Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Wisata Alam Perkebunan Teh Jamus Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Wisata Alam Perkebunan Teh Jamus Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

/
/

Direktori Wisata – Eksotisme keindahan agrowisata alam di Perkebunan Teh Jamus yang terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Wisata Perkebunan Teh Jamus Ngawi jawa Timur

Kabupaten Ngawi menyimpan kekayaan potensi alamnya yang luar biasa. Bentang alam dengan kontur lahan perbukitan hijau menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata Ngawi yang mulai dilirik banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah salah satunya adalah objek Agrowisata Kebun Teh Jamus yang terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Lokasi Agrowisata Kebun Teh Jamus ini sebenarnya letaknya lebih dekat dari Seragen yang jaraknya sekitar 40 km arah ke Timur. sedangkan bila dari Kota Ngawi untuk menuju ke lokasi objek agrowisata Teh jamus ini arahnya ke Barat yang berjarak 45 km.

Dari informasi pemandu wisata lokal yang mendampingi perjalanan Direktori Wisata beserta team, objek wisata perkebunan teh Jamus di Kabupaten Ngawi ini dulunya merupakan bekas peninggalan kolonial Belanda pada tahun 1886. Sedangkan untuk agrowisatanya sendiri diawali pada tahun 1993 dengan mengedepankan kelestarian lingkungan hidup.

Untuk tiket masuk dalam area objek wisata Perkebunan Teh Jamus kita harus membayar Rp. 8.000, / orang. Dari knformasi yang Direktori Wisata peroleh di lokasi, Kebun Teh Jamus Jawa Timur ini menduduki kawasan area seluas 478.2 hektar.

Sedangkan untuk luas tanah yang ditanami teh lahannya seluas 460 hektar, sedangkan sisanya, yaitu 60.2 hektar, ditumbuhi oleh tanaman pohon dengan batang kayu besar. Konon, dengan adanya tanaman dan tumbuhan pepohonan yang rindang, kawasan Kebun Teh Jamus Ngrambe terasa semakin sejuk. Selain karena memang hawa udara di sekitar lokasi objek wisata alam Ngawi ini memang sudah terasa dingin.

Di dlalam area objek wisata Perkebunan Teh Jamus  ini, kita akan diajak untuk merasakan sensasi liburan dengan pengalaman baru seputar berkebun teh yang amat luas. Kita dapat menyaksikan proses pemetikan daun teh yang dilakukan oleh para petani teh. Selain itu, kita juga dapat melihat proses pengolahan mulai dari awal pengangkutan teh ke tempat rumah pengolahan, sampai dengan teh siap minum.

Dibalik nuasa alam yang sejuk dan indahnya kawasan perbukitan Agrowisata Kebun Teh Jamus di Kabupaten Ngawi, terdapat kisah perjalanan yang panjang mengenai sejarahnya lokasinya tersebut. menelisik catatan yang Direktori Wisata indonesia rangkum dari keterangan petugas setempat. Konon menurut informasinya, perkebunan teh ini hasil dari rintisan Van De Rappart, yaitu seorang warga Belanda yang merintis berdirinya perkebunan teh pada abad ke-18 silam, tepanya sekitar tahun 1866.

Lanjut informasi……
Van De Rappart menjalankan roda kepemimpinan mengolah Kebun Teh Jamus selama 44 tahun hingga pada akhirnya Ia meninggal di tahun 1910. Usahanaya perkebenunan teh ini tidak hanya berhenti sampai di situ. Usaha perkebunan ini dilanjutkan oleh putranya yang bernama Ridder Von Rappart yang juga berkebangsaan Belanda.

Setelah dikelola oleh putranya perkebunan teh mulai mengalami kemajuan, namun juga kebangkrutan. Dan pada tahun 1928, Ridder membangun sebuah pabrik pengolahan teh sekaligus Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA yang masih berada di dalam kawasan kebun teh.

Selang waktu berjalanan tidak terlalu lama, pada tahun 1929, Kebun teh milik ayahnya ini justru dijual kepada perusahaan NV Geowehrij. Konon informasinya perusahaan tersebut merupakan perusahaan milik Belanda yang ada di Indonesia yang dipimpin oleh warga Belanda.

Lanjut informasi……,
Satu tahun kemudian, NV Geowehrij membeli pekarangan-pekarangan yang ada di sekitar kebun untuk memperluas wilayah perkebunan terutama pabrik. Namun, ketika Jepang menduduki Indonesia pada tahun 1942-1945, perkebunan diambil alih kepemimpinan oleh warga penjajah Jepang selama tiga tahun hingga Indonesia merdeka.

Setelah Indonesia merdeka dan bebas dari penjajahan barulah Kebun Teh Jamus dikelola oleh PT. Candi Loka yang merupakan perseroan terbatas milik perusahaan pribumi yang menggarap lahan hingga waktu sekarang. Karena banyaknya pengunjung yang datang, maka beberapa hektar lahan lokasi perkebebunan teh kini pengelolaannya di berikan kepada pemerintah daerah untuk perkembangan dunia agrowisata

Agrowisata Kebun Teh Jamus selain menyuguhkan pesona wisata alam Kabupaten Ngawi yang indah, kawasan ini juga mengusung konsep pelestarian alam. Dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi, kawasan ini tidak terdapat penginapan di Kebun Teh Jamus Ngawi. Konon informasi yang kami dapatkan dari salah seorang petugas, hal ini memang sengaja dibuat demikian karena ditakutkan, pembuatan penginapan di sekitar lokasi hanya akan dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang sebagai tempat negatif.

Bagi sahabat Direktori Wisata  yang akan meluangkan waktu liburan di tempat wisata Ngawi di perkebunan teh ini dan berniat akan menginap di area lokasi lebih baik kita bisa menyewa  rumah penduduk setempat. Atau dengan alternatif lainnya, kita dapat melakukan aktivitas perkemahan di di area perkebunan teh yang telah di disediakan oleh pengelola setempat. Jadi silahkan saja langsung ditanyakan ya…..

Bukan hanya area camping yang bisa kta nikmati di area lokasi agrowisata Perkebunan Teh Jamus ini, bahkan untuk kegiatan outbound juga tersedia bagi kita yang memerlukan kegiatan yang satu ini. Bagi sahabat yang memerlukan kegiatan liburan lainnya, kita bisa mencoba wana air kolam renang Sumber Lanang dan Grojogan Songo Tuk Pakel yang menyajikan pemandangan air mengalir sepanjang 25 meter.

Selain itu, objek wisata Ngawi di Perkebunan Teh Jamus ini juga sering diburu oleh pasangan calon pengantin yang menyewa tempat ini sebagai latar foto prewedding. Bagi sahabat yang akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat dan sedang mencari lokasi untuk buat video dan photo prewed juga oke ko tempatnya.

Puas berkeliling dan menyaksikan keindahan bentang alam di agrowisata perkebunan teh Jamus dengan segala sarna dan fasilitas yang tersedia, kami beserta rombongan berburu buah tangan untuk oleh-oleh yang bisa kita dapatkan dari lokasi, seperti teh hitam, teh putih, dan juga teh hijau hingga benalu teh yang bisa kita pilih untuk dinikmati di rumah bersama keluarga. Bahkan di lokasi objek wisata Ngawi ini pun kita juga bisa mendapatkan berbgai jenis madu yang bisa kita beli atau konsumsi langsung.

Wisata Ngawi selalu memberikan suasana liburan yang berbeda, dimana setiap objek wisata yang kami singgahi selalu memberikan kesan dan pembelajaran tersendiri sebagai catatan perjalanan liburan kami. Dari mengunjungi Museum Trinil yang menjadi pusat observasi penelitian para ilmuan dunia yang sekarang menjadi kawasan wisata edukasi yang menarik hingga sebuah bangunan Benteng Van De Bosch bangunan tua bergaya art deco yang menampilkan sisi keindahan bangunan  bersejarah jaman kolonial.

Cara menuju ke lokasi Agrowisata Perkebunan Teh Jamus dari pusat kota kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengikuti rute petunjuk jalan yang ada di dalam peta yang akan mengarahakn ke objek wisata Ngawi di perkebunan teh Jamus jawa Timur.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :