Oh Snap!

Please turnoff your ad blocking mode for viewing your site content

Wisata Alam di Goa Kreo Semarang Jawa Tengah

Susuri Goa Petilasan Sunan Kalijaga di Semarang Jawa Tengah

Direktori Wisata – Wisata alam unik di tempat jejak Petilasan Sunan Kalijaga berlatar belakang waduk jatibarang yang eksotis Semarang, Jawa tengah, Indonesia.

Habiskan waktu liburan akhir pekan atau liburan panjang di Semarang tidak hanya diisi dengan mengunjungi obyek wisata wahana permainan ada kalanya obyek wisata alam dan heritage menarik untuk kita kunjungi sebagai sarana kita untuk melepas keletihan selama bekerja sehari-hari. Salah satunya kita dapat mengisi liburan ke Goa Kreo.

Obyek Wisata Goa Kreo Semarang Jawa Tengah

Goa Kreo yang berada di daerah Dukuh Talungkacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata di Semarang. Selain memiliki kisah unik dan menarik untuk ditelusuri, kawasan ini juga menjadi tempat yang asik untuk disusuri dengan menyajikan pesona pemandangan indah dari waduk Jatibarang.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, tempatĀ  ini dulunya merupakan area hutan seluas sekitar 5 hektar, dan letaknya di daerah Gunung Kerincing serta lembah sungai Kreo. Nama Kreo sendiri berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah. Kata inilah yang menjadikan nama goa menjadi Goa Kreo.

Untuk sampai ke Goa Kreo kita harus melewati anak tangga yang cukup banyak dan curam. Dibagian bawah anak tangga yang kita lalui terdapat sebuh Waduk Jatibarang yang konon pembangunan waduk ini dari waktu ini dimulai sejak tahun 2009 lalu dan berfungsi sebagai pengendali banjir Kota Semarang serta menjaga ketersediaan air minum.

KononĀ  waduk Jatibarang ini luasnya mencapai 4 hektar, dan terlihat cukup bersih airnya. Para pengunjung pun dapat bermain dan liburan dengan menggunakan speed boat keliling di atas waduk dengan air yang cukup bersih sambil melitas jembatan yang megah sebagai tempat pejalan kaki yang menyambungkan antara daratan dengan sebuah bukit di tengah waduk Jatibarang yang membentang sekitar 200 meter.

Setelah melalui jembatan penyeberangan, barulah kita samapai di lokasi area Goa Kreo. Letak goa yang berada di lereng bukit ini diyakini sebagai tempat petilasan Sunan Kalijaga saat sedang mencari kayu jati untuk membangun Masjid Demak.

Goa Kreo Tempat Petilasan Sunan Kalijaga di Semarang

Konon menurut cerita legendanya, setelah memperoleh kayu jati yang dibutuhkan, Sunan Kalijaga kesulitan mengangkutnya ke Demak. Saat semedi dalam goa untuk mencari wangsit, Sunan minta supaya kera yang jumlahnya banyak di daerah itu menjaga jati tersebut.

Tidak terlalu jauh dari Goa Kreo sekitar 50 meter terdapat sebuah goa lagi yang namanya goa landak, goa tersebut ukuran lebih sedikit kecil. Konon menurut cerita, dulunya di goa tersebut banyak di temukan hewan landak.

Kera-kera di obyek wisata alam Goa Kreo ini memang terlihat hidup berkeliaran bebas, dan jenis kera yang ada adalah jenis kera ekor panjang. Meski goa ini akrab dengan kera, kami menghibau sahabat Direktori Wisata yang hadir di lokasi tetap harus berhati-hati jika kita memperlihatkan makanan, jadi harus tahu triknya agar kita tidak terserang dengan kawanan kera yang akan merebut makanan dari tangan kita.

[the_ad id=”13728″]

Selain pemandangan alamnya yang indah, udara di sekitar obyek wisata Goa Kreo ini terbilang cukup sejuk. Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang suka akan dunia travel photography tentunya lokasinya bisa menjadi tempat rekomended untuk pemotretan atau bagi sahabat yang sedang mencari spot foto cantik untuk suatu acara atau moment tertentu seperti pembuatan photo pre-wedding.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke obyek wisata alam Goa Kreo Semarang sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Sebab bila pada siang hari lokasi di tempat wisata Jawa Tengah ini terbilang sangat terik.

Obyek wisata Goa Kreo beroperasi pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Dan untuk tiket harga masuknya kita hanya dikenakan biaya Rp. 7.000,- / orang. Namun hal yang harus diingat harga tiket masuk sewaktu-waktu dapat berubah sesaui kebijakn pengelola setempat.

Baca : Taman Mini Wisata Alam Puri Maerokoco Semarang

Untuk menuju ke tempat wisata Goa Kreo Semarang jawa Tengah ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi yang bisa menggunakan beberapa jalur, salah satunya dari Tugu muda semarang jarak tempuh yang bisa lalui hanya sekitar 12 kilo meter ke arah selatan untuk menuju ke Goa Kreo. Untuk informasi leboh lanjut bisa lihat jalur akses menuju ke lokasi kalian dapat melihat melalui googe map.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • stumbleupon
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks :Ad Views :