Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jakarta / Wisata Alam di Telaga Arwana Cibubur

Wisata Alam di Telaga Arwana Cibubur

 

Liburan di Taman Wisata Alam Telaga Arwana Cibubur

Direktori Wisata – Liburan di tempat wisata alam yang memadukan suasana yang nyaman bernuansa edukatif di tempat penangkaran ikan arwana Timur Jakarta.

Liburan akhir pekan biasanya merupakan waktu yang tepat bagi kita mengajak buah hati dan keluarga untuk berbagai kecerian. Dan ini merupakan waktu yang tepat melebur menjadi satu dalam suasana kerian untuk menikmati tempat wsata alam yang akan memanjakan seluruh anggota keluarga yang terdapat di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Wisata Alam Arwarna Cibubur

Setelah sampai di lokasi, kita akan di ambut dengan sebuah moskot patung besar berbentuk ikan Arwana berwarna keemasan yang akan menyambut kedatangan kita bersama keluarga dan rombongan lainnya.

Bagi kita yang akan memanjakan liburan bersama keluarga namun masih bisa berhemat dan bersenang-senang di kawasan taman wisata alam terbuka, salah satunya adalah di Telaga Warna Cibubur Jakarta. Kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- / orang kita dapat menikmati berbagai macam wahana permaianan di dalamnya termasuk melihat satwa langka Indonesia yaitu ikan arwana.

Tempat wisata alam Telaga Arwana Cibubur yng berlokasi di Jalan Jambore RT. 05 / RW. 06, Harjamukti, Cimanggis. Dalam kawasan wisata ini kita akan menemukan beragam pilihan mainan yang dipadukan dengan suasana nyaman, sehingga membuat kita tidak akan pernah membuat bosan menghabiskan waktu liburan. Mulai dari permaianan anak, taman air, hingga atraksi wisata seru.lainnya.

Jika liburan yang akan kita jalankan diakhir pekan bersama anak dan keluarga mensyaratkan wisata edukasi, maka di tempat wisata Telaga Arwana Cibubur ini kita dapat mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan liburan dengan cara melukis di atas topi caping.

Kegiatan wisata edukasi dengan melakukan melukis caping dapat menjadi sarana liburan yang dapat mendekatkan diri kita kepada sang buah hati. Kegiatan ini juga dapat mengeksplore kreatifitas dan dan imajinasi anak.

Bagi kita yang akan mendapatkan pengalaman liburan di alam yang lebih menantang bagi anak-anak, di tempat wisata alam Cibubur Telaga Arwana ini bisa mencoba wahana permainan flying fok dan ATV. Dalam permainaan ini kita juga dapat mengajak anak kita untuk memacu adrenalinnya secara aman dan nyaman di alam terbuka.

Di sisi lain kawasan obyek wisata alam Telaga Arwana Cibubur ini, kita juga bisa mendapatkan wahana liburan yang dapat menjadikan permainan liburan dengan suasana yang lebih kalem namun tetap dengan mudah bai kita mendapatkan suasan seru saat liburan bersama keluarga yaitu dengan memancing di kolam pemancingan Telaga Arwana Cibubur.

Sebagai tambahan informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, masing-masing wahana permainan di tempat wisata Telaga Arwana Cibubur ini memiliki tarif, untuk outbound, flaying fox dan kolam renang masing-masing dikenakan biayan tiket masuk Rp. 30.000,- / orang. Sedangkan bagi kita yang akan merasakan sensasi rasa medan terjal dengan ATV kita dapat mecobanya dengan membayar Rp. 25.000,- / orang dan sebanyak 2 kali putaran.

 

Bagi kita yang akan menyaksikan dari dekat tempat penangkaran ikan Arwana di Jakarta salah satunya dapat menemui di tempat wisata alam Cibubur ini. Lokasinya berada di daerah belakang berbentuk kolam. Arwana-arwana cantik berbentuk super red siap memanjakan pandangan mata kita di penangkarannya.

Konon, Informasi yang Direktori terima, Indonesia memiliki empat jenis ikan arwana yang dilindungi yaitu super red, golden red, banjar red dan arwana hijau. Ikan purba yang konon hidup zaman dinosaurus ini populasinya di alam liar diambang kepunahan. Karena banyak yang ingin menjadikannya sebagai iakn peliharaan. Maka, budidaya ikan Arwana jadi sangat diperlukan.

Lanjut……
Harga jual ikan Arwana ini bisa mencapai hingga Rp. 12 juta hingga Rp. 200 juta per ekornya. Konon ikan arwana di lokasi tempat wisata Telaga Arwana Cibubur ini siap dijual bila ukurannya telah mencapai 30 cm. Selain diminati oleh konsumen lokal. Ikan hias Arwana ini juga populer di dataran Tiongkok, Jepang, Thailand dan Vietnam.

Hal ini berhubungan dengan sebuah mitos dari sebuah budaya Tionghoa yang mempercayai bahwa ikan arwana ini mampu datangkan keberuntungan. Dan sebagai omnivora ikan arwana memiliki aneka menu makanan kesukaannya.

