Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Banyuwangi / Pesona Wisata Blue Fire Ijen Banyuwangi

Pesona Wisata Blue Fire Ijen Banyuwangi

Menikmati Fenomena Alam Blue Fire Di Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur

Direktori Wisata – Tempat wisata menarik dengan fenomena alam blue fire di kawasan wisata alam kawah Ijen.

Gunung Ijen merupakan salah destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat berlibur di Banyuwangi.  Kawasan wisata alam Gunung Ijen ini selalu menggoda untuk dikunjungi dan salah satuny adalah blue fire Ijen.

Mengawali pagi hari, perjalanan liburan kami di kawasan Banyuwangi jawa Timur kami melanjutkan perjalanan menuju salah satu destinasi wisata alam Banyuwangi yang populer dan cukup dikenal dikalangan dunia internasional yaitu kawah Ijen. Dengan menggunakan kendaraan mobil perjalananpun kami mulai dari pusat Kota Banyuwangi.

taman-wisata-kawah-ijen

Sampai kami di Paltuding kawasan Taman Wisata Kawah Ijen lalu kami langsung mengurus periijinan dengan membayar Rp. 7. 500,- / orang.  Ini merupakan srart poin bagi para pngunjung untuk menuju kawasan kawah Ijen, sambil menunggu waktu malam tiba kami pun berkeliling sambil mencari tempat penginapan yang tersedia.

penginapan-taman wisata-kawah-ijen

Penginapan Taman Wisaata Kawah Ijen yang terdapat di kawasan Paltuding terdaapat beberapa penginapan, baik yang berkelas maupun yang ekonomis.

Namun biasanya di kahir pekan dan libur panjang semua penginapan di lokasi ini semua sudah penuh. Banyak juga para pengunjung yang menggelar tenda pribadi yang dibawanya.ke lokasi ini.

Untuk mengisi rasa suntuk Direktori Wisata bersama rekan-rekanpun berkeliling untuk mengisi perut dengan beberapa makanan dan jajanan yang tersedia di lokasi.

Semakin sore udara di lokasi semakin dingin hingga masuk kedalam rongga pori-pori dan tulang.

Namun, untuk mengisi aktifitas kita bisa saling berkenalan dengan para wisatawan lainnya yang datang  dengan tujuan yang sama.

taman-wisata-kawah-ijen

Menjelang malam kita akan di hantar dengan sebuah pemandangan yang indah yang berasal dari selal-sela pepohonan yang memberikan pancaran sinar matahari.

Warna jingga lembut dan terlihat romantis di dataran tinggi Gunung Ijen ini menghantarkan kami berserta pengunjung lainnya untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk kegiatan dini hari yang akan kami lakukan untuk menyaksikan blue fire di kawah Ijen ini.

Tepat pukul 02.00 WIB dini hari, perjalanan kami pun lanjutkan untuk menuju kawah Ijen. Jarak yang harus kami tempuh menuju lokasi informasinya +/- 3 km dengan berjalan kaki.

Hawa dingin alam pegunungan dan rute jalan yang berliku dan berkelok menjadi salah satu teman setia yang menemani para pengunjung di lokasi.

blue-fire-kawah-ijen

Semburan indah Blue Fire di kawah Ijen membuat siapapun terkesimak melihatnya. Konon fenomena alam ini hanya ada dua di dunia  yaitu Indonesia dan juga di Islandia.

Api muncul sepanjang malam karena blerang yang terbakar oleh panas.lalu merembes melalui gas panas bumi.

Kobaran blue fire Ijen ketika gelap datang dan meredup saat fajar menyingsing. Keindahan lanscape kawah terbentang di kawasan cagar alam Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur terlihat menakjubkan.

kawah-ijen

Konon informasi yang Direktori Wisata terima dari pemandu wisata lokal danau kawah ini airnya bersifat asam dan berwarna hijau toska. Danua tersebut memiliki kedalamannya diperkirakan 200 meter dengan luas kawah 5.466 hektar.

