Wisata Alam Danau Air Biru Situ Cilembang Sumedang

posted in: Sumedang | 0

Menelisik Objek Wisata Danau Air Biru Cilembang di Sumedang, Jawa Barat

Direktori Wisata – Objek wisata alam situ atau danau unik dengan air yang berwarna biru yang sangat jernih berwarna biru yang menjadi destinasi liburan yang menarik dikunjungi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Tempat wisata di daerah Sumedang Jawa Barat menyajikan ragam pesona keindahan alamnya yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung di kawasan yang dikenal dengan hasil pembuatan tahunya. Bahkan kawasan ini juga di kenal dengan fenomena alamnya yang unik dan menarik sebagai lokasi liburan bagi para pecinta dunia petualang jalan-jalan salah satunya di Situ Cilembang Sumedang.

Situ Cilembang Air Biru Sumedang

Tempat wisata Situ Cilembang berlokasi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Objek wisata danau biru di Sumedang letak posisinya berada di dalam hutan, hal inilah yang membuat suasana di Situ Cilembang ini semakin kental dengan alam.

Tempat wisata danau biru Sumedang ini menawarkan keindahan sebuah danau unik dengan air yang berwarna biru yang sangat jernih. Sehingga bila sahabat Direktori Wisata Indonesia datang dan menyaksikan sendiri di lokasi Situ Cilembang, maka kita akan bisa meilihat dasar danaunya.

Konon, menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi dari penjaga setempat, warna dari biru Situ Cilembang ini merupakan pantulan cahaya warna dari langit yang diterjemahkan secara sempurna oleh air di situ tersebut yang sama sekali belum terkontaminasi. Tidaklah heran bila situ atau danau tersebut sering disebut oleh warga lokal sebagai tempat wisata danau biru di Sumedang. Hal ini hanya mudah diingat saja.

Lanjut informasi…..
Di tempat wisata danau air biru Sumedang ini konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima dulunya terdapat tiga buah mata air yang letaknya sangat berdekatan. Dimana yang pertama berada di puncak bukit, mata air yang kedua berada di bawahnya yang kini disebut sebagai Situ Biru Cilembang, sedangkan satu lagi berada di paling bawah dan berada di dekat sawah.

Sedangkan untuk mata air Situ Cilembang yang ketiga ini bisa untuk digunakan untuk berenang dan berbentuk seperti kolam renang mini. Walau berbentuk sebagai kolam renang alam mini tersebut ada baiknya kita yang berkunjung ke lokasi tempat wisata di Sumedang Jawa Barat ini jangan dipergunakan untuk berenang. Namun bagi yang akan erfoto selfie ria di lokasi untuk mengeksplore objek wisata alam Sumedang yang satu ini oke banget.

Pada dasarnya tempat wisata danau biru di Sumedang ini merupakan sebuah mata air yang merupakan sumber air bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena itu, bagi sahabat dan pemabca setia Direktori Wisata Indonesia yang berkunjung ke Situ Cilembang di Sumedang ini, mohon turut menjaga kebersihan kawasan objek wisata Sumedang danau biru ini dengan tidak membuang sampah sisa makanan dan juga menceburkan diri dengan sengaja ke dalam situ. Hal ini agar air dari mata air tersebut tidak tercemar dan menjadi berbahaya bagi masyarakat setempat.

Situ Biru Cilembang ini sudah sejak lama ada, dan kolam renang mini sudah ada sejak tahun 60-an. Meskipun umur dari mata air dan kolam renang ini sudah tua, tapi warnanya yang biru dan jernih masih tetap memesona dan indah.

Informasi tambahan untuk diperhatikan bagi sahabat dan pembacaya setia Direktori Wisata Indonesia yang akan berkunjung ke tempat wisata dana biru di Sumedang Situ Cilembang ini jangan berkunjung ke mata air ini pada hari Selasa dan Jumat ya….. karena ini sudah menjadi aturan tersendiri yang diterapkan di tempat wisata Sumedang ini.

Meski belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi tempat wisata danau biru di Sumedang ini, namun tempat wisata yang biasa disebut Danau Biru Hariang tersebut telah menjadi perbincangan di kalangan netizen. Dan objek wisata Sumendang ini sempat mencuri perhatian yang membuat orang penasaran untuk mengunjunginya.

Tak dapat diragukan lagi bila sosial media memegang peranan yang sangat penting membaut Situ Cilembang di Sumedang ini mulai banyak dilirik orang. Tempat yang semula biasa saja, kini bisa berubah menjadi salah satu tempat wisata di daerah Sumedang Jawa Barat yang ramai dikunjungi ratusan pengunjung setiap harinya.

Hal itu terbukti pada Situ Cilembang di Sumedang ini, awalnya hanya beberapa orang saja yang datang dan kemudian berselfie di danau biru ini, lalu mereka memposting fotonya di beberapa sosial media, maka jadilah tempat ini semakin dikenal banyak orang dan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dan kini tempat wisata danau biru Sumedang ini menjadi salah satu wisata alternatif yang ada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Fasilitas Situ Biru Cilembang bisa dibilang telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di tempat wisata Sumedang ini sudah terdapat toilet. Di tempat wisata danau biru Sumedang ini juga terdapat sasaungan bagi msahabat Direktori Wisata Idnonesia yang ingin melepas rasa lelah atau duduk agar tidak kehujanan saat hujan datang.

Di lokai Situ Cilembang Sumedag, juga terdapat warung kecil yang menjual beberapa makanan dan minuman yang bisa dibeli di lokasi. Di sini kita akan menemukan jajanan makanan ringan dan minuman yang dijual oeh masyarakat lokal.

Sedangkan untuk akses jalan untuk menuju lokasi Situ Biru Cilembang sekarang ini sudah terbilang rapih dan cukup baik baik. Sehingga para tamu yang akan melakukan kunjungan liburan bisa berjalan kaki dengan nyaman.

Lokasi parkir untuk kendaraan motor pun sudah tersedia di daerah tempat wisata Situ Cilembang Sumedang ini. Namun untuk sahabat Direktori Wisata yang membawa kendaraan roda empat atau mobil, perlu diingat tempat wisata danau biru Sumedang ini tak memiliki cukup lahan yang luas untuk penitipan kendaraan mobil. Bila liburan kita akan merasakana nyaman ada baiknya sahabt Direktori Wisata Indonesia bisa membawa kendaraan bermotor untuk menuju ke lokasi.

Kunjungi : 10 tempat Wisata Alam Terbaik Indonesia

Harga tiket masuk objek wisata Situ Cilembang Sumedang tidak ditarif alias sukarela. Karena kita hanya diminta sumbangan untuk menjaga perawatan tempat wisata danau biru di Sumedang ini saja. Dan untuk biaya parkir kendaraan bermotor kita hanya dikenakan biaya Rp. 2.000,- / motor.

Jangan Lupa kunjungi : Tempat Wisata Kampung Toga Sumedang

Cara menuju lokasi Situ Cilembang sahabat Direktori Wisata bisa mengikuti rute menuju ke Sumedang dengan mengambil arah menuju perempatan Cimalaka. Dari perempatan Cimalaka, perjalanan masih dilanjut untuk menuju pertigaan Legok yang akan mengarahkan kita untuk menuju Kecamatan Buahdua, Desa Hariang yang jaraknya sekitar 5 km. Untuk mempermudah perjalanan sahabat Direktori Wisata Indonesia bisa menggunakan peta petunjuk di bawah ini yang dapat di akses secara online dari lokasi keberangkatan menuju ke lokasi.

Semoga informasi objek wisata air biru Cilembang Sumedang tersebut di atas dapat memberikan gambaran bagi sahabat Direktori Wisata dalam memilih salah satu destinasi liburan alternativ tempat wisata di daerah Sumedang Jawa Barat yang dapat dikunjungi saat akhir pekan dan musim libur bersama keluarga dan teman terdekat. Selamat liburan ya teman.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.