Menurut informasi salah seorang penjaga setempat yang kami temukan di lokasi, menu kesukaan dari ikan arwana ini adalah ulat jerman, udang beku, jangkrik, hingga katakpun menjadi salah satu makanan favorit dari ikan tersebut. Sedangkan sebagai penanda dari setiap ikan Arwana selalu dipasang mikro chip yang menandakan bahwa asal dari daerah mana ikan tersebut berasal.

Konon, mikro chip pada ikan arwana merupakan layaknya barang berharga yang bersertifikat. Sehingga riwayat ikan dapat ditelusuri. Ketika dibudidaya dan sebelum tumbuh ikan yang catik bayi arwana ini wajib melalui proses tahap isolasi setelah pecah dari telurnya. Anaan ikan arwarna yang masih memiliki plasenta berwarna kuning tidak boleh diberi makan hingga plasentanya menghilang. Bila di hitung waktu kurang lebih waktunya 40 hari.

Warung Mang Engking Telalag Arwana

Bila kita puas berpetualang dengan aneka suasana seru dan memperkaya pengetahuan tentang ikan arwana, kita juga dapat menemukan tempat santai untuk menyantap sajian kuliner khas yang terkenal dengan menu spesialnya yang membuat tersohor di kalangan pecinta kuliner dengan menu masakan udang bakar madu yang berasal dari Rumah Makan Mang Enking yang berada di lokasi satu area di tempat wisata Telaga Arwana Cibubur.

Kuliner Rumah Makan Mang Engking Telaga Arwanana

Namun, bukan hanya udang madu bakar saja yang menjadi menu andalan Rumah Makan Mang Engking di Telaga Arwana Cibubur, di sini kita akan menemukan menu masakan kuliner andalan lainnya seperti ikan cobek, karedok, sayur asem dan aneka masakan hasil laut lainnya.

Untuk harga jamuan menu per porsinya dapat diperoleh dengan harga Rp 70.000,- hingga Rp. 80.000,- yang bisa kita pilih dari aneka hidangan yang ditawarkan. Dan menu masakan ini  semua akan dapat melengkapi kemeriahan liburan kita di tempat wisata alam Telaga Arwana Cibubur yang akan memberikan kesan sempurna di hari liburan kita sekeluarga.

Baca juga : Liburan di Tempat Wisata Bogor Terkenal

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa menyaksikan perjalanan liburan kami saat mengunjungi objek wisata Telaga Arwana Cibubur dalam tayangan video di bawah ini.

Cara menuju ke Telaga Arwana Cibubur kita dapat melalui akses jalan tol jagorawi baik dari Jakarta maupun bogor keluar melalui gerbang pintu tol Cibubur bagi yang menggunakan kendaraan mobil, Lalu lanjut mengarah jalan menuju Kranggan, kita bisa masuk jalan kecil yang dapat dilalui oleh kendaraan mobil dan motor yang mengarah ke TPU Pondok Rangon Jakarta. Lokasi belokan jalannnya berada di sebelah persis Perumahan Mahogany Cibubur dan Pom Bensin.

Sedangkan untuk jalur akses motor kita bisa menggunakan jalur akses melalui jalan Raya Bogor atau lajur jalan yang tembus menuju jalan menggunakan jalur akses Jalan raya bgor lalu ambil jurusan menuju TPU Pondok Rngon Jakarta. Lokasi area Taman Wisata Alam Telaga Arwarana Cibubur posisinya tidak jauh dari lokasi TPU Pondok Rangon Jakarta Timur. Selamat liburan di taman wisata alam Cibubur.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

4 Comments

  1. kalau mendengar ikan arwana ini saya jadi ingat daerah putussibau, kab. kapuas hulu, kalbar bang. di sana ikan arwana jadi santapan orang. sementara di jakarta dan singapore ikan ini menjadi bahan jual beli ikan hias dan antik yang harganya jutaan rupiah… jadi ketawa sendiri kalau mengetahui kenyataan ini. mereka suku dayak sub suku ibanik hanya tau kalau ikan itu bisa di makan, tapi kgak tau kalau ikan itu mahal harganya….

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar mbah, bila di Kalimantan justru ikan ini menjadi santapan, namun di tempat wisata ini dibudidayakan untuk dikembangkan dan harganya selangit, kebetulan lokasinya tidak jauh dari tempat saya, jadi sedikit banyak jadi mudah mendapatkan informasi yang terdapat di dalam kawasan ini yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan untuk berlibur setiap akhir minggu dan liburan panjang. he,, he,, he,

  2. Mohammad Fanirifanto berkata:

    Nah .. sekarang keluar nih komentarnya .. 🙂
    Kalau lihat foto patung Arwana di atas saya jadi paham, kenapa ada Tukul Arwana … 😀
    Wah .. makannya mahal banget itu Kang … kalau ke sana mah, saya mau bawa bekal saja lah …

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau ke sini biasanya saya dan teman-teman mancing di kolamnya kang, dan bila bawa anak biar pada main di kolam renangnya aja. Kalau makanan mah bisa bawa dari rumah, karena dekat dengan rumah. ha,,ha,, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :