Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Nusa Tenggara Barat / Lombok / Wisata Alam Gunung Rinjani Danau Segara Anak Lombok

Wisata Alam Gunung Rinjani Danau Segara Anak Lombok

Serpihan Surga Wisata Alam Nan Eksotis Di Danau Segara Anak Lombok

Direktori Wisata. – Seperti namanya Danaua Segara Anak Lombok yang berada di ketinggian 2010 mdpl memiliki air yang biru, terlihat seperti anak lautan biru bila dilihat dari puncak Gunung Rinjani.

gunung-rinjani-lombok

Konon menurut informasi pemandu wisata kami, danau ini terbentuk akibat letusan dari Gunung Rinjani sepanjang tahun dari 1847 -2004 yang telah 9 kali meletus dan bersumber dari dalam kaldera yang sebagian besar terisi oleh air dan berbentuk danau yang dinamakan Danua Segara Anak.

Lanjut informasi…..
Di lokasi kawasan puncak Gunung Rinjani inilah konon sebuah kisah legenda masyarakat Suku Sasak Gunung Rinjani memiliki keyanikan, bahwa dikisahkan seorang putri raja yang kabarnya menolak kehendak ayahandanya lalu rohnya bersemayam di kawasan ini dan mejelma menjadi arwah penunggu di kawasan Gunung Rinjani dan bersemayam di Puncak Gunung Rinjani.

Terlepas sebuah kisah cerita rakyat lokal legenda atau pun mitos yang terdapat di kawasan Puncak Gunung Rinjani Lombok, tempat ini menyajikan sebuah pemandangan yang eksotis, dan menjadi salah satu tujuan akhir dari para pendaki untuk mendapatkan pemandangan bagus.

Banyak kalangan wisatawan baik domestik maupun macanegara yang mengincar momen-momen indah di titik spot ini untuk mendapatkan hasil foto yang indah.  Dan salah satu spot terindah di kawasan puncak Gunung Rinjani memang selalu ada di lokasi ini.

danau-segara-anak-lombok

Lokasi Danau Segara Anak ini merupakan salah satu kawasan bagian dari obyek wisata alam di kawasan Gunung Rinjani Lombok. Menurut informasi yang Direktori Wisata terima, danau ini juga menjadi sumber mata air yang mangairi seluruh Pulau Lombok, dan menjadi salah satu tempat favorit para pendaki untuk berkemah.

Melalui lokasi Danau Segara Anak kita dapat melihat anak Gunung Rinjani dari dekat yang berada di tengah danau, masyarakat lokal di sini menyebutnya dengan Gunung Muncul atau Gunung Baru Jati, ia menampakan dirinya untuk memulai kehidupan baru.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, Gunung Baru Jati ini memiliki ketinggian 2376 mdpl, dan menjadi salah satu suguhan view pemandangan yang eksotis bila dilihat dari pinggir Danau Segara Anak yang merupakan bagian kawasan eksotisme Gunung Rinjani.

Wisata Di Danau Segara Anak Lombok kita bukan hanya disuguhkan pemandangan yang indah dari kawasan pegunungan Rinjani nan elok. Namun, ia telah memiliki peran penting dari kelangsungan yang disucikan oleh masyarakat lokal Suku Sasak. Karena di lokasi danau inilah masyarakat lokal pedalaman Suku Sasak yang berada di kaki Gunung Rinjani selalu melakukan ritual memanjatkan doa dan permohonan hajat kepada dewa dewi bagi keberkahan dan kelangsungan kehidupannya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Wah keren kang 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :