Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Wisata Budidaya Ulat Sutera di Padepokan Dayang Sumbi Bandung

Wisata Budidaya Ulat Sutera di Padepokan Dayang Sumbi Bandung

/
/

Liburan Sambil Belajar Pembudidayaan Ulat Sutera di Bandung

Direktori Wisata – Menikmati liburan sambil belajar mengenai pembudidayaan ulat sutera di Padepokan Dayang Sumbi di Bandung, jawa Barat.

Bandung tidak hanya dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang memberikan sejuta pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. bahkan beberapat tempat wisata bandung memiliki destinasi wisata edukasi pembudidayaan ulat sutra yang diknela sebagai salah satu habitat sebagai pembuatan kain sutera yang banyak diminati masyarakat lokal maupun mancanegara.

Wisata Budidaya Ulat Sutera Dayang Sumbi Bandung

Halus indah dan mahal merupakan dua identitas umum yang dikenal masyarakat luas tentang kain sutera. Konon informasi yang Direktori Wisata peroleh tentang kain sutra, produksi kain sutera yang pernah menjadi ikon perdagangan negeri Tiongkok, kini kita bisa saksikan di Padepokan Dayang Sumbi yang berlokasi di Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kampung Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Padepokan Dayang Sumbi merupakan pelopor wisata ilmu sutera pertama di Indonesia. Uniknya tempat wisata ulat sutera bandung ini berada lokasinya di daerah pegunungan yang memiliki udara yang masih asri dan sejuk.

Setelh sampai di lokasi, sahabat Direktori Wisata indonesia dapat merasakan udara sejuk alam pegunungan. Konon nfromasi yang kami terima di lokasi, situasi udara dingin inilah yang sangat cocok untuk ulat sutera berkembang biak.

Lanjut informasi berikutnya……..

Selain sejuk, ulat sutera harus dipelihara dengan suasana yang tenang dan yang paling penting cukup pasokan panganan utamanya yaitu daun murbei. Nah, sahabat Direktori jadi tahu kan makanan utama untuk ulat sutera ? he,, he, he,,,

Setibanya di lokasi Pedepokan Dayang Sumbi, sahabat Direktori Wisata juga di sambut dengan pemandangan perkebunan tanaman daun murbei yang menjadi makanan utama dari ulat sutera.

Tidak jauh dari lokasi pintu masuk kita akan menemukan rumah ulat sutera yang digunakan sebagai tempat pembudidayaan ulat sutera itu sendiri.

Di dalam rumah ulat sutera ini sahabat Direktori Wisata Indonesia juga dapat mengetahui secara langsung proses mulai dari penetasan hingga siap untuk di produksi atau pada saat panen kepompong ulat setera tersebut dengan dipandu oleh para petugas yang ada di lokasi.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, ulat sutera itu terbagi dalam 4 (lima) tahapan hidup atau instar. Dari tahapan satu ketahapan yang lainnya ulat setera selalu berganti kulit. Untuk rumah kecil ulat sutera di Padepokan Dayang Sumbi Bandung, ulat sutera instar 1 hingga 3 di letakan di rumah ulat kecil.

Lanjut informasi…….

Setelah mengalami proses periode instar 1, 2, 3ulat-ulat sutera di pindahkan ke rumah ulat sutera besar. Di tempat ini ulat-ulat tersebut mengalami instar 4 hingga 5.

Konon, untuk konsumsi ulat sutera itu sendiri mereka makan hingga 4 kali sehari darun murbei. bahkan untuk ulat sutera jenis dewasa mampu mengkonsumsi 18 karung daun murbei dalam sehari.

Meski sepintas terlihat agak menjijikan, ulat sutera ini bukan jenis ulat yang berbahaya. Di mana tubuh ulat sutera tersebut telihat lembut dan tanpa bulu dan yang terpenting tidak menyebabkan gatal bagi siapapun yang menyentuhnya.

