Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Ciamis / Pangandaran / Wisata Alam Gua Sinjang Lawang Pangandaran

Wisata Alam Gua Sinjang Lawang Pangandaran

/
/

Surga Wisata Alam di Gua Sinjang Lawang Pangandaran, Jawa Barat.

Direktori Wisata – Gua Sinjang Lawang yang terletak di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran.

Tempat wisata alam Gua Sinjang Lawang Panngandaran ini memiliki panjang 500 meter dengan dilalui aliran Sungai Cijulang. Gua ini memiliki lebar sekitar 65 meter dengan tinggi 60 meter. Untuk mengunjungi obyek wisata alam ini memerlukan waktu tempuh +/- 1 jam dari Batu Karas, sedangkan bila dari pusat Kota Pangandaran hanya ditempuh sekitar 30 menit perjalanan darat. Walau terblang masih baru obyek wisata alam ini terlihat lebih eksotis.

Gua Sinjang Lawang Pangandaran

Setelah kita sampai di Dusun Parinengan, kita harus trekking melewati jalan setapak yang berbatu, menyebrangi jembatan bambu, dan melalui batu-batuan besar untuk menuju mulut gua dengan jarak sekitar 1 km. Atau, bisa juga kita sampai di tempat Gua Sinjang Lawang dengan menggunakan ban karet dengan menyusuri aliran sungai.

Objek wisata Gua Sinjang Lawang ini bisa diakses dari kawasan Pantai Pangandaran dengan mengambil rute ke arah objek wisata Citumang yang berada satu jalur menuju kawasan Pantai Batu Karas atau Greend Canyon. Dari objek wisata Citumang, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit menuju Dusun Parinengan. Kita tingal menyesuaikan rute keberangkatannya saja untuk menuju ke lokasi.

Menyusuri gua ini bisa dilakukan dengan cara caving atau berenang menggunakan pelampung, helm, head lamp, dan ban karet yang disediakan pemandu wisata dari Cukang Taneuh atau Green Canyon yang ditunjuk oleh warga dusun tersebut untuk menemani pengunjung. hal tersebut dikarenakan warga di sekitar belum ada yang berpengalaman menjadi pemandu wisata untuk menyusuri gua.

Sebagai informasi tambahan bagi sahabat Direktori, kedalaman aliran sungai di dalam gua sendiri bervariasi. Ada yang dangkal dan ada pula yang cukup dalam, yakni 1,5 meter hingga 3 meter. Tapi jangan khawatir kita akan dipandu dengan pemandu lokal yang bertugas untuk bisa melaluinya dengan bantuan dan perlengkapan aman dan nyaman seperti pelampung, helm serta ban karet.

Sepanjang perjalanan menuju dalam gua kita harus menempuh sekitar 500 meter, selama perjalanan kita akan disajikan dengan keindahan fenomena alam di dinding dan langit- langit gua berupa stalaktit yang indah. Pada saat kita tiba di lokasi tengah-tengah gua pada saat siang hari, kita akan dapat melihat sinar matahari yang menembus gua melalui langit-langit yang terbuka lebar.

Gua Sindang Lawang Pangandaran

Pemandangan sinar matahari menembus gua itu menjadi pemandangan menarik karena berkeliaan dengan stalaktit, serta ukiran batu hasil proses alam yang terbentuk indah.

Tidak hanya itu, kita akan diperlihatkan sinar matahari yang menembus dari atap gua yang langsung mengenai air di aliran sungai ini juga memantulkan warna hijau toska, hijau, dan merah ke dinding-dinding gua.

Gua Sinjang Pandaran

Perpaduan warna yang bisa dilihat di dinding gua ini bisa membuat akan mebuat kita takjub dan bersyukur akan keindahan pesona wisata alam Pangandaran yang indah. Di ujung gua, pengunjung akan melihat fenomena alam di langit-langit gua, berupa ukiran batu membentuk hati. Dan lokasi ini merupakan titik spot bagi yang suka dengan dunia photography kita bisa merasakan sensasi perjalanan wisata ala photography discovery travel.

Setelah kita menikmati pemandangan batu-batu kapur dalam bentuknya yang unik hasil proses pembentukan alam yang sekelilinganya di tumbuhi tanaman hutan yang masih alami. Karena belum ada akses menuju titik pertama dari ujung gua, untuk kembali pulang kita harus kembali menyusuri gua.

Bisa kita akan kembali ke lokasi tempat pemberangkatan, bisa dengan berenang atau berjalan di batuan kapur di atas aliran sungai di dalam gua. Jika kita memilih pulang dari gua dengan berjalan di batuan kapur, harus dilakukan hati-hati karena jalannya sangat licin.

Kunjungi Juga Kawasan Wisata Bahari Pantai Batu Karas di Pangandaran Ciamis Jawa Barat

Saran kami untuk para pembaca setia Direktori Wisata lebih baik melawan arus air yang tenang saja untuk perjalanan kembali ke titik pertama penelusuran gua.

Dari informasi warga dusun konon asal usul dari penamaan gua Sinjang Lawang dikarenakan di dinding di mulut gua ini terdapat ukiran batu mirip batik yang tercipta karena proses alam. Ukiran batu karena proses alam ini terlihat dan membentuk motif batik khas Sunda dalam kain sinjang atau dalam bahasa Indonesia disebut sarung.

Lanjut……..
Gua Sindang Lawang dialiri sungai bawah tanah Cijulang dan ini merupakan obyek wisata alam yang terbilang kawasan wisata baru di Kabupaten Pangandaran meski keberadaannya sudah ada sejak lama namun belum banyak yang mengetahui tempat wisata alam Pangandaran yang eksotis ini.

Baca juga : Jembatan Cinta:: Wisata Alam Hutan Mangrove Pangandaran

Untuk informasi hagar paket wisata caving Gua Sinjang Lawang Rp. 350.000,- / orang. Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dengan kebijakan pengelola caving di lokasi setempat.

Untuk menuju ke kawasan Gua Sinjang Lawang , sahabat Direktori Wisata tinggal mengikuti rute akses jalan yang terdapat di alam peta yang adi bawah. Kalian bisa mensettinya dari lokasi tempat kalian berada menuu ke lokasi secara online.

Bagi teman-teman yang akan berkunjung ke lokasi wisata alam Pandandaran sebaiknya dapat mengikuti kegiatan Paket wisata Pangandaran yang mudah di temukan di internet. Selamat liburan di Pangandaran.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

6 Comments

  1. Mohammad Fanirifanto berkata:

    Mampir ke kang Adhy ga kang ?..

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Waktu itu mau mampirdan sudah kirim pesan ke emainya Kang Adhy belum terbalas kang, Maksudnya sih mau mampir tapi sayang belum dapten jawaban balik. Padahal mau ngajak ngopi bareng sama ke sini kang.

  2. itu gambar pertama sepertinya unik ya ,mas pasti makyus tuh airnya jadi pengen nyoba terjun dan renang disitu

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau dari depan guanya masih dangkal mas belum terlalu dalam. kalau nybur takutnya benjol nanti jidatnya. ha,, ha,, ha,

  3. sungguh pemandangan yang menakjubkan panorama Gowa alam sinjang lawang yang begitu indah

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau sudah ke tempat wisata alam pangandaran di Goa Sinjang lawang pastinya kita akan takjub deh lihat pemandangan di dalamnya. Asal jangan pas mendung atau hujan saja mas. Fenomenanya itu lo yang keren banget.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :