medapatkan sebuah nama julukan yaitu Candi Tebing Kawi. Dan bangunan candi-candi ini menjadi situs purbakal yang dilindungi serta dilestarikan di kawasan Bali.

Baca juga : Wisata di Pemakaman Unik Desa Trunyan Bali

Lanjut informasi…..
Nama Candi Gunung Kawi sendiri berasal dari kata “Gunung” yang berarti gunung; dan “kawi” yang berarti pahatan. Dan lokasi ini sampai dengan hari ini masih menjadi tempat beribadah umat Hindu-Bali. Dan pertama kali yang menemukan Komplek Candi ini adalah seorang ahli arkeologi kuno Bali dari Belanda sekitar tahun 1920. Sedangkan mnurut informasi peerkiraan para ahli, Candi Gunung Kawi dibuat sekitar abad ke-11 M pada masa pemerintahan Raja Udayana hingga pemerintahan Anak Wungsu. Masyarakat Bali lebih mengenal dengan sebutan Pura Gunung Kawi.

Baca juga : 5 Wisata Ubud Bali Yang Menarik Dikunjungi Wisatawan Untuk Mengisi Liburan

Untuk menuju kawasan Candi Gunung Kawi Bali dapat mengikuti rute jalan sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam peta.

Tempat Wisata Candi Gunung Kawi, Bali akan membuka cakrawala pengetahuan bagi kita tentang sejarah dari dunia arkelogi dan sejarah. Namun, terlepas dari pada itu semua kawasan ini merupakan salah satu kawasan wisata yang dapat dinikmati namun harus tetap di hormati sebagai salah satu rumah ibadah umat Hindu-Bali. Jadi gunakanlah pakaian yang sopan dan jaga prilaku serta ucapan pada saat kita mengunjungi tempa wisata Candi Gunung Kawi di Gianyar, Bali.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

8 Comments

  1. Kalo membicarakan gunung kawi, saya jadi mengingat gunung keramat yang ada di malang… ternyata di bali juga ada wisata gunung kawi ya pak…perbedaanya terlihat dari banyaknya bangunan candi bekas peninggalan kekuasaan bali kuno..

    • Benar mas, Indonesia memiliki banyak kawasan wisata religi yang bersejarah seperti Candi Gunung Kawi Bali tersebut ya mas. he,, he, he,

  2. Peninggalan sejarah yang begitu mempesona meski sudah termakan zaman namun tetap kokoh berdiri

  3. arsiteknya yang bagus dan sekaligus dimanfaatkan untuk menghadapi erosi dan pengikisan. selain itu memang tampilannya unik juga dan perlu dijadikan sebagai referensi wisata. maaf ya kang baru bisa berkunjung.

  4. wui.. lama ngadat saya di dunia maya, ternyata sudah ketinggalan banyak info mas..

  5. Saya menemukan blog info wisata melalui juragan cipir.. dan rupanya admin direktori wisata sama-sama menyukai blog juragancipir. Salam kenal..

  6. wah kapan” kesini ah kalo ada uang, cukup menarik buat dikunjungi :D.
    salam kenal hihi

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :