Wisata Alam Kampung Kurcaci di Kaki Gunung Slamet Purbalingga

posted in: Purbalingga | 0

Menelisik Kampung Dongeng Para Peri dan Kurcaci di Purbalingga

Direktori Wisata – Kampung Kurcaci obyek wisata baru negeri cerita dongeng yang tawarkan keindahan pesona kaki Gunung Slamet yang eksotis di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Gunung Slamet Jawa Tengah

Desa Serang tidak hanya dikenal sebagai salah satu penghasil tanaman perkebunan yang kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi, namun desa ini pun banyak menciptakan destinasi liburan yang unik dan menarik bagi keluarga dan anak-anak  yang berkonsep alam di ruang terbuka, salah satunya adalah obyek wisata Kampung Kurcaci yang terletak di bawah kaki Gunung Slamet Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kampung Kurcaci berlokasi di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tepatnya berada di lereng Gunung Slamet. Di Obyek wisata alam Kampung Kurcaci ini wisatawan dapat menikmati sejuknya udara kaki Gunung Slamet disertai rindangnya ratusan pohon damar yang berada di lokasi area.

Kampung Kurcaci Purbalingga

Memasuki kawasan wisata Kampung Kurcaci ini, kita akan menyaksikan pemandangan hutan belantara dengan peohonan damar yang menjulang tinggi. Namun, di sisi spot area di obyek wisata Kampung Kurcaci ini terdapat sebuah bangunan dengan bentuk yang unik dan berwana seperti yang terdapat dalam kisah negeri dongeng yaitu Rumah Hobbit.

Rumah Hobbit di Kampung Kurcaci Purbalingga ini menjadi salah satu detinasi yang menarik dikunjungi, hal ini sempat menjadi perhatian bagi para pecinta foto selfie untuk berburu gambar-gambar foto unik di kawasan wisata kaki Gunung Slamet Jawa Tengah. Obyek wisata alam Purbalingga yang satu ini mengingatkan kami seperti Rumah Hobbit di Yogyakarta.

Rumah Hobbit Kampung Kurcaci

Bila kita menyusuri kawasan obyek wisata baru di Purbalingga ini, maka kita akan menemukan beberapa spot menarik lainnya seperti rumah pohon dan gazebo yang tersebar di berbagai sudut destinasi wisata di Kampung Kurcaci. Wisatawan bisa berswafoto dari atas rumah pohon maupun di bawah pohon damar yang konon informasi Direktori Wisata terima tingginya mencapai belasan meter. Ada baiknya pada spot ini sahabat Direktori Wisata dapat menggunakan kamera photonya dapat disesuaikan untuk pencahayaannya dan hindari berlawanan cahaya dalam pengambilan gamabar di lokasi ini, karena gambarnya takut gagal atau silau kena cahaya.

Konon, informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, Kampung Kurcaci konsep awalnya merupakan sekolah alam. Di kampung ini kita bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berhubungan dengan alam. Tak hanya itu, di Sekolah Alam Kampung Kurcaci ini juga terdapat perpustakaan dan beragam permainan tradisional.

Bahkan bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang mencintai dunia uji adrenalin, di tempat wisata Kampung Kurcaci di Purbalingga ini pun terdapat permainan flaying fox hingga permainan tradisional yang bisa menjadi sarana hiburan bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Di Kampung Kurcaci Purbalingga para wisatawan juga bisa menikmati keindahan Curug Lawang yang memiliki spot cantik dengan udara segar alam pegunungan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari spot Kampung Kurcaci.  obyek wisata Curug Lawang ini memiliki kolam kecil yang persis berada di bawah air terjun. Kolamnya tidak begitu dalam sehingga nyaman untuk anak-anak yang mandi nikmati segarnya air pegunungan Slamet.

Curug Lawang Kampung Kurcaci Purbalingga

Di obyek wisata alam Curug Lawang Purbalingga ini juga terdapat tempat untuk para wisatawan untuk berswafoto dengan mengabadikannya di tempat yang dijadikan titik spot pengambilan gambar foto yang unik dan menarik di salah satu tempat wisata alam Gunung Slamet Jawa Tengah.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang berasal dari luar daerah Purablingga, di tempat ini kita dapat berkemah di camping ground, dan menikmati fasilitas perpustakaan Kurcaci yag ada di lokasi. Bagi kita yang ingin tiduran di antara pepohonan, pengelola obyek wisata alam Kampung Kurcaci juga menyediakan hammock atau yang dikenal dengan ayunan yang terbuat dari kain secara gratis. Enak bukan ?….

Bahkan yang tidak kalah uniknya di tempat wisata Kampung Kurcaci ini para pengunjung atau wisatawan juga diajak berkomunikasi dengan bahasa Jawa Krama yang saat ini telah banyak terlupakan oleh anak-anak. Sambil menikmati liburan dan mendekatkan diri dengan alam, obyek wisata Purbalingga juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak kita mengenal dekat dan berinteraksi mengenal tradisi dan budayanya dengan cara yang menyenangkan.

Setelah menikmati berbagai wahana unik dan menarik di Kampung Kurcadi Purbalingga, kita dapat menikmati santap siang dengan menu santapan kuliner Indonesia khas desa setempat seperti nasi jagung, oseng daun renjeng, oseng welok, oseng tempe, kuluban, mendoan, peyek serta ikan asin yang sih hangat.

Sebagai tambahan informasi untuk sahabat Direktori Wisata, sebagian besar menu santapan yang disajikan di Kampung Kurcaci Purbalingga dibuat dari tanaman sayuran di sekitar rumah warga. Hal inilah yang akan selalu mebuat kita terkenang selalu akan indahnya liburan di sebuah Desa Wisata yang ada di Purbalingga ini.

Jangan lupa mampir di 4 lokasi Desa Wisata Panusupan Yang Sedang Hits di Purbalingga.

Harga tiket masuk Kampung Kurcaci Purbalingga kita yanga dikenakan biaya Rp. 10.000, / orang. Dengan biaya yang relativ murah kita dapat menikmati semua fasilitas dan sarana yang tersedia di lokasi. Harga tiket masuk tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola setempat ya temans…

Cara untuk menuju ke lokasi Kampung Kurcaci Purbalingga sangatlah mudah, kita bisa menggunakna kendaraan roada dua atau empat untuk menuju ke lokasi. Untuk informasi lebih lanjut sahabat Direktori Wisata bisa menggunakan petunjuk rute jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Obyek wisata Kampung Kurcaci Purbalingga bisa menjadi pilihan destinasi liburan alternativ bagi sahabat Direktori Wisata akan berlibur. Bagi yang sedang mencari destinasi liburan unik dan menarik di Purbalingga, bisa langsung coba obyek wisata Purbalingga yang satu ini.[]