Lanjut…..
Danau Kawah Ijen ini merupakan multi komponen yang di dalamnya terjadi proses baik fisika maupun kimia. Seperti diantaranya proses pelepasan gas magmatik, pelarutan batuan, pengendapan, pembentukan material baru dan pelarutan kembali zat-zat yang terbentuk sehingga menghasilkan air danau yang sangat asam dan mengandung bahan terlarut dengan konsentrasi sangat tinggi.

Mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata yang memandu perjalanan kami, maka secara pribadi kami pun bertanya. Dari mana dia mengetahui hal keterangan itu semua ?

Jawaban yang kami terima darinya adalah dengan banyak membaca buku yang dibekalkan olehnya saat memandu para wisatawan berkunjung ke lokasi Taman Wisata Alam Ijen ini.

Secara pribadi saya takjub dengan pemandu wisata seperti ini. Semoga akan banyak tercipta pemandu wisata yang bisa mengupas dan memberikan penjelasan destinasi wisata dari sudut kacamata yang berbeda.

Terutama pada saat menerangkan destinasi wisata di kawah Ijen ini terhadap kami ,yang isinya dapat mendampatkan pengetahuan kami tentang ilmu pengetahuan. Jadi kami dapat merasakan sebuah perjalanan liburan sambil belajar langsung.

Setelah puas di kawasan puncak kawah Ijen, perjalanan kami pun dilanjutkan kembali ke Paltubing.S

epanjang perjalanan turun dari kawasan Pucak kawan Ijen kami pun banyak menemukan pemandangan yang indah sekali.

taman-wisata-kawah-ijen

Tempat wisata kawah ijen ini sudah banyak dikenal oleh wisata mancanegara, bahkan sekarang ini hampir setiap harinya ada saja kunjungan yang dilakukan oleh wisatawan asing untuk ke lokasi ini.

Hal ini terbukti dari apa yang kami temukan di lokasi dan juga dari keterangan para pemandu wisata yang ada.

Untuk ke lokasi kawah ijen kita bisa melalui dua jalur rute jalan, yaitu jalur utara dan selatan. Bila kita memilih jalur utara menuju kawah Ijen kita bisa dari Situbondo lewat Wonosari, Kemudian dilanjutkan ke lokasi daerah Paltuding yang dapat di capai dengan jarak 93 km dengan waktu tempuh 2,5 jam.

Dan bila memilih jalur selatan perjalanan di tempuh dari Banyuwangi menuju Licin dengan jarak tempuh 35 km,  lalu dilanjut ke Paltuding. Peta di bawah ini akan mempermudah anda menuju strat point di kawasan Paltuding,

Mengunjungi kawasan Taman Wisata Kawah Ijen akan memberikan sensasi tersendiri dengan rasa bangga, bahwa salah satu fenomena alam yang menarik di dunia ada di negeri Indonesia yaitu blue fire Ijen.[]

• Linkedin

6 Comments

1. Keren ya mas blue firenya. Terus cuma ada dua lagi di dunia yang salah satunya di negara kita tercinta ini. Mudah-mudahan tempatnya terus terjaga dan terus menjadi destinasi wisata di sana ya mas 🙂

• Indra Kusuma Sejati berkata:

Benar mas, indah banget blue fire di kawah ijen. Kalau mau mendapatkan nuansa yang bagus jangan pas musim hujan ke sananya mas. 😀

2. itu foto yg di kawah ijen, malam2 kalo di foto indah banget ya kang semburan Blue Fire nya… apalagi kalo siang, pasti pemandangan disekitarnya indah sekali… 🙂

Semburan blu fire kawah ijen tersebut hanya bisa dilihat malam hari kang, kalau siang malah ga ada, makanya rata-rata pengunjung yang datang ke Taman Wisata Kawah Ijen ini naiknya dini hari ke puncak kawah ijennya. Bila siang yang terlihat hanya kepulan asap dan indahnya wana danau kawah ijen. Indonesia memang indah banget. ;D

3. Blue Fire ini yang bikin kita ingin menuju Ijen..

• Indra Kusuma Sejati berkata:

Benar Kang, dan salah satu blue fire yang terindah di dunia hanya ada di Indonesia.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..