Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Riau / Pesona Wisata Alam di Danau Naga Sakti Riau

Pesona Wisata Alam di Danau Naga Sakti Riau

Dibalik Keindahan Legenda Ekowisata Alam Danau Naga Sakti di Kabupaten Siak, Riau

Direktori Wisata – Keunikan tempat ekowisata alam Danau Naga Sakti jadi salah satu ikon baru destina wisata Riau di sudut Kabupaten Siak.

Bila di Sumatera Utara kita mengenal Danau Toba dengan sejuta kisah cerita legenda masyarakatnya yang unik dan menarik, maka di Kabupaten Siak kita akan menemukan kawasan destinasi wisata alam di Riau yang tidak kalah menariknya yang ada di Danau Naga Sakti.

Ekowisata Alam Danau Naga Sakti Riau

Letak Danau Naga Sakti berada di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia peroleh dari pemandu wisata lokal setempat, banyak dari wisatawan yang berkunjung ke tempat ini memberikan julukan objek wisata alam danau ini sebagai “Danau Tobanya” Provinsi Riau. Mengengar hal tersebut mengulik rasa penesaran kami untuk mengetahui tempat wisata alam yang berada di Kampung Dosan tersebut.

Setelah melalui rute perjalanan yang tidak terlalu jauh dari tempat kami singgah di pusat kota Siak Sri Indrapura dengan menggunakan kendaraan mobil bersama rombongan. Kami pun tiba di lokasi yang menjadi target kunjungan destinasi liburan berikutnya selama kami berada di Kabupaten Siak, Provinasi Riau.

Lanjut …..
Informasi yang Direktori Wisata terima selama perjalanan dari pemandu wisata lokal yang mendampingi perjalanan kami, Danau Naga Sakti memiliki keunikan tersendiri dari danau-danau yang ada di Kabupaten Siak. Salah satunya air yang berada di danau tersebut selalu hangat, baik kondisi siang maupun pada malam hari dengan warna airnya terlihat seperti teh. Konon warna air danau yang menyerupai teh tersebut merupakan dampak dari efek lahan gambut yang ada di daerah sekitar lokasi loh….

Memasuki kawasan destinasi ekowisata alam Danau Naga Sakti, hamparan danau seluas kurang lebih 8 hektar menyambut kehadiran kami di lokasi. Sedangkan di sisi lain danau, kita dapat menyaksikan hutan yang sebagian masih terlihat perawan, air danaunya berwarna cokelat pekat seperti teh. Namun bukan berarti air danau di sini bila di masak dan di tambah gula sama dengan air teh manis yang biasa kita seduh untuk diminum ya….. ha,,, ha,,, ha,,,

Informasi selanjutnya yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, konon air yang terdapat di danau tersebut tidak pernah mengalami kekeringan walaupun di musim kemarau. Flora dan fauna yang terdapat di sekitar Danau Naga Sakti ini masih beragam jenisnya. Sedangkan sarana dan fasilitas yang tersedia untuk wana rekreasi dan hiburan bagi para pengunjung di sini pun terbilang cukup, mulai dari permainan air hingga fasilitas umum lainnya.

Lanjut………
Kawasan Danau Naga Sakti merupakan kawasan ekowisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek edukasi konservasi alam yang berbasis pada pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal setempat. Hal inilah yang menjadi menarik bagi kami bersama rekan-rekan dalam mengulik salah satu potensi wisata yang sedang trend di Riau dan menjadi perbincangan di media sosial belakangan ini.

Selain dikenal memiliki kawasan ekowisata yang masih asri dan alami, objek wisata danau ini juga memiliki daya tarik tersendiri tentang keberadaan kisah legenda yang menjadi latar belakang asal-usul nama Danau Naga Sakti tersebut. Konon dikisahkan dalam sebuah cerita legenda yang beredar di tengah masyarakat lokal,  di Desa Pebadaran hidup seorang perempuan yang melahirkan seorang anak yang berwujud seekor ular.

Lanjut kisah legenda Danau Naga Sakti….
Dikarena sifat kasih sayang seorang ibu kedapa anaknya, maka tidaklah tega dia membuang anaknya walau dalam bentuk ular. Konon, dipeliharalah anaknya yang dalam bentuk luar tersebut hingga sampai dewasa. Sementara masyarakat desa yang mengetahui tentang keberadaan manusia berbentuk ular itu menjadi resah dan mengkhawatirkan tentang keberadaannya akan membahayakan bagi kelangsungan kehidupan lingkungan desa tersebut.

Menghadapai kondisi tekanan tersebut, maka si ibu pun dengan berat hati harus melepaskan anaknya  yang berwujud ular tersebut untuk pergi meninggalkan kampung. Konon, menurut kelanjutan cerita tersebut, si anak yang berwujud ular tersebut pergi dari desa dan bersemayam di danau yang kini bernama Dana Naga Sakti tersebut.

Terlepas kisah cerita legenda Danau Naga Sakti itu benar maupun tidak, tentunya kisah terebut memiliki pesan dan makna tersendiri bagi masyarakat lokal dan untuk para pendatang yang mengunjungi kawasan destinasi ekowisata tersebut untuk selalu menjaga kelestarian lahan hutan yang kini menjadi salah satu ikon wisata Riau di Kabupaten Siak.

Sedangkan disisi lain dalam kami berpendapat, bahwa kisah cerita legenda tentang asal usul nama Danau Naga Sakti ini mengingatkan kepada kita akan arti nilai sebuah moralitas seorang perempuan yang menjadi ibu bagi anaknya. Dimana kasih dan sayang seorang ibu kepada anaknya akan tetap dijaga dan dirawat buah hatinya walau apapun yang terjadi.

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan mengunjungi objek ekowisata alam Danau Naga Sakti bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Berikut merupakan jalur akses yang kami lalaui untuk menuju ke lokasi dari Istana Siak Sri Indrapura yang bisa menghantarkan sahabat Direktori Wisata untuk menuju objek danau tersebut. Kalian dapat mengikutnya melalui google map.

Dari kisah dan catatan perjalanan wisata kami menelusuri kawasan Pesona Wisata Alam Danau Naga Sakti Riau ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi sahabat dalam menambah daftar destinasi liburan yang bisa dipilih saat berkunjung di kawasan Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan liburan di Bumi Lancang Kuning.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :