Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan Bandung Selatan

Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan Bandung Selatan

/
/

Menelisik Obyek Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan Bandung Selatan, Jawa Barat

Direktori Wisata – Obyek wisata alam yang menyajikan keindahandan hamparan pemandangan alam indah dan tenang yang bisa menjadi alternatif tepat wisata di Pangalengan Bandung Selatan.

Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Obyek wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung merupakan danau buatan. Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, danau ini memiliki luas sekitar 1.400 hektar dan memiliki kedalaman 17 meter. Namun yang baru dimanfaatkan untuk kawasan wisata hanya sekitar 3 hektare.

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, pengelolaannya berada di bawah PT Indonesia Power (IP). Selain difungsikan sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Sedangkan untuk air yang berasal dari danau atau situ Cileunca tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena ber-rafting atau arung jeram karena memiliki beberapa bagian yang menantang.

Konon awalnya tempat wisata alam situ Cileunca yang semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan ini merupakan areal hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat.

Sampai di lokasi di Situ Cileunca, sahabat Direktori Indonesia dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah sekali. Tidaklah heran bila setiap liburan akhir minggu kawasan wisata Pangalengan di Bandung Selatan ini ramai dikunjungi oleh para pengunjung untuk menikmati pemandangan alam yang indah di situ Cileunca.

Situ Cileunca Pangalengan Bandung Selatan

Di tengah-tengah danau terdapat jembatan yang merupakan fasilitas bagi mobilitas warga. Jembatan ini disebut jembatan cinta. Jembatan ini di bangun oleh pemerintah desa secara swakelola. Jembatan tersebut dibangun diatas danau atau situ Cileunca yang menghubungkan dua desa yaitu Pulosari dan Wanasari.

Pada awalnya warga harus memutar dan mengelilingi danau bila ingin menyeberang ke desa lainnya, namun kini warga disana hanya perlu menyeberang di atas jembatan unik berwarna merah ini. Tidak sedikit yang berkunjung ke lokasi ini berfoto ria di Jembatan Cinta karena memang kita dapat memperoleh view dan latar yang bagus untuk mengabadikan foto liburan seperti para travel photography Inodnesia.

Untuk obyek wisata alam Situ Cileunca Pangalengan dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi juga menyediakan wahana permainan, seperti perahu motor kayu untuk bersantai dan berkeliling mengitari danau di lokasi atau Situ Cileunca yang dikenal oleh warga setempat. bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan berkeliling dengan perahu untuk biaya sewanya seharga Rp.20.000,- / orang.

Sedangkan bagi kita yang akan bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan alam sekitar, kita bisa menggunakan sarana dan fasilitas yang disediakan di lokasi untuk santai bersama keluarga dan teman-teman di lokasi.

Dan bagi sahabat Direktori Wisata yang ingin bermain air seru bersama teman-teman yang dapat menguji coba adrenalin, kita bisa mencoba permainan rafting yang ditawarkan di lokasi oleh para operator lokal yang menyediakan jasanya untuk para pengunjung dan wisatawan yang berlibur di Situ Cileunca Pangalengan Bandung. Untuk harga sewanya cukup lumayan Rp. 150.000,-/ orang. Tapi dijamin cukup puas, karena harga tersebut termasuk harga pendamping yang akan mengawasi permainan kita.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia juga bisa mencoba permainan flying fox yang lumayan seru untuk kita coba. permainan ini akan membuat kita merasakan pendaratan di atas air Situ Cileunca, seru bukan ?

Selain permainan air di situ Sileunca, kita juga bisa menikmati wisata petualangan alam di perkebunan arbei yang letaknya tidak begitu jauh dari danau Cileunca. Di kebun arbe ini kita bisa memetik dan mencicipi langsung buah arbei matang langsung dari pohonnya. Dengan harga yang dibandrol Rp. 7.500,- / orang kita boleh memabwa pulang satu keranjang buah arbei.

Obyek Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung Selatan

Sedangkan fasilitas dan sarana di lokasi juga terdapat arena tempat jajanan yang bisa kita peroleh dengan harga terjangkau untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Harga Tiket masuk Obyek Wisata Cileunca Pangalengan Bandung Selatan

Tiket masuk obyek wisata situ Cileunca Pangalengan Bandung yang kami dapatkan informasi dari pintu gerbang masuk di depan adalah sebagai berikut :

  1. Tiket Masuk Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 10.000 hari libur.
  2. Out Bound Rp. 150.000-450.000/orang.
  3. Arum Jeram : Rp. 150.000/Orang.

Cara menuju lokasi situ Cileunca Pangalengan Bandung dari Jakarta, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi keluar dari pintu tol buah batu kemudian dilanjutkan ke Soreang-Ciwidey dan Pangalengan. Bagi sahabat Direktori Wisata yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunaka bus jurusan Leuwi Panjang-Pangalengan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung dengan ongkos sekitar Rp. 15.000-20.000/orang.

Setelah puas menikmati wisata alam di kawasan Situ Cileunca Pangelengan, sahabat Direktori Wisata bisa menikmati obyek wisata agribisnis di perkebunan teh Malabar Pangalengan yang memiliki pesona alam pegunungan yang sejuk dengan udara dan pemandangan indah alam pegunungan sambil menikmati sedapnya sajian kopi luwak Malabar Pangalengan yang menjadi salah satu buruan para wisatawan pecinta kopi.

Info wisata Bandung Selatan ini bisa menjadi alternatif tempat libura bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang sedang mencari kawasan liburan menarik bernuansa alam pengunungan yang berbeda dan sulit dijumpai di tempat wisata bandung lainnya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :