Wisata Di Buperta Cibubur Jakarta

posted in: Jakarta, Wisata Alam | 0

Wisata Di Buperta Cibubur Jakarta

Bumi Perkemahan Cibubur atau yang sering dikenal dengan sebutan “Buperta” merupakan kawasan perkemahan yang terletak di pinggir kota Jakarta Timur. Posisi kawasan Bumi Perkemahan (Buperta) ini tidak jauh dari pintu gerbang masuk tool Jagorawi km 13 dari arah Jakarta.

Kawasan Buperta Jakarta memiliki kontur lahan berbukit dan lapang, sehingga sehingga membuat kita nyaman untuk melakukan perkemahan di kawasan Cibubur Jakarta Timur. Salah satunya adalah lahan luas yang banyak menampung tenda di dalam kawasan Bumi Perkemahan Cibubur. Biasanya lokasi seperti ini digunakan untuk sebuah kegiatan pelantikan atau pun kegiatan wisata alam.

Dari pengalaman pribadi pada saat melakukan wisata alam di kawasan Buperta Jakarta, kita bisa belajar hidup bersosialisasi dengan alam dan dengan banyak rekan yang menjadi peserta. Hidup bersama di alam dengan menyatukan fissi dan pandangan dari beragam pendapatpun dapat disatukan. Hal ini dsebabkan karena kita mengalami kebersamaan tanpa melihat status dan kedudukan ekonomi dan pendidikan.

Papan Petunjuk Arah Di Kawasan Buperta Cibubur Jakarta

Tidak jauh dari lokasi perkemahan yang kita gunakan sebagai tempat mendirikan tenda terdapat sebuah arena outbound yang bisa digunakan bagi para peserta Pramuka atau kegiatan masayrakat lainnya untuk melakukan aktivitas di area outbound Bumi Perkemahan Cibubur. Di arena inilah kami juga melakukan kegiatan menghadapi halang rintang .

Satu arena ke satu arena lainnya, kami harus lalui di tempat outbound Buperta ini. Dari jalan tiarap, merangka, hingga melintas talidan menaiki tali tersebut. Namun, semuanya itu dilakukan dengan pengawasan instrutur yang terlatih. Seru dan menegangan kegiatan yang harus kami lakukan di area ini  Hal inilah yang membuat perjalanan wisata di Buperta Cibubur Jakarta menjadi sulit dilupakan oleh siapapun yang telah mengalaminya. Apalagi kalau ada yang Cinlok di sini. he,, he,, he,,,

Cerita menarik di tempat wisata Buperta Cibubur Jakarta yang saya terima, Konon Bumi Perkemahan Cibubur terdapat sebuah cerita legenda tentang seorang gadis manis bernama Mumun. Gadis manis yang tinggal tidak terlalu jauh dari lokasi danau Bumi Perkemahan Cibubur tersebut selalu melakukan aktifitasnya di danau tersebut. Dan singkat cerita si Mumun pun mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari orang-orang jahat hingga membuat dirinya tidak terselamatkan nyawanya. Dari kejadian inilah selalu hadir cerita mistis dari hantu bernama Mumun. Sehinga orang yang selalu dalam pikiran kosong di Bumi Perkemahan Cibubur sering kerasukan makhluk astral karena terganggung.

Sepintas cerita kisah si Mumun di Bumi Perkemahan Cibubur (Buperta) Jakarta pada saat saya melakukan wisata alam di sana sangat menarik perhatian banyak orang. Sehingga kisah ini bisa menjadi sebuah legenda di kalangan masayrakat yang pernah melakukan aktifitas perkemahan di Cibubur. Namun, bila kita telaah lebih jauh, di manapun temapt lokasinya kita akan selalu berdampingan dengan makhluk astral. Dan bila kita dapat menyikapi hal ini dengan positis dan niat baik, di mana pun kita akan bisa hidup berdampingan tanpa ada rasa was-was dan takut bila kita selalu bersama Tuhan.

Untuk menuju ke kawasan Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur Jakarta kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila kita menggunakan kendaraan umum kita bisa menggunakan angkutan umu dari arah Kampung Rambutan yang menuju  Kranggan, atau angkutan umum yang menuju Mekarsari jonggol. Biar tidak salah angkutan, ada baiknya sebelum naik angkutan umum kita bertanya terlebih dahulu oleh pertugas yang terdapat di terminal Kampung Rambutan. Hal ini agar membuat perjalanan wisata di Buperta Cibubur Jakarta kita menjadi lancar.

Perjalanan wisata tidak terlepas dari sebuah hiburan, permaian dan pendidikan. Namun kita pun tidak boleh terlalu berlebihan untuk menganggap sesuautu yang bisa melupakan diri kita terhadapt Tuhan, apalagi pada saat kita melakukan perjalanan wisata alam, karena di tempat inilah kita bisa merasaan keindahan bersama dalam hidup atas nikmat yang Tuhan berikan kepada kita. Dan inilah intisari kisah  pribadi saya pada saat perjalanan Wisata Di Buperta Cibubur Jakarta.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.