Lanjut informasi…..
Pada akhir hidupnya ulat sutera dewasa akan terlihat menguning dan terlihat lebih transparan. Konon, fase perubahan warna tersebut menandakan ulat sutera sudah terlihat, fase ulat sutera tersebut telah siap memuntahkan ulat sutera yang nantinya akan membentuk kepompong. Luar biasa bukan ?…..

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima, dalam sekali muntahan ulat sutera akan mengeluarkan serat hingga mencapai 1.600 meter tanpa terputus. Dan lebih uniknya lagi kekuatan kepompong ulat sutera kekuatannya setengah kali kekuatan baja, dan biasanya pada jaman dulu pernah dipakai sebagai bahan untuk parasut dan juga untuk dipergunakan bahan anti peluru.

Tempat wisata budidaya ulat sutera di Bandung yang buka sejak 2006. Tempat ini memiliki misi untuk mengedukasi mengenai rantai kehidupan ulat sutera. Tidaklah heran berbagai pengetahuan tentang ulat sutera bisa kita dapatkan di Padepokan Dayang Sumbi Bandung ini, termasuk tahapan pengolahan serat sutera hingga menjadi produk jadi.

Untuk menghasilkan benang sutera yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain, serat sutera terlebh dahulu dipintal dengan menggunakan mesin. Konon informasi yang diterima Direktori Wisata Indonesia di lokasi, dalam sehari 1 (satu) buah mesin pengintal yaang ada di Padepokan Dayang Sumbi dapat mampu menghasilkan 1/2 kilo benang sutera.

Benang-benang tenun di tempat ini selnjutnya akan di tenun dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) muali dari sinilah kain sutera terbentuk. Unik dan asyik banget kita bisa melihat kegiatan tenun tradisional di Padepokan Dayang Sumbi di Bandung ini.

Tidak hanya sampai di sana saja, di tempat budidaya ulat sutera di Bandung ini juga memanfaatkan berbagai olahan sutera untuk menjadi produk-produk menarik lainnya. Diantaranya kerajinan tangan berbahan dasar kepompong yang bisa kita jumpati di lokasi. Seperti kain sutera dan souvenir lainnya yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung yang hadir di tempat wisata Bandung yang satu ini.

Selain belajar di tempat wisata Bandung di Padepokan Dayang Sumbi, kita juga bisa melakukan kegiatan aneka permainan, seperti permainan dengan menggunakan bakiak, bermain dengan kenlinci, atau mengabadikan gambar foto di tempat photo booth yang telah di sediakan di lokasi.

Padepokan Dayang Sumbi Bandung buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 14.30. Sedangkan untuk mengikuti kegiatan porses wisata pembudidayaan ulat sutera di Bandung ini harga tiketnya hanya Rp. 60.000,- / orang. Murah bukan ?….

Intip Kawasan Exclusive Luxury Camping Lembang Bandung, Indonesia

Puas mengikuti kegiatan wisata di tempat pembudidayaan ulat sutera di Bandung, kita bisa melanjutkan perjalanan liburan dengan mengunjungi tempat wisata Lembang Bandung yang sedang populer di kawasan sekitaran wisata Bandung.

Baca juga Review Hotel, Penginapan Cottage, Restoran, Obyek Wisata di Bandung

Cara untuk sampai ke Padepokan Dayang Sumbi Bandung kita dapat menggunakan jalur akses jalan dari pintu Tol Pasteur Bandung sahabat Direktori Wisata tinggal mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalamgoogle map.

Dari hasil kunjungan di tempat wisata budidaya ulat sutera Bandung kita kana banyak tahu proses dari pembudidayaan ulat sutera hingga sampai hasilnya yang maksimal Semoga informasi salah satu destinasi wisata Bandung yang menarik dikunjungi ini bisa menjadi alternatif tempat liburan yang bisa dinikmati bersama keluarga atau pun rekan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :