Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Wisata Alam Bukit Posong Lembah Gunung Sindoro Temanggung

Wisata Alam Bukit Posong Lembah Gunung Sindoro Temanggung

/
/

Secuil Surga Alam di Lembah Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah

Direktori Wisata – Wisata alam Temanggung menghadirkan panorama perkebunan terasering dan Golden sunrise yang eksotis dari lereng Gunung Sindoro Jawa Tengah.

Posong merupakan kawasan wisata alam yang berada di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Panorama alam yang hijau dengan pemandangan gunung terselimuti birunya awan yang cantik menyapa setiap wisatawan yang hadir di tempat ini.

Obyek wisata alam Posong ini merupakan daya tarik wisata baru Temanggung yang berada di daerah Kledung atau jalan utama yang menghubungkan dua kabupaten antara Temanggung dengan Wonosobo.

Keberadaan tempat wisata Temanggung ini melengkapi daya tarik wisata yang ada sebelumnya seperti Rest Area Kledung dan Pendakian Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing dari Kledung.

Panorama keindahan alam yang ditawarkan Wisata Alam Lembang Posong cukup menarik dan menjadi daya magnet tersendiri bagi setiap pengunjung dengan menampilkan pemandangan utama lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro secara bersamaan.

Daya Tarik Wisata Alam Lembah Posong selain menyajikan pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah ‘watu mlongso’ yang merupakan medan sungai mati hasil bentukan erupsi Gunung Sindoro dan ‘watu kelir’.

Lokasi destinasi wisata alam lembah Posong berada di daerah lereng Gunung Sindoro yang lokasinya tidak jauh dari jalan raya penghubung kota Temanggung dengan kota Wonosobo. Papan petunjuk arah menuju tempat ini cukup jarang dan ukurannya cukup kecil sehingga harus cermat dalam membaca informasi di tepi jalan sebagai arah petunjuk arah menuju lokasi.

Dari pengalaman Direktori Wisata Indonesia ke lokasi, akses jalan menuju kawasan wisata Alam Lembah Posong berupa jalan batu yang telah disusun secara rapi dan dipadatkan. Lebar jalan cukup sempit dan hanya mampu dilalui oleh sebuah kendaraan roda empat.

Sebagai informasi tambahan bagi sahabat Direktori Wisata, berhati-hatilah bila terjadi pertemuan kendaraan roda empat dari dua arah solusinya salah satu harus mengalah dan mencari tempat yang sedikit longgar untuk menepi. Bila belum terbiasa mengendarai kendaraan roda empat ditempat sempit disarankan membawa kendaraan roda dua saja.

Sesuai papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Lembah Posong, kendaraan yang kami kendarai memasuki jalan sempit diantara rumah penduduk. Beberapa puluh meter berselang, kami menemui pos atau gerbang masuk Wisata Alam Lembah Posong.

Kawasan wisata alam Temanggung ini memiliki pos masuk yang difungsikan sebagai pos penjagaan dan pos penarikan retribusi masuk. Retribusi masuk ini dikelola oleh masyarakat sekitar yang mengelola kawasan Wisata Alam Lembah Posong. Masyarakat sekitar yang bekerja dan mengelola kawasan ini tergabung sebagai kelompok sadar wisata desa Posong.

Setelah melalui pos penjagaan perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan berbatu yang dipadatkan dengan medan sedikit agak menanjak sejauh 3,5 kilometer. Medan jalanannya cukup berliku dan banyak terdapat persimpangan jalan. Kondisi jalannya pun kadang terasa licin ketika basah karena hujan atau embun dari kabut gunung.

Untuk kondisi jalan yang ada di sebelah kiri dan kanan terdapat parit kecil yang kadang tertutup dan tidak terlihat karena rerumputan. Diharapkan sahabat Direktori Wisata selalu berhati-hati dan memperhatikan papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Lembah Posong, bagi yang menggunakan kendaraan umum kita bisa berjalanan kaki dari bawah yang jaraknya sekitar 3,5 km hingga sampai di lokasi.

Panorama pemandangan alam yang indah selalu menemani perjalanan kita menuju lokasi wisata alam lembah Posong sungguh menarik dan tidak membosankan. Dan selama perjalanan kita akan dihibur dengan pemandangan ladang perkebunan penduduk yang cukup luas dengan terasering yang tampil apik.

Selama perjalanan kami dari gardu pos penjagaan tidak ada bangunan rumah disepanjang perjalan . Dan ini menjadikan suasana tampak alami dan terasa berada di alam bebas. Beberapa tanaman perkebunan dan pertanian di sekitar Lembah Posong yang ditanam oleh masyarakat sekitar antara lain kopi, cengkeh, tembakau, dan sayur-sayuran.

Lama perjalanan yang kami lalui sekitar 20 menit untuk menuju ke lokasi Obyek Wisata Alam Lembah Posong Temanggung dengan mengendarai kendaraan secara pelan-pelan. Kendaraan kami parkir di area parkir yang baru saja selesai dibangun.

Terlihat beberapa fasilitas pendukung masih tampak baru seperti musholla, taman kecil, dan beberapa saung di bagian sebelah atas. Sepertinya obyek wisata ini mengalami pembangunan secara bertahap. Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi hal ini dikarena minimnya dana dan sulitnya membawa bahan material menuju lokasi.

Menelusuri kawasan Wisata Alam Lembah Posong sambil menikmati pemandangan Gunung Sumbing dari lereng Gunung Sindoro menjadi agenda utama kami untuk mengenal potensi wisata di Temanggung ini sambil mengejar Golden Sunrise cantik yang menjadi destinasi wisata unggulan dari puncak Bukit Posong Temanggung.

Golden Sunrise Bukit Posong Temanggung

Bila cuaca pagi mendukung dan jika beruntung maka kita akan mendapatkan momen indah Golden Sunrise alias matahari baru terbit dan sempurna indahnya yang memancarkan kehangatan cahaya pagi dimuka bumi ini.

Selain itu kita juga bisa berpeluang melihat tujuh puncak gunung yang ada di sekitar wilayah Temanggung seperti Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Murya, Sindoro, Sumbing dan Ungaran.

Udara sekitar cukup sejuk meskipun memasuki waktu siang hari. Terlihat oleh kami para pengunjung bebas berjalan mengelilingi kawasan ini, dan ada juga beberapa saung atau gasebo yang ada di sediakan pengelola untuk beristirahat dan bersantai oleh para pengunjung.

Di sisi lain masih dalam satu area , terlihat oleh kami beberapa warung kecil yang menawarkan makanan dan minuman seperti mie instan, minuman ringan, makanan ringan, dan sebagainya. Namun ada cirikhas di tempat ini yaitu seduhan kopi yang ditanam disekitar Lembang Posong dan menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Temanggung yang indah ini.

Jika sahabat Direktori Wisata berniat untuk mengujungi kawasan wisata alam Posong di Temanggung ini kami menyarankan datanglah pada musim kemarau, karena pada saat waktu tersebut kita akan dapat menemukan momen-momen indah tanpa terhalang mendung berkabut atau  hujan. Dan pemandangan yang terlihat lebih maksimal dan memuaskan.

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata alam Bukit Posong Temanggung ini harganya Rp. 7.000,- /orang. harga tiket tersebut berlaku pada saat kami hadir terakhir di lokasi. Ada baiknya sahabat bila ingin berkunjung ke lokasi bisa mencari informasi terlebih dahulu melalui brosing di internet. Karena harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca : Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan menuju ke lokasi wisata alam Bukit Posong Temanggung ini bisa mengambil jalur akses menuju Wonosobo dan pusat Kota Temanggung yang berjarak tempuh sekitar 1 jam lama perjalanan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :