Wisata Alam Kedung Pedut Kulon Progo

Surga Relaksasi Alami Kedung Pedut Kulon Progo Yogyakarta

Direktori Wisata – Tempat wisata alam Kulon Progo Yogyakarta yang menawarkan surga relaksasi alami sebagai tempat liburan.

Obyek wisata Kedung Pedut merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan sensasi ketenangan dari ke asrian lingkungan dari alam. Bagi kita yang jenuh dengan kesibukan khas metropolitan, nuansa kampung dan alam pedesaan di tempat wisata alam Kedung Pedut Kulon Progo ini mampu memberikan kesegaran alami.

Wisata Alam Kedung Pedut Kulon Progo Yogyakarta

Tempat wisata Kedung Pedut terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta dan berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Yogyakarta. Butuh waktu 1 jam dari desa terdekat dari lokasi, yang kemudian disambung dengan berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter dengan melewati jalan setapak diantara rimbunan pepohonan di hutan kawasan perbukitan menoreh yang sejuk dan indah.

Walau perjalanan menuju lokasi obyek wisata alam Kedung Pedut ini cukup melelahkan, namun setelah kita sampai di lokasi maka semua rasa lelah tersebut akan hilang dan sirna dengan suguhan pemandangan alam yang indah disertai suara gemercik air yang sejuk diselingi sesekali oleh sura binatang hutan.

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Keistimewaan lain dari tempat wisata alam Kulon Progo Yogyakarta ini adalah memiliki air terjun alami yang memiliki tiga warna pada airnya yang dapat berubah-ubah. Terkadang warna airnya berubah menjadi biru, hijau bahkan jingga.

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Dari informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, nama pedut ini berarti kabut. Karena di daerah dekat air terjun yang berada di lokasi terlihat selalu berkabut maka dinamakanlah air terjun pedut yang jatuh selalu ke dalam kedung atau kolam penampungan. Meski lokasi ini tidak memiliki air terjun yang tinggi, namun kesejukan air terjun Kedung Kabut Kulon Progo bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan yang menarik dikunjungi.

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Bagi kita yang memiliki hobi memotret pada saat liburan, di tempat wisata alam Kedung Pedut ini cukup banyak titik spot yang bisa menjadi pilihan pengambilan gambar foto. Baik itu foto selfie maupun foto lanscape atau pemandangan alam yang indah.( Baca : Cara Menggunakan Kamera Saat Travelling )

kolam-air-terjun-kedung-pedut

Warna airnya yang hijau tosca di lokasi air terjun Kedung Pedut sangat menarik untuk kita dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Lokasinya yang diapit oleh dua tebing tinggi yang menjadi spot cantik untuk kita menikmati spot cantik yang bisa dinikmati dari atas jembatan yang menghubungkan dua tebing di hadapat air terjun tersebut.

Bila kita melihat di sisi lain area tempat wisata alam Kedung Pedut, maka kita akan menemukan kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Di sekitar kolam alami juga terdapat bangku-bangku yang terbuat dari bambu yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata yang bisa kita pergunakan untuk istirahat ketika setelah bermain air.

Konon, Kedung Pedut ini telah ada sejak lama. Namun baru sekitar Januari awal tahun 2015 lalu baru dibuka untuk umum dan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di daerah Kulon Progo Yogyakarta.

Sedangkan bagi kita yang akan berenang di lokasi, pengelola setempat menyediakan berbagai lokasi yang terpisah berdasarkan kedalaman kolam. Mulai dari kolam yang dangkal untuk anak-anak, hingga kedalaman 6 meter untuk wisatawan yang lebih memiliki nyali besar. Bagi sahabat dan pembac setia Direktori Wisata yang akan berlibur di obyek wisata alam Kedung Pedut berikut tips yang harus diperhatikan untuk menuju tempat wisata alam yang indah ini.

Tips untuk berkunjung ke lokasi wisata alam Kedung Pedut Kulon Progo Yogyakarta :

  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, serta hindari penggunaan sepatu atau ala kaki yang dapat mencelakaan diri kita saat melalui rute perjalanan yang melalui jalan setapak.
  • Siapkan pakaian pengganti bla kita ingin bermain air di kolam air terjun.
  • Selalu gunakan alat pengaman yang disediakan di lokasi oleh pengelola obyek wisata Kedung Pedut.
  • Siapkan kantong plastik sebai tempat sampah sementara, dan jangan tinggalkan sampah di lokasi area, terutama pada kolam-kolam pemandian.
  • Jangan gunakan sabun mandi atau shampo saat mandi di air terjun Kedung Pedut, hal ini dapat mencemarkan lingkungan. Bila ingin bilas atau mandi dengan sabun bisa dilakukan di tempat pembilasan yang telah tersedia.
  • Jaga prilaku dan etika sopan santun saat kita melakukan liburan, terutama ucapan.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti handuk, dan obat-obatan ringan seperti minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh anak-anak yang telah bermain air.
  • Bagi yang akan berlibur di tempat wisata alam Kedung Pedut pada akhr minggu atau lhari liburan, diharapkan menjaga barang bawaannya. Dikarenakan lokasi ini pada akhir minggu dan liburan cukup ramai dan padat. Bila ingin lebih senggang kita bisa datang pada hari biasa.
  • Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, sebaiknya atur kecepatan menjelang lokasi, karena area medan yang dilalui cukup sempit dan berkelok-kelok. Berkordinasi dengan petugas setempat untuk memakirkan kendaraan mobil yang akan kita parkir di tempat yang aman dan nyaman.

Harga tiket masuk lokasi area Kedung Pedut Rp. 3.000,- / orang. Dan harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola obyek wisata setempat.

Cara menuju obyek wisata Kedung Pedut sangatlah mudah, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan rute perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta yang bisa kita pilih sesuai keperluan kita, selanjutnya bisa lihat di dalam peta di bawah, sedangkan lokasi medan jalan yang harus kita lalui silahkan baca kembali keterangannya.

Wisata alam Kedung Pedut Kulon Progo Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata alam yang manarik dikunjungi saat kita berlibur di Kota Yogyakarta. Bila puas bermain dan mengabadikan foto-foto indah di Kedung Pedut, kita bisa mencoba mampir untuk membeli oleh-oleh dari mulai kerajinan khas hingga kuliner makanan jajanan yang bisa mudah kita dpatkan di daerah Kulon Progo. Selamat liburan di Yogyakarta.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.